Apa standar sukses bagi kamu? Apakah hidup mapan, punya rumah dan berkeluarga adalah standar kesuksesan? Ataukah pekerjaan sesuai passion, bahagia dan dihormati banyak orang meskipun gak punya jabatan juga bisa dikatakan sukses? Makna sukses bagi tiap orang sangat beragam, jarang banget ada yang persis sama. Tapi dari keberagaman makna mengenai sukses kita bisa menarik satu benang merah yakni, sukses memberi kepuasan terhadap diri masing-masing.

Kalau ternyata kita hanya memikirkan kepuasan diri sendiri, lalu hal apa yang lebih penting daripada kesuksesan? Berikut adalah beberapa hal yang mestinya lebih sering kamu perhatikan, beberapa hal yang jika slalu kamu ingat justru lebih membahagiakan daripada sukses.

1. Ikatan keluarga yang erat jauh lebih penting daripada karir yang cemerlang

We are family via imgkid.com

Kesuksesanmu gak punya manfaat jika kamu gak punya keluarga yang selalu mendukung dan melindungimu. Mungkin kamu memiliki keluarga yang menunggu di rumah, namun dimana ikatan keluarga yang erat itu jika kamu gak punya waktu untuk mereka. Sebagian besar waktumu dihabiskan untuk bekerja, pulang hanya untuk mengganti pakaian dan tidur. Selama ini kamu berpikir “Jika aku gak kerja, siapa yang akan memenuhi kebutuhan mereka?”, tapi apa kamu rela jika anakmu nantinya lebih akrab dengan pengasuhnya daripada kamu? Apakah kamu tega melihat orang tuamu melewati masa senjanya di panti jompo?

Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari ada yang namanya work and life balance yang benar sulit untuk dilakukan, namun bila kamu udah menemukan titik keseimbangan tersebut, dijamin kamu dan keluarga akan lebih bahagia dari sebelumnya. Jika kamu gak punya waktu untuk bercengkrama dengan keluarga, paksa dirimu untuk menyempatkan waktu. Gak selamanya keluarga harus dikorbankan untuk karir yang cemerlang, sesekali pekerjaan harus menunggu.

2. Kesuksesanmu belum lengkap tanpa kehadiran orang yang kamu cintai

Advertisement

Sukses tanpa pasangan itu hambar rasanya via martinskikulis.com

Mencapai kesuksesan emang penting, tapi menemukan dan mempertahankan cinta jauh lebih penting. Ketika perhatianmu tersedot dari pagi hingga sore (kadang samapi malam) untuk mencari uang, mencari tambatan hati bakal jadi lebih sulit. Ketika kamu berpikir bahwa kamu masih muda, sedang on fire dan gak butuh pasangan untuk saat ini, ada baiknya kalau kamu memberi kesempatan kepada cinta untuk merasuki hatimu, walaupun secara perlahan. Karena dalam mengejar kesuksesan akan tiba masanya kamu jatuh ke titik terendah dalam hidupmu, pada saat itulah orang yang kamu kasihi akan menemanimu, menyemangatimu untuk kembali berdiri.

Kelak kamu akan merasakan manfaat dikelilingi oleh orang yang selalu suportif seperti keluarga, nanti kamu akan merasakan dukungan ekstra apabila kamu udah menjalin hubungan.

3. Waktu jauh lebih bernilai daripada harta-benda yang kamu kumpulkan

Advertisement

Kamu harus pandai mengatur waktu via i.huffpost.com

Skill yang wajib dimiliki oleh semua orang yang berniat sukses adalah skill memanajemen waktu, karena kamu gak bisa memutarbalik waktu, kamu gak bisa membelinya, yang kamu bisa lakukan adalah bekerja sama dengan waktu. Pandai mengatur waktu merupakan hal yang krusial demi mengejar keseimbangan antara kehidupan pribadi dan bekerja, keseimbangan yang memberi kamu cukup waktu untuk kelaurga, teman dan diri sendiri. Manajemen waktu yang baik seharusnya menjadi pedoman dalam menjadwalkan pekerjaan, jalan bareng orang tua maupun mengatur jadwal kencan.

Ketika kamu sukses membagi waktu antara bekerja dan kehidupan pribadi dengan seimbang, kamu akan menemukan waktu sela untuk menikmati hasil jerih payahmu selama ini, kamu akan sempat bermain dengan hobimu, dan aktivitas yang membahagiakan lainnya. Tidurmu jadi lebih teratur, gak bangun kesiangan. Datang ke kantor tepat waktu dan pulang tepat waktu juga. Menyenangkan, bukan?

4. Kepedulian terhadap sesama membuktikan keberhasilanmu sebagai manusia

Beri bantuan sebisamu via www.theprospect.net

Bill Gates, Bono dan dermawan dunia lainnya udah membuktikan kalau kesuksesan gak ada makna jika tidak dibagi manfaatnya untuk orang lain. Pak Ciputra, Irwan Sido Muncul dan Anne Avantie memperlihatkan pada kita bahwa menjadi dermawan gak memiskinkan kamu. Mengapa kamu harus membantu bersama ketika sudah sukses? Karena bagaimana cara kamu memperlakukan orang yang kekurangan mendefinisikan keberhasilanmu menjadi manusia.

Selain membawa kebahagian pada orang lain, membantu juga membuat diri kamu sendiri bahagia. Bantuan kamu, sedikit atau banyak, bisa mengubah kehidupan mereka yang kekurangan. Membantu bukan soal memberi uang receh dipinggir jalan, membantu mereka yang kekurangan bisa kamu salurkan dalam bentuk donasi di yayasan terpercaya, menjadi relawan, maupun menyumbangkan karya dan ide. Selain pada manusia kamu juga bisa berbuat lebih banyak untuk kesejahteraan hewan dan kelestarian alam.

5. Apalah arti sukses tanpa ditopang pertemanan yang kuat

Jangan lupakan teman via www.huffingtonpost.com

Tanpa teman, kamu gak bisa membayangkan betapa bosannya hidup sendirian. Kamu gak punya temapt untuk berbagi cerita, candaan dan kamu gak punya orang yang dituju untuk meminta nasihat. Tanpa teman kamu juga gak punya orang yang bisa dipercaya untuk menjaga rahasia. Beda dengan memutus pertemanan, mencari teman yang baik itu susah, dan jika kamu udah menemukannya kamu harus menjaga pertemanan itu. Gak peduli betapa suksesnya dirimu, kamu gak bisa melupakan teman-teman kamu begitu saja.

Semua orang tahu bahwa kalian semua sibuk, tapi untuk teman dan kenangan di masa lalu yang indah gak ada salahnya sesekali mengundang dia untuk ngpi sebentar, bertukar kabar dan berbagi cerita soal hidup. Meyempatkan waktu untuk teman adalah bukti bahwa kamu tetap menghargai persahabatan jauh lebih tinggi daripada kesuksesan.

6. Hasrat untuk maju dan menjadi manusia yang lebih baik

Selalu belajar via news.tootcompare.com

Salah satu hal yang penting dari sukses adalah hasrat untuk menjadi lebih sukses dari sebelumnya. Sebagai manusia kamu hidup buat mempelajari hal baru, tiap hari ada saja pengetahuan baru dan menyenangkan yang bisa kamu pelajari. Meskipun sudah bergelimang harta dan hidup bahagia kamu semestinya gak cepat puas, jangan lupakan pengembangan diri kamu sebagai manusia. Dengan kesibukan yang padat kamu bisa menambah ilmu dan skill baru melalui internet.

Di internet kamu bisa menemukan bermacam-macam kursus dan tempat belajar, mulai dari belajar bahasa asing, koding, hingga melatih ketangkasan otak kamu. Dengan mempelajari skill baru kamu akan menjadi manusia dengan pengetahuan yang lebih luas serta memungkinkan kamu untuk bertemu orang dan pengalaman baru. Selain itu, skill baru akan menjadi bekal kamu untuk menghadapi zaman yang cepat atau lambat akan mewajibkan kamu mempraktikkan ilmu-ilmu tersebut.

7. Tubuhmu lebih membutuhkan kesehatan daripada kekayaan

Sehat atau sukses? via www.popsugar.com

Baik tubuh maupun pikiran kamu lebih membutuhkan kesehatan daripada kekayaan yang melimpah. Kebugaran tubuh perlu dijaga dengan melakukan olahraga rutin, disertai latihan yang sesuai dengan kebutuhanmu bukan latihan yang hanya membuatmu lelah dan cidera. Bila kesibukan gak memungkinkan kamu buat latihan di gym, maka kamu bisa mempraktikkan latihan yang cuma memakan waktu 7 menit ini. Apabila kamu termasuk orang yang kebanyakan duduk saat bekerja, jangan lupa buat meregangkan otot-ototmu karena duduk kelamaan sangat berbahaya bagi kesehatn tubuh.

Selain olahraga, kesehatan kamu juga harus dijaga melalui konsumsi makan yang sehat. Terapkan diet yang ketat jika kamu memang mengidap penyakit tertentu. Kurangi (dan hentikan) menyantap junk food demi kesehatan dan umur yang panjang. Jika kesehatan fisik udah berhasil kamu jaga, kamu akan jauh dari stress, depresi dan gangguan mental lain. Yang kamu rasakan cuma senang.

8. Selalu selingi kesuksesanmu dengan menjelajahi tempat baru

Berjelajah selagi muda via www.askmen.com

Buat apa hidup berkecukupan tanpa diisi dengan hidup yang menyenagkan dan seru? Masa kamu mau kerja terus, hingga kurang piknik. Selalu sempatkan untuk traveling, bertemu budaya baru dan orang-orang baru di luar sana. Jangan pernah takut buat menyicipi pengalaman baru. Kebanyakan orang sukses terlalu fokus bekerja, hingga lupa untuk menikmati dirinya sendiri dan ujung-ujungnya takut untuk mencoba hal baru.

Jika gak ada orang yang mau menyertaimu, traveling sendirian aja. Beberapa hari keluar dari zona nyaman akan mbikin matamu takjub melihat luasnya dunia ini. Keberanian semacam ini akan melatih dirimu untuk menjadi lebih tegas dalam mengambil resiko. Dan siapa tahu pergi menjelajahi tempat yang baru akan membuka peluang bagi jenjang kesuksesan baru dalam hidup kamu.

Penjelasan-penjelasan di atas bikin kita sama-sama tersadar, bahwa masih banyak hal yang lebih bermakna daripada pekerjaan mapan dan harta-benda. Namun sayangnya kita terlalu sering dan cepat melupakan hal-hal di atas. Mulai sekarang cobalah membuka kepedulian dengan orang-orang di sekitar, seperti keluarga, pasangan maupun teman. Karena masih banyak hal yang lebih membahagiakan dan lebih penting dari kesuksesan.