Jangan Sia-siakan 20 Menit Pertama Setelah Bangun Tidurmu! Ternyata Bisa Pengaruhi Kesuksesan~

bangun tidur kunci sukses

Kesuksesan kerap jadi hal menarik untuk dibahas. Biasanya bahasannya tak jauh-jauh dari kebiasaan atau rutinitas yang menunjang seseorang untuk mencapai kesuksesan. Wajar bila kamu sering menemukan ulasan tentang rutinitas di pagi atau malam hari yang bikin seseorang sukses. Nggak sedikit juga orang mengadopsi kebiasaan para pebisnis sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

Advertisement

Anggapan itu mungkin ada benarnya, tapi ada ulasan menarik dari Entrepeneur  nih. Alih-alih fokus pada kebiasaan di pagi atau malam hari, ternyata memaksimalkan 20 menit pertama setelah bangun tidur juga memengaruhi kesuksesan.  Tak penting kamu bangun pukul 7 pagi atau  3 sore. Paling berharga adalah apa yang kamu lakukan dalam 20 menit pertama usai terjaga dari tidur. Pasalnya saat bangun tidur, otak menghasilkan 10,5 gelombang per detik atau disebut tahap alfa. Tahapan itu merupakan gerbang menuju pikiran bawah sadar. Ketika berada di tahap itu, kamu bisa melatih otak dengan berpikir dan bertindak positif.

Selengkapnya, simak ulasannya berikut ini ya!

1. Ketika alarm berbunyi, jangan menekan tombol snooze  ya!

jangan snooze alarm | photo by Anna Tarazevich via www.pexels.com

Beberapa orang mengatur alarm sebelum beranjak tidur. Namun, tak jarang orang malah menekan tombol snooze ketika alarm berbunyi dan kembali terlelap. Sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut karena otak akan belajar jika menunda itu tak apa-apa.  Jadi kalau kamu pengin sukses, optimalkan 20 menit pertama ketika bangun tidur dengan bergegas meninggalkan ranjang.

Advertisement

2. Mungkin terlihat sepele, tapi ternyata merapikan tempat tidur adalah kebiasaan baik menuju sukses lo

merapikan tempat tidur | photo by cottonbro via www.pexels.com

Ada dua manfaat merapikan tempat tidur selepas kamu bangun. Pertama, kamarmu akan tampak bersih dan teratur. Kedua, otakmu akan terlatih untuk menyelesaikan sesuatu tanpa harus menunda-nunda. Aktivitas ini mungkin tampak sederhana dan kadang diabaikan, tapi dampaknya begitu besar untuk kesuksesan.

3. Saat otak berada di tahap alfa setelah kamu bangun tidur, coba mulai visualisasikan hidupmu di masa depan

visualisasikan diri sendiri di masa depan | photo by Pixabay via www.pexels.com

Salah satu cara memaksimalkan 20 menit pertama usai bangun tidur adalah memvisualisasikan hidup. Kamu tentu punya bayangan ingin seperti apa di masa depan kan? Pikirkan dirimu di masa depan misalnya dalam lima atau sepuluh tahun kemudian. Arahkan pikiranmu pada cara-cara mencapai tujuan hidup termasuk dalam hal bisnis. Lalu ajak dirimu sendiri untuk merenungkan apa saja yang diperlukan untuk mewujudkannya menjadi nyata. Terakhir, dorong dirimu untuk melakukan tindakan konkret.

4. Ketimbang mengisi 20 menit pertama dengan aktivitas kurang bermanfaat, bagaimana bila menonton video motivasi?

Ada kalanya menonton video motivasi setelah bangun tidur mampu memberikan stimulus yang baik pada otak. Daripada waktu terbuang dengan sia-sia, kamu bisa menonton video yang cocok dengan tujuan hidup selama ini.  Video itu mampu membuatmu tetap semangat meraih kesuksesan.

5. Katakan pada diri sendiri afirmasi positif seperti yang dilakukan Steve Jobs. Ulangi setiap kali kamu bangun tidur

afirmasti positif | photo by Tara Winstead via www.pexels.com

Afirmasi positif ternyata berdampak signifikan lo untuk hidup seseorang. Ungkapan psotif pada diri sendiri akan membuatmu semakin yakin dengan kemampuan diri. Jadi, tak ada salahnya mengatakan hal-hal baik seperti ‘aku akan berusaha dengan baik hari ini’ atau ‘hari ini akan kubuat menjadi hari terbaik dalam hidup’. Cara ini pun dilakukan oleh pebisnis terkenal Steve Jobs. Kamu bisa menyusun daftar kalimat afirmasi dan mengucapkanya setelah bangun tidur.

6. Biar 20 menit pertama yang berharga setelah bangun tidur nggak terbuang begitu aja, coba lakukan aktivitas seperti menulis jurnal

menulis jurnal | photo by Karolina Grabowska via www.pexels.com

Sebenarnya menulis jurnal kerap dilakukan oleh para pebisnis sukses. Jurnal membantu mereka untuk tetap fokus dan tahu apa yang akan dikerjakan. Aktivitas itu pun makin berdampak bila dijalani di waktu 20 menit pertama usai bangun tidur. Dengan menulis jurnal, kamu bisa menjauhkan diri dari pikiran-pikiran mengganggu yang tak berimbas bagus pada tujuanmu.

Kalau biasanya kamu masih berguling-guling di atas kasur atau cuma rebahan aja setelah bangun tidur, yuk sekarang mulai benahi kebiasaan. Kamu bisa menyontek 6 kebiasaan baik di atas supaya kesuksesan datang menghampiri. Jangan bermalas-malasan, ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE