Salah satu kesulitan seseorang pertama kali dalam memulai bisnisnya adalah mencari peluang usaha. Usaha apa yang kiranya bisa kamu jadikan ide bisnis berkelanjutan dan belum banyak pesaing adalah hal perlu banget kamu pikirin mateng-mateng sebelum berbisnis. Kalau bisa, kamu harus riset! Riset! Riset!

Tapi, apa kamu tahu? Sebenarnya mencari peluang usaha tidak sesulit itu juga kok. Ternyata, potensi-potensi di sekitar kita itu salah satu cara kamu bisa menemukan peluang usaha lo! Daripada pusing-pusing, mending kamu baca aja yuk 7 tips untuk mendapatkan usaha apa yang kiranya cocok untuk kamu jalankan!

1. Identifikasi diri untuk mengetahui apa yang sebenarnya kamu minati, sebagai bekal yang dituangkan menjadi ide bisnis nanti

Potensimu via unsplash.com

Advertisement

Dengan mengidentifikasi diri, kamu jadi paham apa maksud dan tujuanmu untuk hidup ini. Selain itu, kamu jadi mengerti dan paham apa yang kamu senangi.

2. Lihat di sekitarmu. Apa yang lingkungan sekitarmu butuhkan?

lihat di sekitar via www.videoblocks.com

Nggak perlu muluk-muluk untuk melakukan perubahan yang begitu tinggi, coba lihat sekitar rumahmu. Semisal kamu punya tetangga yang senang mencuci mobil, bagaimana kamu menciptakan peluang jasa pencuci mobil yang datang ke rumah mereka, sehingga pelanggan tidak perlu datang ke tempat cuci mobil.

3. Lihat hobimu, kali saja peluang datang dari sana!

Passion yang mengantarkanmu pada kesuksesan via unsplash.com

Coba gali lagi hobimu, kali saja itu merupakan sebuah bakat terpendam juga lo! Bisa banget dijadikan peluang usahamu, dan pasti yakin kamu akan enjoy banget ngejalaninnya!

4. Coba cari franchise, dan mulailah usahamu dari sana. Nggak perlu repot-repot branding nama usaha, kan?

coba usaha franchise via franchisekebabarofah.com

Advertisement

Kalau kamu hanya ingin menjalankan bisnis tapi tidak dari produkmu, membeli franchise bisa menjadi jalan cepatmu dalam berbisnis. Tidak ada salahnya, kok!

5. Kamu punya kepintaran dan pengetahuan khusus? Buka jasa konsultasi coba~

Konsultan yang sedang dikonsultasikan via unsplash.com

Pakailah keahlianmu untuk berbisnis. Selain bisa menciptakan uang dari potensimu, kamu juga bisa memberikan orang lain wawasan lo!

6. Ada Ide? Realisasikan! Jangan cuma disimpan dan ujung-ujungnya cuma jadi omong kosong aja

Ide via unsplash.com

Walaupun idemu kecil, langsung saja eksekusi! Ide hanya datang sekali, maka cepat kerjakan sebelum ternyata ada orang lain ynag menemukan ide seperti idemu.

7. Lihat usaha dari daerah lain dan borong ide itu di daerahmu!

memasak makanan via unsplash.com

Bisa banget kan jadi ide, tapi kamu harus inget, jangan semuanya kamu jiplak, ya. Kamu juga perlu sedikit modifikasi usahanya! Semangattt!

Nah, kalau kamu sudah tahu gimana caranya melihat peluang bisnis lewat beberapa cara yang sudah Hipwee jabarkan di atas, niscaya usahamu nanti bakal berbuah manis dan bertahan lama. Selamat mencoba, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya