Di usia 20-an mau nggak mau kamu sedikit memikirkan soal karir dan bagaimana cara memenuhi kondisi finansialmu. Makin dewasa, tentunya kamu nggak mau ‘kan terus-terusan merepotkan orang tua untuk memenuhi semua keinginanmu? Banyak yang akhirnya punya inisiatif buat bekerja paruh waktu hingga usaha kecil-kecilan buat sedikit banyak nambahin uang saku.

Gelaran tes CPNS dari pemerintah adalah salah satu lowongan yang paling ditunggu-tunggu. Puluhan ribu fresh graduate hingga karyawan swasta yang sebenarnya sudah bekerja ikut tergiur mencantumkan nama pada bursa tes pegawai negeri yang sarat gengsi ini. Gimana nggak menggiurkan, gaji besar dan karir yang pasti, ditambah masa tua terjamin siapa sih yang nggak mau? Namun, generasi milenial yang memuja kebebasan mulai mencari alternatif pekerjaan baru yang menyenangkan dan sama-sama menjanjikan. Apa aja tuh? Simak nih…

1. Blogger independent, siapa bilang hanya dengan menulis nggak bisa hasilkan uang yang lumayan?

Traveling sambil blogging. Asyique~ via theodysseyonline.com

Anggapan umumnya, blog merupakan situs yang dikelola oleh pribadi sesuai dengan mood dan kemauan yang punya. Beda dengan web atau portal yang biaya maintenance-nya saja cukup buat jajan berbulan-bulan. Menulis di blog hingga kini masih tetap menjanjikan. Apalagi dengan kebiasaan orang-orang yang ‘sedikit-sedikit googling’ maka makin besar kemungkinan tulisan di blog pribadimu dibaca orang.

Banyak diantara blogger-blogger ternama yang saat ini sudah banyak banget menerima sponsor. Beauty blogger yang suka review kosmetik misal, pasti dapat banyak produk gratis hingga dibayar secara tunai untuk mengiklankan suatu produk. Ada lagi travel blogger, yang dibiayai jalan-jalan sampai ke luar negeri gratis plus ditambah uang saku. Apa nggak kenikmatan HQQ namanya kalau gini?

2. Freelancer. Kerjaan ini paling enak deh, nggak terikat sama korporasi tapi duit tetep lancar

Freelance fotografer asik tuh! via pexels.com

Siapa bilang kantong tebal itu berbanding lurus dengan jabatan di kantor. Nggak semua harus gitu. Banyak orang-orang di luar sana yang lebih memilih jadi pekerja lepas. Umumnya kerjaan yang digeluti freelancer adalah seputar konten dan projek tidak tetap. Misalnya kontributor majalah online di tiap kota, penulis surat kabar lepas, hingga fotografer. Mereka pun dibayar berdasarkan kontribusi mereka tanpa terikat dengan aturan korporasi untuk ngantor setiap hari.

Ibarat sebuah hubungan, freelancer itu gebetannya banyak dan nggak punya pacar. Bebas lirik kanan-lirik kiri tanpa takut dituduh selingkuh. Pekerjaan ini makin luas kesempatannya semenjak Internet makin berkembang. Asal kamu punya tekad kuat dan bisa menjaga kualitas kerjaan freelance-mu, uang akan lancar mengalir ke rekeningmu. Hmmm… tertarik?

3. Bagi kamu yang hobi banget berbagi soal hidupmu yang menarik, dan punya peralatan mumpuni. Bisa banget tuh jadi Youtuber

Bikin video yang seru dan bagiin di akun Youtube-mu! via www.youtube.com

Sekali jadi Youtuber di Indonesia, penghasilan yang kamu dapat perbulannya bisa sangat menggiurkan. Hanya perlu sedikit keterampilan membuat konten menarik dan kreatif, maka boom! Selain berduit kamu juga bisa dikenal banyak orang. Sebut saja Agung Hapsah, Reza Oktovian, Skinny Indonesia 24 dan masih banyak lagi. Fokusnya pun bisa beragam, dari mulai gaming, kuliner, hingga vlog kegiatanmu sehari-hari.

Sebenarnya nggak perlu beli kamera super mahal biar hasil videomu ciamik. Bahkan dengan modal kamera ponsel pun bisa. Pakai kamera Samsung Galaxy J3 Pro, misalnya. Hasil rekamannya punya resolusi full HD dengan kemampuan merekam 30 frame per detik. Jadi ngapain pusing mikirin budget  besar buat beli kamera kalau suksesmu bisa kamu raih dengan ponsel pintarmu?

4. Beberapa anak muda memang punya karakter nggak betah di rumah. Profesi jadi EO (event organizer) cocok nih!

Ada dedikasi EO yang kompak dibalik suatu event via timeout.com

Berorganisasi dan bertemu banyak orang bisa jadi sesuatu yang menjemukan. Tapi bagi kids zaman now, justru ini adalah sebuah tantangan tersendiri. Mendedikasikan diri untuk menjadi penyelenggara suatu acara, misal pernikahan, konser, hingga pameran dan perayaan memang membutuhkan ketekunan luar biasa. Meski projek datangnya nggak setiap hari, tapi sekali ada project hasilnya nayamul (lumayan), lho! Selain itu, jadi EO juga bikin channel pertemanan makin luas, pengalaman makin banyak, dan yang jelas tetap kekinian banget nih.

5. Selebgram dan ‘artis’ di sosmed sekilas memang hanya dapat angka follower aja. Tapi jangan salah, sekali dapat endorse bisa beli ponsel baru

Jadi selebgram via unsplash.com

Ketika kamu sangat menghormati estetika dalam setiap unggahanmu di sosmed, kamu mungkin termasuk orang yang berbakat jadi selebgram. Siapa sih yang nggak mau mengunggah konten dan dibayar? Sekilas ini memang kayaknya pekerjaan yang mudah, tapi tantangannya adalah kamu harus selalu mengunggah hal yang menarik baik secara visual maupun konten. Selebgram terkenal dalam sekali unggahan story  saja bisa dibayar jutaan rupiah, lho.

Pokoknya yang harus kamu perhatikan kalau jadi selebgram adalah seberapa mumpuni ponselmu untuk mengabadikan momen keseharianmu. Teknologi pengambilan gambar dan video juga jadi hal yang akan menunjang visual unggahanmu. Kamu mungkin mengira kalau selebgram pasti pakai kamera mahal. Tapi jangan salah, bahkan pakai kamera ponsel mereka saja bisa. Untuk yang satu ini, kamu bisa mengandalkan Samsung Galaxy J3 Pro.

Nggak cuma resolusi full HD dan kemampuan merekam 30 frame per detik, 13MP kamera belakang dan 5 MP kamera depannya juga dilengkapi front flash dan bukaan lensa f1.9 yang akan menghasilkan foto dan video pun akan lebih terang dan jelas, meski diambil di lokasi yang minim cahaya. Ngeblur? Jangan khawatir. Tenang, ketajaman kameranya mampu mengambil object yang sedang bergerak tanpa ngeblur. Pas banget buat kamu yang hobi bermain-main dengan instastory dan video nih!

Apa pun profesi dan cita-citamu, kalau bisa sih sesuai passion dan keinginan. Kalau pekerjaanmu bikin happy, semua kan jadi terasa ringan. Bukan berarti menghasutmu buat jangan jadi PNS lho ya. Tapi kalau misalkan kamu bisa dapat duit dengan melakukan sesuatu yang kamu sukai, kenapa nggak dicoba aja…

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya