Selain menabung, investasi dipercaya sebagai salah satu cara untuk menyisihkan pendapatan agar bisa dimanfaatkan di masa mendatang. Hingga detik ini, investasi dalam bentuk emas atau logam mulia masih menjadi instrumen favorit. Prosesnya yang mudah, harganya yang cenderung terus naik, dan tahan krisis ekonomi membuat emas banyak dilirik. Ada banyak cara untuk berinvestasi emas, salah satunya adalah dengan membuat tabungan emas. Nah, untuk bisa menabung emas nggak harus mengeluarkan biaya yang besar lho. Kamu bisa berinvestasi emas dengan sistem cicilan yang besaran cicilan per bulannya dimulai dari kisaran 150 per bulan atau 5 ribu per hari. Wah!

Jika kamu tertarik untuk membuka tabungan emas (khususnya di Pegadaian) dengan modal yang minim, ikuti cara-cara yang sudah Hipwee Sukses rangkum berikut, yuk!

1. Pertama-tama, lakukan survey untuk mengetahui harga emas sekarang ini

Update harga emas via twitter.com

Advertisement

Sebelum mulai menabung emas, cek dulu harga emas di pasaran. Kamu bisa memeriksa harga emas di internet dengan mengunjungi situs resmi PT Antam di www.logammulia.com, PT Pegadaian di www.pegadaian.co.id, ataupun situs-situs tertentu yang juga menampilkan harga emas terkini seperti oriori.com, indogold.com, atau lainnya. Selain mengecek via online dan aplikasi digital, kamu juga bisa cek harga secara konvensional dengan datang ke kantor Antam atau Pegadaian secara langsung atau toko emas terpercaya lainnya.

Nah, harga emas yang kamu dapatkan tersebut akan menjadi bahan acuan, karena biasanya harga emas di Pegadaian akan lebih tinggi sekitar 3 persen dari harga yang telah dipatok oleh PT. Antam. Sebaiknya, mulailah mencicil tabungan emas saat harganya sedang turun.

2. Sesuaikan budget yang dimiliki dengan berat emas yang akan dibeli lewat cicilan tabungan

Sesuaikan dengan budget via www.thegold.asia

Umumnya, emas yang ada di Pegadaian tersedia dalam berbagai pilihan beratnya mulai dari 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 250 gram, bahkan ada yang mencapai 1 kg. Sesuaikan juga harga yang ditawarkan dengan budget yang  kamu miliki. Kamu bisa memilih pembelian kredit dengan beberapa jangka waktu tertentu. Sebaiknya pilih jangka waktu yang nggak terlalu lama mengingat harga emas yang juga akan selalu naik.

3. Siapkan persyaratan untuk mencicil emas di Pegadaian sebelum mengisi formulir aplikasi

Buka rekening tabungan emas via pinjamuangteman.com

Advertisement

Adapun beberapa persyaratan untuk membuka tabungan emas ini antara lain:

  • Membuka rekening tabungan emas di Kantor Cabang Pegadaian dengan melampirkan fotokopi identitas diri (KTP/ SIM/ Paspor) yang masih berlaku.
  • Membayar biaya administrasi dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan (biasanya nggak sampai 50 ribu).
  • Minimal saldo rekening tabungan emas yakni senilai 0,1 gram, berlaku kelipatannya.

4. Siapkan juga nominal uang yang cukup untuk membayar DP (Down Payment) emas yang kamu tabung

Siapkan uang untuk bayar DP via dagelan.co

Setelah proses pembukaan tabungan dan pengisian formulir aplikasi untuk program investasi emas, maka kamu akan diminta oleh pihak Pegadaian untuk membayar DP yang besarannya disesuaikan dengan lembaga yang bersangkutan, bahkan ada lho lembaga Pegadaian tertentu yang membuka besaran DP mulai dari 5 ribu rupiah saja. Jadi, pastikan kamu sudah menyiapkan dananya sebelumnya, ya!

5. Setelah semua proses terlewati, kamu tinggal rutin menabung sesuai dengan nominal yang ditentukan di perjanjian awal, ya!

Tabungan emasmu aman kok! via www.portalinvestasi.com

Ketika kamu sudah memutuskan untuk menabung emas, maka pastikan kamu menyicil uangnya secara rutin dan jangan sampai telat, ya. Jika kamu sampai melewati batas waktu yang ditentukan untuk menyicil tabungan, beberapa lembaga memberlakukan denda atau bahkan emas yang kamu investasikan akan dilelang. Nantinya uang hasil lelang itu akan dipotong 2 persen, serta dibebankan denda kepada pihak nasabah yang mengalami keterlambatan dalam membayar cicilan. Setelah itu nasabah akan menerima selisih dari harga emas tersebut. Kamu sendiri kan yang rugi?

6. Selama masa cicilan berjalan, kamu nggak perlu khawatir karena emas akan disimpan dengan baik dan menjadi tanggung jawab penuh oleh pihak Pegadaian

Emasmu aman tersimpan kok! via www.hipwee.com

Tugasmu hanyalah membayar cicilan tepat waktu. Jika pembayaran telah selesai atau lunas, emas baru akan diterima dalam jangka waktu dua minggu sampai satu bulan dari waktu pelunasan tersebut. Namun, jika kamu membutuhkan dana tunai sebelum lunas, saldo titipan emas kamu bisa dijual kembali (buyback) ke Pegadaian dengan minimal penjualan 1 gram, sedangkan jika kamu menghendaki fisik emas batangan, kamu bisa melakukan order cetak dengan pilihan keping 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram dengan membayar biaya cetak sesuai dengan kepingan yang dipilih.

Sebelum melakukan investasi, khususnya emas, pastikan kamu mengetahui segala persiapan serta risiko yang akan dihadapi untuk meminimalisir kerugian dan mendapatkan banyak keuntungan di kemudian hari. Jadi, sudah mantapkah kamu untuk berinvestasi?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya