“Mau kuliah di mana?”

Buatmu yang baru saja lulus SMA, memilih tempat kuliah tentu bukanlah pekerjaan yang mudah. Pasalnya, hal ini memiliki pengaruh yang cukup besar yang menentukan karier dan masa depanmu nanti. Ditambah lagi dengan banyaknya istilah-istilah perguruan tinggi seperti universitas, institut, sekolah tinggi, akademi, dan politeknik yang membuatmu semakin bingung dalam memilih jenis pendidikan tinggi mana yang akan jadi tempat melanjutkan pendidikanmu nanti.

Advertisement

Meski terdengar familiar, nyatanya banyak yang belum tahu perbedaan dari masing-masing jenis perguruan tinggi di atas. Biar nggak bingung melanjutkan pendidikan di mana nanti, kali ini Hipwee Sukses akan mengulas perbedaan universitas, institut, sekolah tinggi, akademi, dan politeknik. Simak baik-baik, ya!

1. Paling sering kita dengar, universitas ternyata memiliki rumpun yang paling luas daripada jenjang pendidikan tinggi lainnya

Universitas via tp.ugm.ac.id

Terdiri dari sejumlah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan vokasi membuat universitas menjadi jenis pendidikan tinggi yang paling diminati. Selain itu, jika sudah memenuhi syarat, sebuah universitas juga dapat menyelenggarakan pendidikan profesi lo!

Di universitas, kamu akan menemukan beberapa rumpun pendidikan dari bidang ilmu yang nggak terbatas, seperti ilmu sosial dan politik, humaniora, hukum, dan lain sebagainya.

2. Sama-sama menaungi pendidikan akademik dan profesi, institut juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan universitas

Institut via blog.ruangguru.com

Advertisement

Jika universitas dapat menyelenggarakan pendidikan dari segala aspek ilmu, beda halnya dengan institut. Di institut, kita hanya akan fokus pada satu bidang ilmu yang dipelajari nantinya. Contohnya, Institut Seni Indonesia yang hanya fokus pada ilmu kesenian saja. Jadi, institut lebih spesifik ya dalam penjurusannya!

3. Lain halnya dengan sekolah tinggi yang hanya dapat menyelenggarakan pendidikan dalam satu rumpun ilmu atau teknologi tertentu

Sekolah tinggi via www.idntimes.com

Jika di institut kita dapat belajar satu bidang ilmu dalam beberapa fakultas, lain halnya dengan sekolah tinggi. Di sekolah tinggi, kamu hanya dapat belajar bidang keilmuan dari satu fakultas yang mana tetap terdiri dari beberapa jurusan.

Misalnya saja, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang terdiri dari jurusan keperawatan, bidan, rekam medis, dan lain sebagainya. Sama seperti universitas dan institut, sekolah tinggi juga menaungi tingkat pendidikan akademik dan vokasi lo.

4.  Meski punya perbedaan dengan universitas, institut, atau sekolah tinggi, nyatanya politeknik tetap jadi salah satu jenis pendidikan tinggi yang banyak diminati

Politeknik via hoteldekatkampus.com

Berbeda dengan universitas, institut, dan sekolah tinggi, politeknik merupakan jenis pendidikan tinggi yang hanya fokus pada pendidikan vokasi saja. Politeknik menjadi wadah bagi kalian yang ingin langsung belajar dan berlatih untuk mengasah kemampuan dasar di dunia kerja nantinya. Jadi, akan lebih banyak praktik ketimbang teorinya.

5. Jika politeknik mewadahi pendidikan vokasi yang lebih luas, lain halnya dengan akademi

Akademi via papasemar.com

Sama-sama hanya fokus pada pendidikan vokasi, akademi cakupannya lebih sempit dari politeknik. Jika di politeknik kamu dapat memilih beberapa fakultas dan jurusan, beda halnya dengan akademi yang hanya fokus pada titik keilmuan yang dipelajari sesuai dengan nama pendidikannya. Misalnya, akademi militer akan fokus pada pendidikan vokasi kemiliteran saja, demikian juga dengan akademi yang lain.

Nah, kalau kamu sudah tahu beberapa jenis perguruan tinggi dan masing-masing perbedaannya ini, semoga nggak bingung lagi memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan, ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya