Siapa sih yang nggak kenal Joko Widodo? Orang nomor satu di Indonesia ini banyak dielu-elukan masyarakat bukan karena gaya kepemimpinannya yang kongkret saja, namun juga berkat pribadinya yang sederhana lagi bersahaja. Kesederhanaan yang ia miliki ini bahkan sudah dijalaninya sejak sebelum dirinya menjadi Presiden Republik Indonesia lho. Jadi, wajar jika kemudian banyak orang yang salut padanya, bukan karena pencitraan semata.

Nah, sebagai pemimpin negara, rupanya Jokowi punya sederetan gaya hidup hemat yang masih beliau terapkan hingga sekarang. Penasaran apa saja? Simak baik-baik ya, siapa tahu bisa kamu jadikan contoh juga!

1. Cara berpakaiannya yang itu-itu saja menunjukkan bahwa ia nggak gila tren atau minta dipuja-dipuja

punya style penampilan kemeja putih yang iconic

Tiap kali tampak di layar kaca, Presiden Jokowi kerap mengenakan setelan yang sama, yakni atasan kemeja putih dan juga bawahan hitam. Sementara beliau mengenakan busana batik di hari-hari besar. Untuk momen-momen formal tertentu, barulah beliau mengenakan setelan jasnya. Cara berpakaian dalam keseharian yang cenderung sama dan nggak neko-neko ini menunjukkan gaya hidupnya yang sederhana dan bersahaja. Selain menghemat pengeluaran, mengenakan busana dengan corak atau warna yang sama dalam beberapa kesempatan juga meminimalisir otak untuk memikirkan hal-hal yang nggak begitu penting, seperti bingung memilih pakaian, misalnya.

2. Alih-alih menggunakan jasa desainer ternama yang mahal, Presiden Jokowi selalu memercayakan pembuatan busananya pada penjahit lokal

Pakai jasa penjahit lokal via photo.liputan6.com

Advertisement

Biasanya makin tinggi jabatan, makin mahal pula busana yang dikenakannya. Namun tidak bagi Presiden Jokowi. Sejak sebelum menjadi pejabat hingga sekarang, Presiden Jokowi beserta keluarganya selalu setia menggunakan jasa penjahit lokal yang telah mereka percaya kemampuannya dalam menjahit busana. Simpel saja, harganya jauh lebih murah daripada busana bermerek atau buatan desainer ternama yang tarifnya mencapai belasan juta. Sudah begitu, Presiden Jokowi kerap meminta dibuatkan pakaian dengan model sederhana, misalnya kemeja putih, celana hitam dan juga baju batik. Bukan lantas meminta model busana terkini dengan detail-detail yang rumit.

3. Beliau nggak segan-segan belanja produk dalam negeri dengan harga diskon

Beli produk lokal dengan harga diskon via hipwee.com

Khususnya para shopaholic, pasti nggak bakal melewatkan yang namanya diskon. Begitu pun dengan Presiden Jokowi. Meski dirinya adalah sosok penting dan dihormati, namun beliau nggak segan-segan untuk mampir ke pusat perbelanjaan dan membeli produk dalam negeri, lagi diskon pula. Terbukti saat Presiden Jokowi mengunjungi mal terbesar di Manado pada Oktober lalu, beliau menyempatkan diri untuk membeli sepatu buatan dalam negeri dengan diskon 50% seharga 350 ribu rupiah. Yup, untuk berhemat memang harus cerdas memilih barang dari segi kualitas dan harga.

4. Presiden Jokowi lebih senang menghidangkan makanan khas kaki lima yang harganya relatif terjangkau

Memilih makanan kaki lima untuk suguhan rapat menteri via twitter.com

Advertisement

Kebiasaan Presiden Jokowi dan keluarganya yang kerap membeli makanan buatan penjaja kaki lima, rupanya dibawa hingga meja rapat kabinet. Bukannya menyuguhkan rupa-rupa makanan berkelas, Presiden Jokowi lebih memilih makanan pinggiran khas kaki lima sebagai hidangan para menteri. Nggak tanggung-tanggung, beliau mendatangkan penjaja nasi goreng gerobak, sate, bakso, tauge goreng, juga sekoteng yang biasa mangkal di dekat istana untuk menjamu presiden, para menteri, staf kepresidenan serta awak media. Selain karena alasan harganya yang lebih terjangkau, Jokowi ingin mendekatkan rakyat dengan Istana. Di sinilah letak pesan kesederhanaan yang beliau ingin coba sampaikan.

5. Jokowi lebih memilih menggunakan pesawat kelas ekonomi sebagai akomodasinya

Memilih kelas ekonomi untuk pesawat via www.youtube.com

Dalam beberapa kesempatan, Presiden Jokowi terlihat lebih memilih menggunakan pesawat kelas ekonomi dibanding menggunakan kelas pertama. Hal ini mengingat harga tiket kelas bisnis di sebuah pesawat komersial bisa mencapai tiga kali lebih mahal dari harga tiket kelas ekonomi. Terlebih jika beliau menggunakan pesawat sebagai akomodasi untuk urusan keluarganya (bukan urusan dinas). Kebiasaan ini sudah dilakukan Presiden Jokowi sewaktu masih menjadi walikota Solo. Coba kalau kamu, naik kereta ekonomi saja bawaannya pengen nangis melulu?

6. Sementara orang lain berpesta pora merayakan pergantian tahun, Presiden Jokowi duduk manis di rumah saja bareng keluarga

Malam pergantian tahun di rumah saja via www.dream.co.id

Jika pada pergantian tahun ini Presiden Jokowi tampak membuka istana kepresidenan dan mengundang masyarakat sekalian berkumpul dan makan bersama, berbeda dengan tahun 2017 lalu. Presiden Jokowi dalam cuitannya di Twitter menyatakan bahwa beliau hanya merayakan tahun baru 2017 di rumah saja. Yang menarik adalah tampilan presiden saat menikmati tahun baru yang mengenakan sarung kotak-kotak. Baginya, berkumpul bersama keluarga di rumah dengan merenung dan mensyukuri apa yang telah diberikan Sang Maha Pencipta adalah bentuk penyambutan tahun baru yang lebih berkesan daripada berhura-hura. Kalau kamu? Tahun baruan ke mana?

Nah, berikut merupakan sederetan gaya sederhana ala Presiden Jokowi yang tentunya inspiratif dan layak tiru. Jika pemimpin negeri saja punya semangat yang tinggi untuk berhemat? Kenapa kamu nggak?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya