No Disuruh Fotocopy Club, Ini Rahasia Sukses Magang di Kantor Impian!

Kemarin sempat viral curhatan anak SMA yang bilang kalau ingin segera kuliah supaya bisa lekas cinta-cintaan. Kalau kamu sedang atau sudah melewati masa kuliah mungkin kamu hanya bisa tersenyum kecut sambil bilang “Dik, kuliah nggak selamanya indah~”

Begitu menginjakkan kaki di kelas kampus, bayangan akan masa indah kuliah samar-samar kabur digantikan dengan berbagai realita di dalamnya. Alih-alih identik dengan cinta-cintaan, kuliah terdiri dari inisiatif-inisiatif yang harus kita lakukan kalau nggak mau ketinggalan.

Ya, kalau dulu saat sekolah kita diajari dari A sampai Z hingga kita mengerti, diberikan buku lengkap dengan halamannya untuk dibaca, kini kuliah mengajarkan kita untuk mencari semuanya sendiri. Bukan perihal mata kuliah saja, tapi juga semua yang akan mendukung target kita setelahnya. Salah satunya adalah inisiatif untuk magang.

Walau nggak semua kampus meminta para mahasiswanya magang demi asupan nilai, kegiatan ini bisa jadi sebuah cara untuk belajar langsung tentang dunia kerja, menambah pengalaman, dan menargetkan pekerjaan impian. Lalu, gimana sih cara mencari tempat magang yang bagus? Bagaimana supaya maksimal saat melakukannya hingga meninggalkan kesan yang baik? Simak yuk selengkapnya!

Mencari tempat magang sebaiknya nggak sembarangan, siapa tahu kamu punya kesempatan kerja di sana di masa depan

Tahap pertama ini merupakan tahap yang penting karena selain bisa jadi kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan sungguhan, salah pilih tempat magang malah akan memberikan dampak negatif terhadapmu. Contohnya adalah eksploitasi tenaga kerja padahal di sana kamu nggak dikasih upah yang layak. Nah, lalu tempat magang seperti apa yang cocok untuk dipilih? Begini cara menentukannya~

  • Buat kriteria tempat magang impianmu

Tentu saja kriteria bukan hanya dibuat gara-gara kamu melihat video tempat kerja di TikTok yang kayaknya menyenangkan, ya. Buat kriteria yang lebih realistis dan menunjang targetmu yang lain, misalnya berapa jam kerja yang kamu inginkan, pekerjaan di bidang apa dan seperti apa yang kamu inginkan, apakah ada peluang untuk menjadi pegawai sungguhan di sana, dll.

  • Lakukan riset ke perusahaan yang ingin kamu daftar

Selain membuat kriteria, kamu juga sebaiknya membuat daftar perusahaan yang membuka lowongan magang. Lakukan riset sebelum memasukkan lamaran. Cari nama perusahaan tersebut di mesin pencari, baca testimoni yag diberikan, lihatlah riwayatnya, dll. Riset ini bisa digunakan untuk menghindari kemungkinan menjadi bagian dari perusahaan yang problematik atau bahkan mengeksploitasi  karyawannya.

  • Jika sudah mantap, baca baik-baik job desc yang akan kamu kerjakan

Langkah ini merupakan sebuah langkah penting karena job desc itulah yang akan kamu lakukan selama magang di sana nanti. Cermati baik-baik agar terhindar dari suruhan untuk fotokopi tiap hari. Pastikan job desc sejalan dengan posisi yang ditawarkan. Misalnya, jika kamu mendaftar sebagai seorang content writer maka yang kamu lakukan harus berhubungan dengan itu. Jika ada job desc membuat design juga, artinya tanda red flag berkibar.

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis