Bersamaan dengan gaji, biasanya perusahaan akan memberikan slip gaji sebagai bukti bahwa mereka telah melakukan kewajibannya. Dalam slip gaji ini, kamu akan mengetahui besaran upah yang diberikan perusahaan terkait kinerja yang kamu lakukan selama sebulan. Aturan mengenai pemberian slip gaji ini ternyata diatur dalam perundang-undangan pemerintah. Jadi, kamu tidak bisa sembarangan menyelepelekannya.

“Pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah (slip gaji) yang memuat rincian upah yang diterima pekerja pada saat upah dibayarkan,” bunyi Pasal 17 ayat (2) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Advertisement

Kenyataannya, masih ada beberapa orang yang mengabaikan keberadaan slip gaji yang merupakan dokumen penting ini. Bahkan, ada juga yang membuangnya begitu saja setelah menerima gaji. Ini lo manfaat slip gaji selain sebagai bukti pembayaran upah yang perlu kamu ketahui.

1. Slip gaji yang kamu terima setiap bulan, dapat menunjukan rincian komponen pendapatanmu lo!

rincian gaji via jojopayroll.com

Komponen gaji biasanya berbeda-beda dan tergantung pada kebijakan perusahaan masing-masing. Komponen yang pasti ada dalam setiap perusahaan hanyalah gaji pokok saja. Padahal selain gaji pokok, biasanya beberapa perusahaan akan memberikan bonus, tunjangan, uang makan, bahkan gaji ke-13.

Selain rincian gaji tadi, dalam slip gaji kamu juga bisa melihat adakah potongan gaji disebabkan oleh pelanggaran yang kamu lakukan dalam bekerja, misalnya keterlambatan atau ketidakhadiran tanpa alasan yang jelas. Dari informasi di slip gaji tersebut, kamu bisa melakukan introspeksi dan termotivasi untuk meningkatkan kualitas kerjamu di perusahaan.

2. Jika kamu ingin memiliki rumah idaman, slip gaji bisa membantumu mengajukan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) dengan mudah lo!

angsuran rumah via kprjogja.com

Advertisement

Slip gaji merupakan syarat untuk mengajukan KPR dari bank. Biasanya kamu harus menyertakan slip gaji selama tiga sampai enam bulan berturut-turut untuk masa kerja minimal satu tahun. Pihak bank penyedia KPR kemudian akan menganalisis kemampuanmu dalam membayar cicilan rumah setiap bulannya.

Besaran cicilan yang dibayarkan setidaknya nggak melebihi sepertiga dari jumlah nominal gaji bersih yang kamu terima dan tertera pada slip gajimu.

3. Selain untuk pengajuan KPR, slip gaji juga bisa kamu manfaatkan untuk mengajukan kredit kendaraan bermotor, baik kendaraan roda dua maupun roda empat

kredit mobil via www.aturduit.com

Fungsi dari slip gaji itu sendiri untuk memastikan bahwa kamu memiliki pekerjaan tetap dengan penghasilan cukup untuk membayar cicilan setiap bulannya. Slip gaji biasanya juga harus disertakan dengan fotokopi KTP, fotokopi kartu keluarga, buku tabungan, dan berkas lainnya.

Berbeda dengan KPR, kredit kendaraan bermotor memiliki cicilan per bulan yang lebih kecil tergantung dari jenis kendaraan yang kamu pilih.

4.  Slip gaji yang kamu miliki bisa dimanfaatkan untuk mengambil angsuran gawai atau peralatan elektronik lainnya

HP kredit via swara.tunaiku.com

Jika kamu merasa sulit membeli barang elektronik karena harganya mahal, kamu bisa memenuhi kebutuhan alat elektronik di rumahmu dengan menyertakan slip gaji sebagai syarat administrasi untuk mengajukan cicilan.

Perusahaan penyedia kredit akan mempertimbangkan kemampuanmu dalam membayar cicilan per bulan dengan menggunakan informasi dalam slip gajimu nanti.

5. Dengan slip gaji, kamu nggak perlu mengajukan jaminan jika ingin mengajukan kredit di suatu bank

pinjam uang di bank via cekajah.com

Ketika memberikan kredit atau pinjaman, bank atau biasanya mengharuskan seorang peminjam untuk memberikan agunan atau jaminan. Jaminan biasanya dalam bentuk barang berharga yang berfungsi sebagai penjamin agar kreditur taat membayar cicilan setiap bulannya.

Namun, dengan menyertakan slip gaji, kamu bisa melakukan kredit tanpa jaminan. Bank akan melihat apakah gaji yang kamu terima sesuai dengan kredit yang kamu ajukan.

6. Slip gaji biasanya dibutuhkan sebagai lampiran saat kamu melamar pekerjaan baru. Jadi, jika kamu keluar dari perusahaan, jangan lupa untuk meminta slip gaji terakhirmu, ya!

buat lamar kerja via magazine.job-like.com

Ketika melamar sebuah pekerjaan baru, sering kali pada sesi wawancara kamu akan ditanyakan tentang berapa besar gaji yang ingin kamu terima. Slip gaji dari perusahaan lama tempatmu bekerja bisa menjadi referensi bagi perusahaan baru dalam menentukan besaran gaji yang akan kamu terima di perusahaan mereka.

7. Selain berguna bagi karyawan, slip gaji juga dimanfaatkan perusahaan untuk menjaga loyalitas karyawan mereka

menjaga loyalitas karyawan via www.cosmopolitan.co.id

Dalam slip gaji, terdapat rincian pemasukan serta beragam potongan yang dibebankan pada karyawan perusahaan. Rincian berupa gaji pokok, tunjangan, bonus, serta potongan pajak adalah komponen penting yang perlu diketahui oleh karyawan.

Dengan begitu, mereka akan paham mengapa pemasukan yang diterima setiap bulan bisa saja berbeda. Terlebih apabila perusahaan turut memberikan bonus maupun tunjangan pada waktu-waktu tertentu.

8. Secara tidak langsung, slip gaji dapat pula dijadikan sebagai salah satu pertimbangan untuk membuat kebijakan perusahaan lo!

aturan perusahaan via gemalarobi123.blogspot.com

Khususnya kebijakan yang mengarah pada besaran gaji pokok serta tunjangan yang selayaknya diberikan kepada karyawan. Idealnya, seiring bertambahnya pemasukan perusahaan, tentu alokasi untuk gaji maupun fasilitas pegawai juga dapat ditingkatkan, ya!

Melihat beberapa manfaat dari slip gaji di atas, maka penting bagimu untuk menyimpan slip gaji dengan baik. Kamu nggak boleh ceroboh dengan meletakkannya di sembarang tempat atau bahkan membuangnya begitu saja, karena slip gaji ini bisa kamu manfaatkan untuk berbagai hal.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya