Mengintip Skenario New Normal untuk Mahasiswa. Lanjut Daring atau Sudah Bisa Tatap Muka?

new normal kuliah

New normal mulai dilaksanakan di berbagai sistem kehidupan saat ini. Wacana ini membuat berbagai lini harus sigap dalam beradaptasi sehingga kegiatan akan berjalan dengan lancar namun protokol kesehatan akan tetap dijalankan. Salah satu yang terpengaruh sejak awal diberlakukannya physical distancing adalah bidang pendidikan, yang mana baik siswa sekolah maupun mahasiswa harus belajar jauh jarak jauh dengan sistem pembelajaran dalam jaringan atau online.

Advertisement

Hal ini bisa saja dilanjutkan untuk jangka panjang, namun ada juga kampus yang memilih buka kembali sehingga mahasiswa bisa datang dan melakukan pembelajaran dengan tatap muka. Hal ini tentu dilaksanakan dengan kebijakan dan skenario yang baru. Nah, seperti apa kira-kira? Kita simak yuk penjelasannya berikut ini!

Skenario saat pandemi tak kunjung menurun adalah tetap dilanjutkannya pembelajaran secara daring, yang baiknya perlu ditingkatkan lagi kualitasnya

Masih daring/ Credit: Pexels via www.pexels.com

Dilansir dari laman resmi Dikti, selama pandemi pemerintah menyediakan platform pembelajaran daring yang dapat diakses di kuliahdaring.kemdikbud.go.id. Pun kerjasama dengan provider telekomunikasi untuk internet murah bahkan gratis juga diberikan kepada dosen maupun mahasiswa. Namun, ternyata masih ada saja keluhan berbagai hal seperti beberapa pihak yang disebut ‘gaptek’ hingga masalah teknis lainnya.

Namun, dilansir dari Detik.com berdasarkan sebuah penelitian dari McKensey Global Institute jika pandemi masih belum teratasi, kemungkinan pembelajaran ini masih tetap akan dilakukan pada tahun 2021 nanti. Standar pembelajaran online akan naik, dosen juga akan dituntut untuk lebih melek teknologi serta menjadi kreator yang kreatif.

Advertisement

Skenario yang kedua adalah kampus yang siap menerapkan new normal mulai dibuka namun tetap dengan protokol ketat

Harus sesuai protokol/ Credit: Pexels via www.pexels.com

Beberapa kampus akan membuka gedungnya untuk pelaksanaan perkuliahan dengan tatap muka, beberapa di antaranya di Yogyakarta. Mengingat banyak perantau yang pulang kampung selama pandemi dan akhirnya kembali lagi maka protokol baru akan dilaksanakan. Dilansir dari CNN, hal tersebut meliputi adanya fasilitas isolasi untuk mahasiswa yang baru datang kemudian lapor RT agar bisa dilakukan tracking kontak.

Selain itu saat pembelajaran mulai dilakukan maka protokol kesehatan seperti jaga jarak, cuci tangan, dan memakai masker tetap dilaksanakan. Sistem pengurangan daya tampung pada mata kuliah juga akan disesuaikan agar physical distancing bisa tetap terlaksana.

Kurikulum yang dipakai selama ini mungkin masih kurikulum lama yang menyebabkan banyak hal harus gagal terlaksana, maka harus ada kurikulum adaptif

Harus adaptif/ Credit: Pexels via www.pexels.com

Mungkin di kurikulum normal masih banyak hal-hal layaknya praktik lapangan yang mestinya terlaksana, namun tak bisa dilangsungkan karena pandemi Corona. Wakil Dekan I Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, Kusnano mengatakan bahwa untuk menghadapi era new normal maka kurikulum adaptif sangat diperlukan. Menurutnya pelaksanaan kuliah jarak jauh akan tetap berlangsung dalam beberapa waktu ke depan, namun demikian kurikulum yang dipakai tetap harus bisa menjawab tantangan masa kini dan nanti sehingga mahasiswa akan menjadi lulusan tetap dengan kualitas yang baik.

Advertisement

Tak hanya fokus pada pembelajaran jarak jauh di masa ini, penerimaan mahasiswa baru serta bagaimana metode pembelajaran mereka tetap perlu diperhatikan

Yes ketrima/ Credit: Pexels via www.pexels.com

Walaupun kondisi yang seperti sekarang ini, namun penerimaan mahasiswa baru tetap dilaksanakan melalui sistem SBMPTN dan melakukan tes di pusat UTBK kota masing-masing. Peserta diminta untuk mengunggah portfolio dalam proses pendaftarannya. Akan tetapi, jika sudah diterima kemungkinan untuk melangsungkan pembelajaran secara online masih akan tetap diberlakukan sehingga mungkin perlu menyesuaikan diri dua kali lipat untuk para mahasiswa baru.

Walaupun mungkin banyak tantangan yang mesti dihadapi saat harus melakukan sistem kuliah online namun kamu tetap bisa kok mendapatkan materi yang sangat beragam di era teknologi ini. Pun, jika kampus sudah menerapkan kebijakan untuk kembali masuk kuliah dengan tatap muka jangan lupa untuk tertib mematuhi aturan yang berlaku demi kesehatan bersama ya. Stay safe, everyone!

Sudah waktunya kita lebih peduli, kenal, dan memahami virus corona yang sudah hidup di antara kita. Dapatkan E-book Panduan Normal yang Baru di sini.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE