Belajar dari 5 Petuah Pengusaha Muda Indonesia, Mencerahkan Milenial untuk Berbisnis

Quotes orang sukses

Mencapai sukses di usia muda bukan hal mustahil untuk diwujudkan, dibutuhkan kerja keras, pengorbanan, serta usaha yang kadang tak jarang mendapat rintangan di tengah jalan. Ya, bisa dibilang perjalanan ‘ke sana’ tidak selalu berjalan mulus, tapi percayalah perjuangan yang dihadapi tentu akan setimpal nantinya dengan hasil yang kamu peroleh di kemudian hari.

Advertisement

Di zaman yang serba digital, kita tentu sudah nggak asing dengan nama-nama pengusaha muda di Indonesia yang kisah inspiratifnya acap kali membuat decak kagum dan nggak jarang membuat kita termotivasi untuk melakukan hal yang sama. Tentu dari pengalaman mereka ada sederet petuah yang bisa kita ambil pelajarannya. Nah berikut ini Hipwee akan membagikan beberapa kutipan dari pengusaha muda di Indonesia yang pastinya cocok diterapkan dalam kehidupan kamu!

 

Pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya berbicara tentang membangun sebuah bisnis diibaratkan seperti pelaut

Advertisement

Siapa sih yang nggak tahu William Tanuwijaya, sang pendiri salah satu ecommerce terbesar di Indonesia Tokopedia. Sebelum sebesar sekarang William bahkan mengaku hanya berasal dari keluarga sederhana di Pematang Siantar,  ketika kuliah ia sempat mencari tambahan penghasilan dengan bekerja sebagai penjaga warnet.

Dalam mebangun bisnis dapat belajar dari para pelaut. Pertama, harus tahu kemana tujuan berlayar. Kedua, harus tau apa visi misi kita membangun bisnis. Setelah tahu tujuannya, semakin besar tujuannya, semakin penting kemampuan untuk membangun tim yang dapat berlayar bersama. Terakhir, tidak boleh kehabisan bahan bakar sebelum tujuan tercapai.” Tulis William seperti dikutip dari laman Instagramnya.

Advertisement

Dari pernyataan tersebut kita bisa mengambil kesimpulan betapa pentingnya tujuan yang terencana sebelum memulai bisnis. Artinya untuk jangka yang lama dan jika ingin terus bertahan kamu nggak bisa tuh memulai dengan asal-asalan, harus ada perhitungan untuk setiap keputusan yang ditetapkan ya~

Achmad Zaky founder Bukalapak punya opini pentingnya kreativitas dan jadi orang yang out of the box

Pengusaha muda yang satu ini cocok sekali dapat predikat ‘from zero to hero’. Membangun salah satu ecommerce  yang namanya bahkan sudah nggak asing di telinga masyarakat Indonesia. Ia juga punya riwayat perjalanan karier yang bisa dibilang nggak terlalu mulus. Dapat penolakan dari beberapa orang hingga akhirnya perjuangan Zaky mendekati kata stabil saat ditawari beberapa investor.

“Untuk membuat bisnis besar maka kita harus punya ide yang gila,” kata-kata yang dilontarkan lelaki berusia 34 itu saat diwawancarai oleh Najwa Shihab dikutip dari Narasi TV.

Memang ide itu mahal harganya ya SoHip, untuk bersaing pun dengan kompetitor diperlukan yang namanya ide unik (gila) yang buat kamu berbeda dan mempunyai nilai lebih dimata orang lain terutama investor. Pernyataan Ahmad Zaky ini bisa banget kamu gunakan saat memulai bisnis, artinya carilah suatu ide yang berbeda, tidak pasaran namun tahu tujuan untuk jangka yang panjang dan yang terpenting pede aja dulu agar ide kamu nggak hanya tersimpan di pikiran.

Bagi pecinta kopi pasti nggak asing dengan Kopi Kenangan yang ratusan outletnya sudah tersebar di wilayah Indonesia. Berikut petuah yang diberikan dari sang founder

“YOLO (You Only Live Once) bisa berarti digunakan untuk party-party (kesenangan) atau membuat sesuatu yang besar, dan gue memilih membuat sesuatu yang besar karena masih muda”, ucap Edward Tirtanata seperti dikutip dari Youtube Kumparan.com

Kutipan ini cocok banget sebagai pengingat kalau masa muda tuh masa di mana kita bisa untuk menambah pengalaman serta membuat sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain. Mumpung berada di usia produktif kan.

Pendiri Gojek yang kini menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berprinsip sigap tangkap momentum jangan sampai kehilangan

“Momentum adalah hal yang tidak kekal, selalu naik dan turun. Jika kamu tidak menangkap momentum itu disaat terbaiknya, kamu akan kehilangannya.”

Artinya sebagai pebisnis harus bisa melihat peluang terbaik di setiap kondisi dan waktu. Soalnya kita semua tahu kan kalau kesempatan itu jarang banget datang dua kali, jadi kalau sudah ada yang pasti kamu harus cepat memanfaatkannya.

Diajeng Lestari, pengusaha  bisnis “HijUp” menyebut jika kehidupan juga harus seimbang antara kerja keras dan waktu untuk diri sendiri

“Kreativitas nggak akan keluar kalau stress dan cape. Justru saat rileks, kreativitas akan keluar. Jadi harus blend antara kehidupan pribadi dan bekerja” 

Nah SoHip pernyataan tersebut mengingatkan kita juga nih untuk menggunakan waktu sebaik mungkin, nggak ada yang salah dengan kerja keras namun kalau dirasa sudah lelah ya sebaiknya kamu istirahat jangan memaksakan. Kalau pikiran fresh percaya deh, kreativitas juga akan muncul dengan sendirinya. Pikiran yang bahagia nyatanya berdampak banget untuk kamu menjalani kegiatan Jadi harus seimbang ya!

Ada banyak petuah yang kita dapat dari pengusaha yang sukses di usia muda ini, tapi dari kutipan-kutipan menarik di atas bisa disimpulkan bahwa untuk mengawali bisnis itu penuh perencanaan tentunya dengan ide menarik yang buat kamu punya value sendiri, kerja keras waktu muda jadi suatu keuntungan buat kamu apalagi jika jernih melihat peluang di sekitar. Namun, ada kalanya kamu perlu istirahat dan it’s okay kamu pun berhak untuk punya pikiran yang bahagia.

Gabung dan Berlangganan Newsletter

Berlangganan Newsletter dari Kita Mulai Bersama

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE