6 Strategi Promosi Product Bundling, Bantu Tingkatkan Penjualan Agar Makin Cuan~

Strategi promosi product bundling

Buat kamu yang lagi berjuang untuk melebarkan sayap di dunia usaha, sangat perlu lo mengetahui jenis-jenis strategi pemasaran yang cocok untuk usahamu. Salah satu strategi pemasaran yang bisa dilakukan adalah promosi. Hal ini bakal sangat berpengaruh buat usahamu kalau dilakukan dengan cara yang tepat. Banyak banget strategi promosi yang bisa dilakukan yaitu mulai dari memasang iklan di TV, memasang iklan di baliho, sampai iklan di media sosial.

Advertisement

Selain menggunakan media sebagai tempat beriklan, kamu juga bisa lo menggunakan strategi promosi product bundling untuk memperkenalkan produkmu dan menarik perhatian pelanggan. Product bundling atau yang biasa disebut paket hemat adalah salah satu strategi promosi yang mengelompokkan dua produk atau lebih menjadi satu kemasan dan satu harga. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pendapatan yang lebih banyak dari tiap pesanan. Kira-kira apa saja ya jenis-jenis product bundling yang bisa dicoba? Yuk langsung simak penjelasan di bawah ini.

1. Coba gabungkan dua produk yang saling melengkapi dan berikan penawaran dengan beli produk A dapat gratis produk B. Strategi ini cocok kalau kamu punya banyak stok nggak bergerak, alias belum laku

Strategi bundling

Trik promosi yang satu ini yang paling sering dipakai untuk meningkatkan penjualan | Credit : @starline via Freepik

Kamu bisa coba membuat paket bundling dengan menggabungkan dua produk yang fungsinya dapat saling melengkapi. Misalnya, kamu punya toko online yang menjual beragam jenis makeup. Nah, kamu bisa banget nih untuk coba membuat bundling untuk setiap pembelian satu buah foundation, pelanggan bakal mendapatkan beauty blender secara gratis yang bisa dipakai untuk mengaplikasikan produk makeup tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mencoba membuat bundling yang berisi satu set serum ditambah gratis satu buah tas kecil untuk menyimpan serum tersebut.

Ada beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan untuk menggunakan strategi promosi ini. Yang pertama, kamu punya stok produk yang berlebih. Kedua, kamu punya stok produk yang nggak bergerak alias kurang laku. Stok produk yang berlebih atau kurang laku ini bisa kamu buat menjadi satu paket dengan produk yang diminati supaya  terjual lebih banyak lagi.

Advertisement

2. Memberikan beberapa pilihan product bundling yang bisa dipilih oleh pelanggan. Dengan memberikan pilihan, pelanggan akan bisa mengeksplorasi produk-produkmu yang lain

Coba berikan beberapa pilihan paket produk untuk pelanggan | Hipwee

Membuat beberapa pilihan paket bundling juga bisa kamu coba. Kalau kamu punya usaha di bidang kosmetik, kamu bisa membuat beberapa paket seperti paket bundling 1 yang berisi maskara dan eyeliner, lalu paket bundling 2 yang berisi maskara dan eyeshadow. Paket bundling yang satu ini menawarkan pilihan beberapa produk yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Keuntungan dari trik ini adalah bisa meningkatkan penjualan kedua produk yang kamu jadikan satu paket bundling, karena pelanggan merasa bisa mendapatkan dua produk utama yang harganya lebih murah. Kamu juga harus hati-hati dalam memilih produk yang akan kamu jadikan satu paket. Jangan sampai saat permintaan pelanggan tinggi, kamu nggak bisa memenuhi kebutuhan stok produk tersebut.

3. Penawaran beli 2 dapat 3 akan membuat pelanggan merasa untung bisa mendapatkan banyak produk

Advertisement

Trik promosi ini bisa menarik perhatian pelanggan lo~ | Hipwee

Strategi promosi yang satu ini memberikan penawaran untuk pembelian produk yang sama tapi dengan jenis atau varian yang berbeda. Misalnya, kamu punya produk lip stylo dengan beberapa varian rasa. Kamu bisa coba membuat promo beli 2 dapat 3 lip stylo dengan varian yang berbeda. Keuntungan dari trik prmosi yang satu ini yaitu dapat menarik perhatian pelanggan karena dalam satu kali transaksi, mereka bisa mendapatkan banyak produk dengan beragam varian.

Selain dari segi keuntungan, trik promosi yang satu ini juga punya kelemahan, yaitu kurangnya frekuensi pembelian dalam waktu dekat karena pelanggan membutuhkan waktu untuk menghabiskan 3 produk yang ia dapatkan. Biasanya, setelah mencoba 3 varian produk, pelanggan juga cenderung akan membeli salah satu varian saja yang disukai. Jadi, sesuaikan trik ini dengan kondisi dan tujuan yang ingin kamu capai, ya.

4. Strategi ‘beli produk A bisa beli produk B dengan diskon X%’ juga bisa meningkatkan penjualan keduanya

Bayar satu produk bisa dapat dua produk berbeda? | Hipwee

Selanjutnya, kamu juga bisa mencoba membuat paket bundling yang berisi dua produk yang bisa didapatkan oleh pelanggan dalam satu waktu dan harganya lebih murah. Kamu bisa menjualnya dengan potongan harga dan digabung dengan satu produk yang diminati. Trik promosi yang satu ini bisa kamu coba lo kalau sedang ingin menghabiskan stok di gudang toko.

5. Terapkan bundling bertaut supaya pelanggan segera melakukan tindakan membeli karena ada batas waktunya

Salah satu strategi promosi dengan memainkan emosional pelanggan | Hipwee

Paket bundling yang satu ini juga masuk ke dalam jenis dorongan psikologis yang biasa digunakan untuk teknik copywriting. Jenis dorongan ini disebut scarcity effect yang maksudnya adalah secara nggak langsung memberikan desakan pada pelanggan untuk segera melakukan tindakan pembelian karena waktu promo dan stok terbatas. Nah, kamu bisa coba salah satu trik ini dengan memberikan diskon untuk satu produk dengan tenggat waktu satu atau dua hari saja.

Keuntungan dari trik promosi ini adalah kamu bisa meningkatkan penjualan satu produk dalam waktu yang singkat. Selain itu, pelanggan juga akan lebih sering memperhatikan tokomu karena menunggu diskon yang serupa untuk produk yang lain. Nah, ini adalah saatnya untuk kamu menarik minat pelanggan yang tadinya hanya menunggu diskon, jadi memutuskan untuk membeli produk yang ada di tokomu!

6. Strategi bundling kit juga bisa dicoba sebagai upaya perkenalan terhadap produk secara individu

Bundling kit salah satu solusi untuk kenalkan produk ke pelanggan | Hipwee

Selain 5 strategi di atas, kamu juga bisa coba membuat bundling kit yang berisi beberapa produk usahamu. Misalnya, kamu membuat bundling kit yang berisi produk skincare, makeup, dan parfum dalam ukuran yang lebih kecil. Hal ini bisa jadi keuntungan buatmu yang baru mulai usaha untuk memperkenalkan produk yang kamu punya ke pelanggan.

Mereka akan coba membeli ukuran yang lebih kecil dulu untuk percobaan dan biasanya kalau merasa cocok, mereka akan membeli produk itu lagi dengan ukuran normalnya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE