Kupas Tuntas Seputar UTBK SBMPTN 2020. Jangan Panik Dulu Kalau Ada Perubahan!

utbk sbmptn 2020

Memasuki bulan Juli berarti bersiap-siap memasuki tahun ajaran baru pula. Banyak yang sedang liburan menunggu masuk sekolah namun tak sedikit pula yang sedang berjuang menuju untuk melanjutkan pendidikan di tempat yang sudah lama impikan, salah satunya mereka yang saat ini sedang memperjuangkan nilai agar lolos SBMPTN melalui tes UTBK yang berlangsung hingga tanggal 29 Juli 2020 yang berakhir di tahap 2.

Advertisement

Banyaknya istilah dan prosedur mungkin membuatmu bingung, padahal kalau ada yang kelewatan bisa jadi kamu juga sedang kehilangan kesempatan. Makanya, ada beberapa hal yang perlu digarisbawahi perihal UTBK ini. Simak yuk biar tahu tips suksesnya juga!

Ada beberapa perbedaan yang terjadi antara UTBK tahun 2020 dengan yang sudah lewat atau tahun 2019 untuk karena adanya pandemi

Beda dengan tahun lalu/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Dilansir dari laman resmi LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) tahun ini karena adanya Covid-19 maka tes UTBK hanya terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) untuk mengukur kemampuan kognitif yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang diperlukan nantinya. Kemampuan ini akan meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Peserta juga hanya diizinkan mengambil maksimal satu tes saja.

Pun jika di tahun sebelumnya UTBK dilaksanakan 4 sesi ujian setiap harinya maka kini sehari hanya ada 2 sesi kecuali Jumat 1 sesi. Sesi pertama akan dilakukan pada pukul 09.00-11.15 dan 14.00-16.15 sehingga tak ada pertemuan antara siswa di sesi pertama dan kedua.

Advertisement

Salah satu yang juga perlu untuk dicatat adalah tanggal-tanggal penting selama pelaksanaan hingga pengumuman

Jadwal UTBK/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Pendaftaran akun sudah dilaksanakan sejak 17 Februari hingga 5 April 2020, pendaftaran UTBK juga telah berlangsung dari 2 Juni sampai 20 Juni 2020. Sedangkan pelaksanaannya tengah berlangsung, tahap 1 dari tanggal 5 Juli hingga 14 Juli 2020 dan tahap 2 berlangsung tanggal 20 Juli sampai 29 Juli 2020. Pengumuman baik hasil UTBK maupun SBMPTN diumumkan sekitar satu bulan setelahnya tepatnya tanggal 20 Agustus 2020.

Sebelum tes UTBK, hendaknya ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar tidak panik saat sudah menjelang tes

Persiapan/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Melalui surat edaran LTMPT nomor: 15/SE.LTMPT/2020 tentang relokasi UTBK-SBMPTN 2020 ada beberapa hal yang mesti diperhatikan seperti peserta yang memilih tes di UNESA maka akan direlokasi ke Pusat UTBK UNAIR atau atau ITS. Peserta yang mendapat jadwal untuk ikut tes tahap 2 (20 Juli-29 Juli 2020) tapi tak bisa ikut karena ada force major atau tidak memenuhi syarat Satgas Covid-19 maka peserta wajib melapor Pusat UTBK di mana ia harus mengikuti tes (sesuai yang tercetak pada kartu tanda peserta yang baru) pada tanggal 6-10 Juli 2020 pada jam kerja. Hal tersebut perlu disampaikan sejujur-jujurnya atau berisiko tidak diperbolehkan mengikuti UTBK.

Meski terdengar menyeramkan dan banyak saingan, namun ada beberapa tips yang bisa kamu andalkan saat akan mengikuti UTBK

Advertisement

UTBK/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Mungkin kamu sudah menghabiskan banyak waktu untuk latihan selama ini, namun ada juga hal lain yang mesti dipahami agar belajarmu lebih efektif. Karena UTBK sudah di depan mata maka tak ada salahnya mengevaluasi materi yang sudah dikuasai, lakukan review materi, serta evaluasi kelemahanmu. Akan tetapi, yang perlu diingat adalah tetap menjaga kesehatan apalagi di masa seperti ini. Jangan lupa untuk tetap mengikuti informasi agar tak ketinggalan jika ada perubahan, jika kamu baru tahu perubahan tersebut tak perlu panik namun tetap ikuti aturan panitia. Yang terakhir jangan lupa untuk selalu berdoa.

UTBK mungkin akan memengaruhi nasibmu ke depannya. Akan tetapi, yang perlu diingat setelah berusaha semaksimal mungkin yang kamu bisa adalah menyerahkan semua kepada yang di atas. Jangan mudah panik dan tetap berpikiran positif ya. Semangat!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE