7 Tips Agar Tetap Produktif Saat WFH. Nggak Stres, Kerjaan pun Beres!

tips wfh

Merebaknya kasus Covid-19 memicu beberapa kantor mengeluarkan kebijakan untuk bekerja dari rumah. Tak terkecuali kantor Hipwee lo! Sebab, menurut beberapa pakar kesehatan, sejauh ini Work From Home (WFH) bisa jadi solusi yang cukup bagus untuk mengurangi persebaran virus. Meski dianggap sebagai sebuah privilage, sayangnya justru ada beberapa orang yang merasa kesulitan dengan WFH. Sebab, mereka jadi kurang produktif dan sulit menyelesaikan pekerjaan karena keasyikan di rumah.

Advertisement

Nah, supaya pekerjaanmu nggak keteter dan bisa tetap produktif, coba deh terapkan beberapa tips WFH berikut. Kerjaan lancar, pun bisa menjaga jarak dengan benar.

1. Sepakati di awal bagaimana kamu mesti berkomunikasi dengan tim

sepakati media komunikasi | Credit by www.makeuseof.com

Selain WhatsApp, manfaatkan email dengan maksimal untuk berkomunikasi dengan rekan satu tim. Usahakan untuk membawa HP-mu ke mana-mana, supaya mudah dihubungi dan rekan tim nggak perlu menunggu terlalu lama. Pastikan juga kamu punya sinyal internet yang bagus agar tetap bisa cepat tanggap.

2. Karena lebih fleksibel, kamu mesti punya perencanaan yang matang

bikin to do list | Credit by www.managers.org.uk

Waktu WFH, tips yang paling penting adalah mesti ekstra disiplin dalam mengatur waktu, biar kerjaan tetap aman dan nggak kena omel atasan. Jadi, di pagi atau malam hari sebelum kerja, buatlah to do list pekerjaan yang mesti dikerjakan dan selesaikan. Kalau perlu, bahkan kamu mesti memanfaatkan alarm untuk membantumu mengingat.

Advertisement

3. Jangan langsung pegang kerjaan saat baru bangun tidur

bangun tidur jangan langsung kerja | Credit by floresbraynonaffair.com

Bukan produktif, yang ada malah kamu pusing dan gampang lemas karena otakmu bekerja terlalu dini. Mending lakukan rutinitas pagi seperti biasa dulu, mandi, pakai skincare, dan sarapan. Nah, kalau urusan rumah sudah beres, baru deh mulai kerja. Bangunlah seperti biasa agar pekerjaan rumah nggak keteter dan kerjaan tetap selesai.

4. Setelah siap beraktivitas, carilah spot ternyaman dalam rumah untuk bekerja

pilih spot yang enak | Credit by thriveglobal.com

Supaya WFH tetap berjalan baik, tips yang tepat untukmu adalah mencari spot dan posisi yang tepat untuk bekerja. Kerjamu boleh lesehan atau duduk, tapi sebisa mungkin bekerjalah pakai meja. Selain biar nggak malas-malasan, kerja pakai meja juga bikin badan juga nggak mudah capek. Baiknya hindari bekerja di area kasur karena malah membuatmu nggak produktif dan bikin ngantuk. Sesekali kamu juga boleh kok pindah tempat, misal dari ruang tamu terus ke teras.

5. Pakailah baju rumah yang nyaman biar bebas gerak

pakai baju nyaman | Credit by thriveglobal.com

Kadang, kita nggak tahu kalau ternyata mesti ada hal lain yang kudu dikerjakan sembari bekerja. Makanya, biar tetap nyaman dan bisa ke sana-sini dengan bebas, pakailah baju yang paling nyaman. Meski santai, usahakan tetap rapi. Tapi, pilihlah baju yang nggak bikin gerah karena cuaca akhir-akhir sedang terik.

Advertisement

6. Sekalipun WFH, kamu tetap harus menyisihkan waktu istirahat siang

tetep istirahat | Credit by www.thestar.com.my

Kadang, karena kerja dari rumah, kita jadi lupa waktu dan malah nggak istirahat. Padahal hal ini bisa memicu stres dan malah bikin cepat pusing. Untuk menghindarinya, kamu harus melakukan tips WFH yang satu ini, yaitu menerapkan istirahat siang satu jam. Gunakanlah waktu tersebut untuk makan dan melakukan aktivitas selain bekerja. Misalnya, main game sebentar atau nonton Youtube. Tapi jangan keblabasan lo!

7. Biar nggak bosan dan ngantuk, usahakan tetap ngobrol dengan orang lain

tetep ngobrol sama orang lain | Credit by www.shutterstock.com

Kerjaan belum beres, tapi kamu sudah bosan dan malah malas-malasan karena nggak ada teman ngobrol. Yap, biar WFH tetap menyenangkan, kamu boleh kok sesekali menelepon teman atau rekan kerjamu, terutama di jam-jam rawan.

Itu dia 7 tips WFH yang bisa membuat kerjamu lebih produktif lagi ke depannya. Memang agak sulit untuk produktif jika kita terbiasa ngantor dan kali ini mesti di rumah seharian. Tapi mau bagaimana juga, ini merupakan salah satu cara yang mesti dilakukan untuk mengurangi persebaran virus. Lakukan hal-hal di atas saat WFH ya, malahan kalau bisa selesai sebelum waktunya, biar kamu juga cepat istirahat. Semangat dan stay safe semua!

Baca sepuasnya konten-konten pembelajaran Masterclass Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya More

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

Loading...