Dia adalah orang bijak yang menemukan bir, dan menyadari banyak manfaat kesehatan dari bir – Plato

Bir bukan momok. Untuk kalangan tertentu, minum bir merupakan hal yang lumrah ditemui. Tapi bagi sebagian orang, minum bir hanyalah sebuah mitos. Karena minum-minuman dengan kadar alkohol apapun jenisnya nggak akan membawa kesehatan bagi tubuh. So, nggak banyak orang yang tahu apa sesungguhnya manfaat baik dibalik minum bir.

Jadi, berapa jumlah ideal bir untuk dikonsumsi? Para peneliti membatasi untuk minum bir dua gelas sehari, supaya bisa mendapatkan manfaatnya. Penasaran apa saja manfaat minum bir dengan porsi yang tepat? Check it out!

1. Kandungan silikon bioavailable dalam bir mampu mencegah osteoporosis, tulang kamu bakal sehat sampai tua!

tulang sehat dengan bir via 1health.id

Menurut hasil analisis dari studi yang dimuat dalam Natural Medicine Journal, orang yang minum setidaknya dua bir sehari memiliki tulang yang lebih kuat.

Advertisement

Bir mengandung sejumlah silikon bioavailable, yang merupakan elemen dasar untuk pembangunan tulang dan struktur tulang rangka. Sehingga minum bir dengan porsi yang tepat akan meningkatkan kepadatan mineral tulang sehingga mengurangi risiko terkena osteoporosis.

2. Minum bir akan memelihara sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu nggak gampang sakit

bir pelihara sistem imun via 2.bp.blogspot.com

Orang yang nggak minum bir akan tiga kali lebih mungkin untuk menderita flu, menurut hasil sebuah studi dari Unit Common Cold di Salisbury.

Nah lho, kok bisa? Bir yang berbahan dasar gandum ini mengandung zat antioksida yang berfungsi melindungi sel dari kerusakan. Selain itu, bir dikenal anti-mikroba berkat hop bunga pahit yang digunakan dalam pembuatan bir. Hal ini membantu peminum bir melawan penyakit dan juga mengembangkan sistem kekebalan tubuh yang baik. Hmm.. hebat, ya.

Advertisement

3. Manfaat jantung sehat pun bisa didapat, asal porsi bir yang dikonsumsi berjumlah tepat

jantungmu sehat berkat bir via 3.bp.blogspot.com

Bir hampir mengurangi risiko penyakit jantung dengan baik sebanyak 42 persen.

Bir mengandung folat yang dapat membantu mengurangi homosistein dalam darah. Karena jika kadar homosisteinnya rendah, maka seseorang itu lebih berpeluang unruk terhindar dari penyakit jantung. Minum segelas bir per hari juga dapat mengurangi pembekuan darah, hal itu sangat baik untuk seseorang yang menderita penyakit jantung untuk hidup lebih lama.

4. Kamu nggak bakal pikun, bir membantu menjaga kemampuan otakmu sampai kapanpun

bir cegah alzheimer via i.huffpost.com

Penelitian menunjukkan bahwa penyerapan mineral oleh otak terbatas dengan konsumsi bir dan pada gilirannya dapat mencegah Alzheimer.

Para peneliti di China menemukan bahwa senyawa xanthohumol dalam bir dikenal memiliki manfaat antioksidan dan anti kanker, yang dapat memperlambat perkembangan penyakit saraf degeneratif. Jauh-jauh deh dari pikun!

5. Bir kaya akan vitamin B dan zat besi, yang ampuh mengurangi letih, lesu hingga pigmentasi

gandum dalam bir mengandung vitamin B via www.gruntinggrowler.com

Ragi yang terdapat dalam bir mengandung vitamin B yang berfungsi meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Vitamin ini membuat kulit kamu lembut dan halus serta bisa membalikkan pigmentasi sampai batas tertentu.

Selain vitamin B, zat besi yang terkandung dalam bir mencegah kamu dari rasa letih, lesu dan mudah tersinggung.  Zat besi akan mengedarkan oksigen lebih cepat dari paru-paru ke otot dan organ lainnya.

6. Berkat bir, ginjal kita otomatis akan terlindungi

bir pelihara ginjal via kesehatanaz.com

Bir memiliki sifat pelindung ginjal, sehingga bisa mencegah Anda kena batu ginjal sebesar 40 persen. Batu ginjal bisa perlahan menghilang dengan terapi bir, tentunya dengan kadar yang semestinya, ya!

7. Bir nggak bikin kamu dehidrasi. Bir justru mempercepat proses pemulihan pasca latihan

bir cegah dehidrasi via i.huffpost.com

Ini alasan kenapa beberapa atlet memilih minum bir ketimbang air putih pasca latihan.

Minum dua gelas bir terbukti mengembalikan cairan yang hilang dalam tubuh. Mereka yang minum bir sedikit lebih terhidrasi dibanding mereka yang meminum air putih. Meski demikian, kamu tetap harus meminum air putih secara teratur untuk kesehatan tubuh.

8. Butuh obat pencahar? Bir jawabannya!

bir minuman tinggi serat via cdn-media-1.lifehack.org

Bir punya kelebihan yang nggak dimiliki kebanyakan minuman lainnya. Serat yang terkandung dalam bir adalah pencahar alami. Minum bir bagus untuk pencernaan dan memberi efek perasaan kenyang sehingga membantu mencegah makan berlebihan.

9. Segala usus juga dipelihara lho, kurang baik apa bir ini?

bir pelihara usus tetap sehat via www.primaryhealthtas.com.au

Alkohol dalam bir mampu melawan bakteri penyebab sakit maag, Helicobacter pylori, seperti yang dilaporkan dalam penelitian dari The American Journal of Gastroenterology.

Minum bir dengan tidak berlebihan ternyata bagus untuk saluran pencernaanmu. Bukan hanya itu, bir adalah sumber nutrisi prebiotik yang memelihara bakteri baik dalam ususmu.

10. Diabetes juga bisa diobati oleh bir. Wah, kok bisa?

bir cegah diabetes via www.thebrunettediaries.com

Kandungan dalam bahan pembuat bir bisa menyembuhkan diabetes. Berdasarkan penelitian di Universite Catholique de Louvain di Brussels, Belgia, menemukan senyawa yang disebut tetrahydro iso-asam alfa. Senyawa ini dapat mengurangi insulin dalam darah. Bir adalah obat untuk penyakit diabetes tipe 2. Wow!

Asal porsinya tepat, bir terbukti mendatangkan banyak manfaat. Yang penting jangan lebay, apalagi sampai mabuk dan ngamuk-ngamuk. Iyuuuh!