Ragam pengobatan yang terkenal dari Negeri Tirai Bambu nggak hanya akupunkturnya saja, tapi juga obat-obatan herbal yang diracik secara tradisional. Beberapa obat-obatan khas Tionghoa yang diwariskan secara turun temurun ini sudah terbukti khasiatnya dan banyak digunakan oleh masyarakatnya, tak terkecuali orang Indonesia juga. Selain cespleng, obat-obatan herbal ala Tionghoa ini diyakini jauh lebih aman untuk dikonsumsi daripada obat-obatan kimiawi yang punya efek samping terhadap tubuh.

Tanpa mendiskreditkan obat-obatan herbal lokal Indonesia atau pun obat-obatan kimiawi yang tersedia di apotek, Hipwee Tips ingin berbagi info mengenai beberapa obat legendaris Tiongkok/Cina yang masih digunakan dan jadi andalan karena keampuhannya dalam menyembuhkan.

Advertisement

NB: Artikel ini bersumber dari situs resmi seputar info tradisi dan budaya Tionghoa https://www.tionghoa.info/ dan unggahan dari salah seorang warganet di Facebook (yang komentarnya berisi testimoni dari pengguna obat).

1. Lo-Han-Kuo: mengatasi panas dalam dan memelihara kesehatan paru-paru

Obat ini terbuat dari sari buah lo han kuo pilihan yang dipadukan dengan cane sugar sehingga menghasilkan minuman yang menyegarkan, menyejukan, enak rasanya, dan baik untuk kesehatan. Lo Han Kuo berkhasiat mengatasi panas dalam, sariawan, sakit tenggorokan, meredakan batuk, menghilangkan dahak, dan menguatkan paru-paru. Kamu hanya perlu menyeduh 1 bungkus Lo Han Kuo dengan air panas.

2. Die Da Yao Jing: mengobati luka luar dan mencegah infeksi

Die Da Yao Jing via chrysantcmds.wordpress.com

Ini adalah obat merah versi Tionghoa, biasa dijuluki Betadine Cina. Ampuh banget mengobati luka lecet, luka terjatuh, luka memar, luka terkena benda tajam, cepat menghentikan pendarahan, dan mencegah terjadinya infeksi. Meski harus menahan perih saat dioleskan, tapi dijamin luka akan cepat mengering.

3. Pil Po Chai: mengobati sakit perut dan diare

Pil Po Chai via www.tokopedia.com

Advertisement

Pil Po Chai yang sudah dikenal lebih dari 100 tahun di Tiongkok ini kerap digunakan sebagai obat untuk mengobati perut mulas, diare, memadatkan feses, mengurangi mual dan muntah, asam lambung, keracunan makanan, perut kembung karena masuk angin dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan atau bagian usus lainnya.

4. Minyak Gosok Cap Tawon: cocok untuk memijat karena pegal linu atau keseleo

minyak gosok cap tawon via andrewaprianto.wordpress.com

Awalnya, minyak gosok ini aslinya cap “To Boo Loeng”, lalu berganti menjadi minyak gosok cap tawon setelah didistribusi oleh PT Tawon Jaya Makassar. Minyak ini diracik dari minyak kelapa, minyak kayu putih, daun lada, cengkeh, jahe, kunyit dan bawang. Minyak tawon yang tutupnya putih kualitasnya spesial sehingga panasnya meresap sampai ke otot, cocok untuk pemijatan karena pegal linu atau keseleo. Sedangkan yang tutupnya merah atau premium nggak sepanas yang tutupnya putih. Cocok untuk pengobatan luka lecet ringan, gatal-gatal karena gigitan serangga, perut kembung, dll.

5. Dilong kapsul, mengobati tifus dan penurun demam tinggi

kapsul dilong via www.tokopedia.com

Obat ini diracik dari cacing tanah yang sudah terkenal khasiatnya sebagai obat penurun demam tinggi yang bisa memicu tifus juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh pasca sembuh dari sakit tifus.

6. Fufang Ejiao Jiang: menambah trombosit darah dan hemoglobin dalam darah

Fufang Ejiao Jiang via www.jualo.com

Obat ini berbentuk cairan berwarna cokelat dengan rasa yang manis. Terkenal khasiatnya untuk membantu mempercepat pemulihan pasca sakit demam berdarah, melancarkan haid yang nggak teratur, serta baik digunakan bagi pasien kemoterapi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Nin Jiom Pei Pa Koa: meredakan batuk ibu dan anak

Nin Jiom Pei Pa Koa via says.com

Obat ini biasa digunakan untuk mengobati sakit batuk berdahak, melegakan tenggorokan yang sakit, meredakan peradangan, hingga suara serak akibat dahak. Saking terkenalnya, obat ini sampai laris manis di negeri Paman Sam lo!

8. Pien Tze Huang: menyembuhkan luka dalam pasca operasi

Pien Tze Huang via www.hktvmall.com

Arti namanya adalah Pien (satu tablet) dan Huang (untuk peradangan), karena minum 1 tablet saja sudah terasa khasiatnya. Obat ini terkenal banget karena keampuhannya menyembuhkan luka pasca operasi, memelihara fungsi hati dan merawat beberapa penyakit yang berhubungan dengan infeksi atau peradangan. Banyak ibu-ibu pasca operasi caesar yang mengonsumsi Pien Tze Huang dan mengaku luka jahitannya cepat pulih tanpa keluhan. Tapi jangan kaget dengan harganya ya, cukup menguras kantong.

9. An Kung Niu Huang Wan: mengantisipasi stroke agar nggak berlanjut lebih parah

An Kung Niu Huang Wan via medium.com

Banyak orang menyebutnya dengan ‘angkung’. Obat ini terkenal sebagai pertolongan pertama pasien stroke karena khasiatnya untuk memperlancar penyumbatan pembuluh darah agar nggak terjadi kematian sel-sel dalam otak. Meminum obat ini setidaknya akan menyelamatkan kerusakan bagian otak lebih dini agar nggak meluas. Selain mencegah stroke, ankung juga mengatasi koma atau kejang akibat panas tinggi dan meningitis.

10. Tian Wang Bu Xin Dan: menyehatkan fungsi ginjal dan mengobati insomnia

Tian Wang Bu Xin Dan via www.tokopedia.com

Obat ini banyak digunakan untuk melancarkan sirkulasi darah, membantu menyehatkan fungsi ginjal, dan membantu menenangkan pikiran. Banyak digunakan untuk orang yang mengalami gangguan kesehatan seperti insomnia, jantung berdebar, pelupa dan gelisah. Bisa juga digunakan untuk wanita menopause dengan gejala insomnia, gelisah, emosi yang nggak stabil, dan depresi.

Obat-obatan di atas umumnya dijual di toko obat tradisional milik etnis Tionghoa, atau bisa ditemukan juga di toko-toko online yang memang sudah terpercaya. Obat-obatan ini memang telah dipercaya ampuh khasiatnya, tapi baiknya tetap kamu konsultasikan dulu ke dokter jika kamu menderita penyakit komplikasi. Jangan tergiur harga murah di pasaran ya, waspadai produk palsu dan selalu baca aturan pakai sebelum mengonsumsinya. Semoga bermanfaat!

DISCLAIMER: Artikel ini tidak bermaksud untuk mempromosikan obat-obatan tradisional khas Tionghoa. Hanya memberikan gambaran dan alternatif pengobatan Tionghoa yang sudah terbukti ampuh khasiatnya selama bertahun-tahun. Jadi, silakan pakai jika memang cocok dan dibutuhkan.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya