Kamar adalah salah satu tempat yang paling sering dihabiskan olehmu ketika sedang bersantai di rumah. Karena di situlah kamu bisa tiduran, guling-guling unyu, bahkan untuk sekadar untuk berkutat dengan gadget-mu. Tapi, kalau ternyata kamarmu memiliki ukuran yang nggak terlalu luas, apa masih bisa dibuat terlihat jadi lebih luas? Apalagi kamar kos tuh yang biasanya terbatas 3 m x 3 m.

Bisa dong, guys! Kamar kecil kesayanganmu dan kamar kos ternyamanmu bisa dibuat lebih lega dan ga sumpek. Dengan mengerahkan sedikit tenaga untuk menata ulang kamar, akan tercipta suasana baru yang akan ruang gerakmu di sana makin luas. Kira-kira apa saja dekorasi kamar yang telah disiapkan Hipwee kali ini? Simak, yuk!

1. Lemari adalah yang paling banyak memakan tempat. Buat rak gantung dari tali dan papan kayu tak terpakai. Agar ruang makin hemat.

Buat lemari sendiri dari tali

Buat lemari sendiri dari tali via www.burkatron.com

Advertisement

Untuk dekorasi yang mempermanis ruangan, lemari adalah pilihan yang sering dipakai. Tapi, taukah kamu kalau ternyata bentuk lemari yang lebar itu adalah sumber barang yang menghabiskan banyak ruang. Supaya lebih efisien tempat, kamu bisa buat lemari pajangan tembok dari tali dan kayu tak terpakai. Tinggal paku, dan gantung. Buku dan tanaman mini favoritmu pun bisa terlihat makin cantik!

2. Bikin rak multifungsi yang bisa memuat barang kecil kesayanganmu. Kerja atau duduk di situ pun akan buat inspirasi mengalir tanpa batas!

@isabellabaptista

@isabellabaptista via www.instagram.com

Meja belajar atau meja kerja tidak melulu dibikin penuh dengan kertas dan buku-buku. Supaya pikiran makin fresh dan inspirasi terus mengalir, coba deh kamu bikin sendiri rak serbaguna ini. Menjangkau barang-barang kesayanganmu pun bisa tanpa bersusah payah. Yang terpenting adalah, hemat tempat. Kamarmu pun jadi makin luas!

3. Ganti sofa dengan kursi biasa. Tambahkan bantak untuk sandaran agar tak kalah empuk.

Ganti aja deh...

Ganti aja deh… via www.urbanoutfitters.com

Kenyamanan yang diberikan sofa memang tiada duanya. Saat kamu enggan bergerak ke kasur, sofalah tempatmu berbaring. Tapi, body-nya yang besar buat kamarmu terasa makin sempit. Sesekali, ganti sofamu dengan kursi biasa seperti di atas. Kecil, hemat ruang, buat kamar makin lega. Jangan lupa tambahkan bantar di atasnya, supaya nggak kalah nyaman bak sofa. Bantal kucing juga lucu dan bisa kamu jadikan pilihan, kok.

4. Gantungan majalah ini bikin tumpukan berkurang. Ruang makin nyaman!

Dibaca lalu digantung~

Dibaca lalu digantung~ via www.ohhhmhhh.de

Advertisement

Daripada dibiarkan tertumpuk begitu saja, mending gantung saja majalahmu di tembok. Covernya yang unik bisa buat ruanganmu makin hidup! Semudah menggantungnya dengan gantungan pakaian, kamarmu akan terlihat lebih rapi tanpa tumpukan majalah~

5. Space di kolong kasur harus kamu pakai. Gunakan untuk menyimpan buku dengan rapi

Daripada kosong~

Daripada kosong~ via www.apartmenttherapy.com

Kolong tempat tidur kadang dilupakan. Kamu nggak boleh melewatkan ruang kosong ini untuk menyimpan barang-barangmu. Buku atau sepatu, sebagian bisa muat, kok! Daripada jadi sarang nyamuk yang menyebabkan penyakit, mending tata rapi untuk menyimpan barang-barang kecilmu, kan?

6. Kursi lipat bisa jadi lemari dadakan. Menggantungkan pakaianmu di sana nggak akan bikin jamuran!

Tinggal buka kok...

Tinggal buka kok… via www.theitmom.com

Untuk mengurangi penggunaan lemari yang menghabiskan banyak tempat, dengan kursi lipat biasa pun tempat untuk menyimpan pakaian bisa tercipta. Gantung kursi lipat di tembok. Setelah membuka lipatannya, kamu bisa menggantung pakaianmu di sana. Hemat ruang sekaligus unik maksimal nih, guys!

7. Bikin pigura gantung yang sederhana tapi tetap berkesan ini, deh!

Jangan pake frame deh...

Jangan pake frame deh… via grabsomeideas.tumblr.com

Menyimpan foto yang penuh kenangan di dalam frame pigura memang bisa mempercantik. Tapi perlu diingat, ukurannya yang besar bisa bikin tembokmu penuh. Kamarmu jadi terlihat makin sumpek, kan? Coba kamu buat pigura gantung kecil ini. Selain tak perlu melubangi tembok dengan paku, kesederhanaan tapi tetap penuh makna akan kamu dapat. Nggak perlu khawatir kehabisan ruang!

8. Kursi gantung memang pas untuk bersantai bersama keluarga dan sahabat. Dijamin ga bikin kamarmu terasa sempit.

Bersantai sambil duduk di kursi gantung rasanya menenangkan sekali. Nggak perlu khawatir kamar jadi sempit saat keluarga dan teman sedang berkumpul!

9. Rak baju besi yang sering kamu temui ini pun bisa dijadikan andalan sebagai pengganti lemari

Nggak usah lemari deh

Nggak usah lemari deh via cosmoplast.biz

Supaya nggak dibikin sumpek dengan lemari yang gede banget, kamu bisa lho pakai rai besi biasa ini untuk menggantung pakaianmu. Bahkan, kamu juga bisa menjadikannya rak sepatu di bagian bawahnya. Tetap rapi walau tanpa perlu banyak tempat~ Kini kakimu bisa selonjoran dengan lega.

10. Daripada ditumpuk, mending gantung topi-topi kesayanganmu di tembok. Sekalian bisa jadi hiasan dinding yang nggak kalah unik!

Gantung aja deh topinya

Gantung aja deh topinya via www.abeautifulmess.com

Punya banyak koleksi topi? Biar bentuknya tetap terjaga seperti baru, jangan ditumpuk di lemari. Agar ruanganmu lebih lega dan punya hiasan dindin yang unik, gantung topi-topimu di tembok aja. Barang kesayangan punya fungsi sampingan yang nggak kalah keren, kan?

11. Poleskan cat pada ladder yang sudah tak terpakai. Alih fungsikan sebagai tempat gantungan aksesoris yang hemat tempat

Tangga bisa jadi gantungan

Tangga bisa jadi gantungan via www.modernlook.com

Mau taruh aksesoris kesayangan kini nggak perlu bingung. Jika kamu punya tangga atau ladder yang nggak terpakai, manfaatkan! Supaya terlihat lebih apik, coba cat dengan warna kesukaanmu. Setelah kering, kamu bisa tempatkan ladder itu di mana saja, sesukamu. Topi, kalung, gelang, simpen di sana aja~

12. Ciptakan dekorasi meja kerjamu menjadi serbaguna. Barang yang penting, jam dinding, bahkan tanaman hijau bisa terjamah dalam satu jangkauan.

Meja serbaguna

Meja serbaguna via www.bloglovin.com

Supaya otak nggak dibuat panas karena kerjaan, coba kamu taruh tanaman hijau di dekatmu. Supaya pikiran cepat ter-refresh. Alat tulis yang kamu perlukan hingga jam dinding bisa kamu dapat dalam satu jangkauan. Inspirasi dekorasi ini bisa kamu contek, nih!

13. Jendela yang lebar bisa jadi tempatmu menaruh buku, tanaman, hingga cemilan kesayanganmu. Hemat ruangan dan buat kamarmu makin cantik~

Jendela yang bisa diandalkan

Jendela yang bisa diandalkan via johnsfutureposts.tumblr.com

Punya jendela yang lebar? Jangan sia-siakan begitu saja. Selain untuk jalur keluar masuknya udara, kamu juga bisa taruh buku, tanaman kecil dalam ruangan, sampai cemilanmu di tepiannya. Tumpukkan jadi keliatan lebih unik. Hemat tempat pun sudah jadi kelebihan mutlaknya. Hehehehe.

Dari 13 inspirasi untuk mendekor kamarmu jadi lebih luas, mana nih yang jadi pilihanmu, guys?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya