A: “Kamu belum mandi ya?”

X: “Udah kooook 15 menit yang lalu. Kenapa sih?!”

A: “Lah, tapi kok mukanya udah meleleh aja?”

Punya wajah berminyak itu banyak dilemanya. Di satu sisi dapat untung karena nggak gampang keriput dan mendukung awet muda, tapi kalau berlebihan juga menyumbat pori dan jadi sarang bakteri, alhasil kemunculan jerawat dan komedo pun nggak terbendung lagi.

Advertisement

Ada banyak cara untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah. Bagi yang cocok menggunakan terapi bahan-bahan alami, silakan. Tapi memang butuh waktu. Nah, berikut ini Hipwee tips bagikan cara instan yang bisa kamu terapkan agar wajahmu jauh dari minyak yang mengganggu. Hasilnya bisa kelihatan dalam waktu seminggu!

1. Gunakan pembersih wajah yang punya kandungan asam salisilat atau kandungan asam lain untuk membantu mengelupas sel kulit mati

pembersih wajah dengan asam salisilat via www.getgawjus.com

Coba cek produk pembersih wajahmu, pastikan ada kandungan asam salisilat, asam glikolat atau benzoil peroksida yang berperan sebagai antibakteri. Kandungan-kandungan ini juga mampu membersihkan pori-pori lebih dalam sehingga sel kulit mati yang menumpuk juga akan dikelupas lebih baik. Efeknya, kelebihan minyak di pori-porimu bakal berkurang.

2. Pilih pelembap yang bahan dasarnya air dan untuk mengendalikan produksi minyak dan bikin wajah tetap kenyal

pelembap gel via www.cosmo.ph

Setelah cuci muka, lapisan minyak akan tersapu bersih dan wajah jadi terasa kesat. Nah, kulit akan terpicu untuk memproduksi minyak jika kondisinya kering, Makanya, kamu tetap butuh pelembap meski kulitmu berminyak.

Advertisement

Pilih pelembap yang bentuknya gel dan berbahan dasar air, jangan yang krim atau losion. Pastikan formulanya ringan dan mencantumkan label oil free atau non comedogenic. Satu lagi,  yang mengandung Alpha Hidroxy Acid (AHA) seperti asam laktat atau asam glikolat.

3. Lakukan perawatan mingguan seperti scrubbing dan masker dengan bahan-bahan yang aman untuk kulit

scrubbing pakai bahan yang butirannya lembut via girlwithcurves.com

Untuk scrubbing: giling dan saring 2 sendok teh oatmeal kering, campurkan dengan minyak witch hazel hingga menjadi adonan kental. Pijat wajahmu menggunakan adonan ini dengan lembut, kemudian bilas bersih dengan air hangat.

Untuk maskernya: campurkan satu sendok teh madu dengan putih telur, aduk rata. Kemudian tambahkan tepung secukupnya agar membentuk adonan kental. Oleskan masker ke wajah, hindari daerah mata. Biarkan kering sekitar 10 menit kemudian bilas dengan air hangat.

4. Pilih produk kosmetik yang benar dan gunakan riasan tipis-tipis saja, jangan berlapis

nggak pakai makeup lebih bagus via dustygirls.com.au

Pilih produk kosmetik yang terbuat dari bahan mineral yang punya kemampuan untuk menjaga tampilan matte pada kulit. Selain itu, formulanya cenderung lebih ringan sehingga aman digunakan oleh jenis kulit berminyak. Hindari penggunaan riasan wajah yang berlapis karena bisa menyebabkan kulit semakin berminyak, apalagi saat cuaca panas. Kalau lagi butuh pakai alas bedak, gunakan tinted moisturizer yang terdiri dari pelembap dan foundation yang formulanya bebas minyak. Lebih bagus lagi kalau kamu PD untuk tampil tanpa makeup.

5. Perhatikan asupan makanan harian dan menjaga tingkat hidrasi kulit dengan cukup minum air putih

perhatikan asupan via www.livestrong.com

Konsumsi makanan dengan porsi seimbang, perbanyak sayur dan buah, juga dengan menjaga tingkat hidrasi kulit dengan minum cukup air putih setiap harinya. Hindari makanan-makanan yang mengandung minyak seperti gorengan, juga makanan olahan cepat saji. Ini sepele tapi pengaruhnya terhadap kulitmu juga besar.

Intinya, perlakukanlah wajahmu dengan perawatan yang baik lalu rasakan sensasi ketika kulit kemilau berminyakmu jadi bercahaya dan sehat, bukannya malah bikin boros tisu dan kertas minyak. Semoga berhasil ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya