Menjelang bulan puasa, rencana buka bersama alias bukber sudah mulai berdatangan. Mulai dari bukber kantor, teman kuliah, rekan di komunitas, teman SMA hingga teman pas zaman SD dulu, semua menyodorimu undangan acara buka bersama. Umumnya acara bukber hanyalah makan bersama di kafe dan ngobrol bebas. Foto-foto sebentar, lalu mulai berpamitan pulang. Tiap tahun kayak gitu, bosan juga ‘kan?

Padahal banyak cara agar bukbermu bisa jadi lebih menarik dan seru. Misalnya saja 6 alternatif di bawah ini. Nggak cuma bikin mendekatkan kembali hubungan dengan kawan-kawan lama, tapi juga bikin kamu pengen ngadain bukber mendatang secepatnya. Yuk simak!

1. Buat games seru selama acara. Biar suasana makin seru dan hangat

bikin games seru via www.pexels.com

Advertisement

Biar buka bersamamu terasa lebih seru, tentu kamu harus memikirkan bagaimana cara mencairkan suasana. Buka bersama bukan cuma melepas lapar dan dahaga setelah seharian berpuasa. Tapi juga kembali mempererat tali silaturahmi setelah sekian lama nggak berjumpa. Oleh karena itulah kamu butuh sedikit persiapan agar bukber kalian makin bermakna. Biar nggak monoton, kamu bisa menyelipkan games dalam rangkaian acara buka bersama. Tentu saja games yang bikin suasana cair. Kalau bisa makin mendekatkan hubungan kalian tentu lebih bagus. Misalnya olimpiade Uno Stacko atau kuis tebak kata. Pasti seru dan berkesan deh!

2. Mengawali bukber dengan nonton film juga asik. Sambil menunggu azan Magrib

Nonton bareng dulu

Kalau makan bersama adalah acara utama dari bukbermu nanti, kamu bisa menjadikan alternatif ini sebagai pilihan agar nggak bosan atau canggung saat menunggu waktu berbuka datang. Kamu dan teman-teman bisa ngadain nonton bareng sembari menunggu azan Magrib. Nggak perlu film-film panjang, film berdurasi 45-60 menit juga udah cukup kok, asalkan menarik untuk ditonton. Kamu juga bisa memutar kembali video-video kalian di masa lalu juga nggak kalah asyik. Kumpulkan bahannya dari sekarang ya!

3. Berburu kuliner yang unik-unik juga seru. Nyobain berbagai menu yang aneh bareng teman-temanmu

nyobain kuliner unik via www.pexels.com

Kalau kamu pengin ngadain bukber on the road, kamu bisa mengunjungi festival makanan atau pusat-pusat jajanan yang pasti akan muncul khusus di bulan Ramadan. Seperti di kampus-kampus, pasar tradisional, dan tempat umum lainnya. Sentra makanan seperti ini bisa kamu jadikan pilihan untuk bukber kali ini. Karena memang ada beberapa makanan atau takjil yang khusus hadir di bulan puasa. Nggak cuma satu, kamu bisa memilih berbagai macam kuliner unik yang ada di festival atau sentra jajanan pasar. Siap-siap kekenyangan!

4. Coba makan bersamanya dipindah ke panti asuhan. Sekalian beramal dan memupuk pahala bersama

Buka bareng anak yatim

Advertisement

Buka bersama bukan berarti harus di restoran, di sekolah, atau di kampus doang ya. Kamu bisa memilih untuk bukber di tempat lain, seperti di panti asuhan. Selain bukbermu lebih bermakna karena berbagi dengan anak-anak yatim, kebaikanmu ini tentu akan diganjar pahala berkali-kali lipat. Lebih dari itu, buka bersama di panti asuhan ini mungkin akan membuatmu lebih bersyukur dengan apa yang kamu punya. Dan tentunya kepuasan batin yang nggak bisa kamu ukur dengan harta đŸ™‚

5. Udah lama nggak ngumpul sama teman-teman satu kompleks? Buka bersama di masjid dekat rumah pasti menarik

Buka bareng di depan masjid

Kalau ngomongin bukber, pasti yang ada di ingatan kita adalah buka bersama teman sekolah atau teman kampus. Kita sering lupa kalau buka bersama dengan teman sepermainan juga bisa jadi pilihan. Dulu waktu masih kecil tentu kamu ingat gimana dekatnya hubunganmu dengan anak-anak kompleks yang seumuran. Tapi seiring dengan kesibukan masing-masing, kalian jadi jarang bertemu. Nah, momen Ramadan ini bisa kamu manfaatkan untuk memperkuat hubungan silaturahmimu dengan mereka. Kalian bisa mengadakan buka bersama di Masjid dekat rumah, lalu melanjutkannya dengan salat tarawih berjamaah. Keren ‘kan?

6. Bukber sekalian ngetrip bareng sudah pernah? Biar segar, datangi tempat-tempat yang kaya pemandangan alam sekalian piknik barengan

sambil ngetrip via www.pexels.com

Kalau kamu udah bosan buka bersama yang gitu-gitu aja, sesekali cobain bukber on the road. Biar semakin seru, pilih tempat yang belum pernah kamu datangi. Yang segar dan menyuguhkan pemandangan alam, biar sekalian piknik bareng teman-teman. Dengan begitu, kamu tak akan lupa untuk bersyukur karena masih diberi kesempatan untuk menjalani ibadah puasa. Untuk alternatif acara bukber ala piknik ini, tentunya kamu butuh banyak persiapan. Mulai dari bekal makanan untuk berbuka, sampai kendaraan.

Untuk teman perjalananmu, Yamaha Aerox siap jadi kendaraan yang dapat diandalkan. Bukan cuma desainnya yang super sporty dan cocok untuk kamu yang suka berpetualang, Yamaha Aerox ini juga dilengkapi berbagai teknologi yang membuat tarikannya lebih bertenaga sekaligus suara mesin lebih halus saat dikendarai. Nyaman banget pokoknya! Dan kamu nggak perlu khawatir kehabisan baterai ponsel saat temanmu mengajak bukber plus ngetrip di lokasi yang jauh. Karena Yamaha Aerox dilengkapi dengan Electric Power Socket yang bisa mengisi ulang daya baterai ponselmu. Bagasi motor pun besar, bisa menyimpan banyak barang. Ada warna Matte Silver dan Racing Yellow yang bisa dipilih. Nggak cuma sporty dan bikin kamu percaya diri, Yamaha Aerox bisa diandalkan untuk menemanimu ke acara bukber kapan pun dan di mana pun. Biar nggak penasaran, coba cek selengkapnya di sini.

Sporty abis!

Mumpung masih ada waktu, yuk siapkan bukbermu dari sekarang. Mulai dari atur jadwal hingga memilih alternatif bukber yang kamu inginkan. Semoga puasa tahun ini bisa sebulan penuh ya. Semangat!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya