Menghapus makeup adalah ritual wajib yang harus dilakukan untuk menghindari sumbatan pada pori-pori. Kalau bahan kimia pada foundation, concealer, bedak, blush on, dan kosmetik lainnya dibiarkan menempel, terutama menjelang tidur, siap-siap saja wajahmu bakal dihajar komedo dan jerawat kesokan harinya. Masalahnya, kadang kita suka lupa kalau kehabisan makeup remover atau lupa bawa pas lagi di luar rumah.

Tapi tenang, beberapa bahan ini bisa kamu gunakan untuk menghilangkan sisa makeup sebagai pengganti makeup remover atau cairan pembersih. Siapkan dan masukkan ke dalam tasmu, ya!

1. Tisu basah bayi dengan kandungannya yang aman dan lembut bisa kamu gunakan untuk membersihkan sisa makeup

tisu basah bayi via www.masterfile.com

Advertisement

Salah satu cara yang cepat dan praktis untuk mengangkat sisa makeup selain dengan cairan pembersih adalah menggunakan tisu basah bayi. Teksturnya yang lembut nggak akan bikin wajahmu iritasi selama kamu nggak menggosoknya terlalu keras. Kemasannya juga simpel dan praktis dibawa kemana-mana. Tapi pastikan dulu tisunya nggak mengandung alkohol ya!

2. Kamu yang wajahnya kering, gunakan minyak zaitun untuk membersihkan sisa makeup sekaligus melembapkan kulitmu

pakai minyak zaitun via www.nivea.co.uk

Minyak zaitun memang multifungsi banget khususnya untuk menangani permasalahan kulit. Selain kandungannya yang melembapkan dan menghaluskan, minyak zaitun juga ampuh bersihkan sisa makeup yang menempel di wajah. Minyak zaitun jadi pilihan yang tepat buatmu yang kulit wajahnya kering. Tinggal usapkan minyak zaitun di wajah yang akan dibersihkan, lalu angkat dengan kapas lembut sebelum mencuci muka.

3. Produk bayi yang juga ampuh mengangkat sisa makeup adalah baby oil. Bahkan waterproof makeup sekalipun

baby oil via blushybabe.com

Kandungan minyak dalam baby oil ampuh melunturkan makeupbahkan yang waterproof sekalipun langsung hilang dengan satu hingga dua kali usapan. Tinggal oles dan gosok perlahan pada wajah, setelah itu cuci bersih wajah dengan sabun muka andalan. Gunakan baby oil dengan bahan alami dan nggak mengandung parfum, ya!

4. Selain minyak zaitun, minyak esensial yang bisa jadi alternatif pengganti cairan pembersih adalah minyak kelapa

minyak kelapa via loveandcupcakesblog.com

Advertisement

Minyak kelapa bisa dibilang jadi alternatif agen pembersih wajah yang populer. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Tinggal tuangkan pada telapak tangan, lalu pijat pada wajah hingga sisa makeup-nya luruh, lalu cuci wajah dengan sabun seperti biasa.

5. Menguapi wajah dengan air hangat juga mampu membuka pori-pori sehingga sisa makeup lebih mudah dibersihkan

menguapi wajah via www.organicauthority.com

Uap air hangat akan membuat pori-pori wajah terbuka, sehingga makeup yang membandel bisa lebih mudah terangkat. Caranya mudah, siapkan baskom berisi air hangat. Lalu dekatkan wajahmu pada baskom agar terkena uapnya. Setelah itu, cuci wajahmu dengan sabun wajah. Tanpa harus menggosok kuat-kuat, makeup di kulit wajah akan lebih mudah terangkat. Setidaknya nggak mengendap di pori-pori lah ya~

6. Percaya atau nggak, ternyata susu juga bisa menghapus sisa makeup yang ramah di kulit wajah lo!

Susu nggak hanya membersihkan makeup di permukaannya saja, tapi juga bisa meresap dan membersihkan pori-pori kulit. Cara mengaplikasikannya gampang banget, celupkan kapas pada susu tawar segar, peras sedikit, lalu oleskan dan gosok perlahan pada wajah. Protein, asam lemak dan antioksidan pada  susu akan menghilangkan kotoran dari dalam, membuka sumbatan pori-pori, dan melembapkan kulit.

Beberapa bahan alternatif pengganti makeup remover atau cairan pembersih di atas bisa kamu sediakan dan simpan di tas agar bisa dipakai kapan pun dibutuhkan. Meski nggak seampuh cairan pembersih yang biasa kamu pakai, setidaknya pori-pori wajahmu nggak tersumbat. Semoga bermanfaat, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya