Duh males keluar buat belanja! Jastip aja apa ya?

Di jaman di mana semua serba online seperti sekarang, jasa titip beli online atau yang hits dikenal sebagai usaha jastip adalah peluang bisnis yang menjanjikan. Cukup bermodal kuota dan smartphone kamu bisa membuka jasa titip beli di media sosial Instagram. Selain tidak membutuhkan modal yang besar, peluang bisnis ini juga mudah dijalankan bahkan oleh seorang mahasiswa sekalipun. Meskipun begitu kamu nggak bisa sembarangan menjalankan usaha jasa titip online! Ada tips dan triknya seperti yang telah Hipwee Sukses rangkum berikut.

1. Sebelum menjalankan usaha, kamu harus menentukan jenis barang yang ingin dijual. Mau fashion item, barang dari luar, bebas!

jastip produk fast fashion – Photo by @jasatitip.sinyonya via www.instagram.com

Advertisement

Sebelum membuka bisnis jastip, lakukanlah riset pasar terlebih dahulu untuk memilih jenis barang atau brand apa yang sekiranya menguntungkan untuk dijual. Kamu bisa menjual satu atau beberapa jenis barang sekaligus. Jenis barang yang ramai dijual oleh jasa titip online biasanya adalah produk fast fashion, makeup, skincare, oleh-oleh impor dan perabotan rumah tangga.

2. Nah kalau udah tahu mau jastipin apa, jalin kerjasama dengan beragam store sebagai penyedia barang. Siapa tahu dapet ‘harga lebih murah’

jalin kerjasama dengan store via www.japantimes.co.jp

Sebaiknya kamu menjalin kerjasama dengan gerai atau brand tempat kamu membeli produk untuk mendapatkan informasi promo ataupun stok barang. Menjalin koneksi dengan gerai akan mempermudahmu dalam melakukan pembelian karena kamu bisa me-lobby gerai untuk memproritaskan stok produk untuk jastipmu agar kamu tidak harus berebutan dengan pembeli lain.

3. Jangan lupa untuk mengatur jadwal belanja serta waktu pengiriman produk. Biar nggak keteteran pas pesanan membludak

waktunya belanja – Photo by @trusted_aman via www.instagram.com

Dalam membuka usaha jastip, kamu harus multitasking dan pandai mengatur waktu kapan harus berbelanja, mengemas produk dan mengirim produk. Jangan sampai pengemasan dan pengiriman produk terbengkalai atau kamu telat membelanjakan pesanan dari pembeli. Karena hal tersebut mempengaruhi penilaian dan kepuasan mereka.

Advertisement

Ingat kan dengan istilah pembeli adalah raja~

4. Pas waktu senggang, rajin-rajinlah mencari promo dan mengikuti perkembangan produk terbaru

jangan sampai ketinggalan sale – Photo by @jastipsbytermurah via www.instagram.com

Dalam menjalankan usaha jastip, kamu dituntut untuk selalu up-to-date dengan persediaan produk karena perputaran barang yang cepat dan tren yang selalu berganti. Jangan sampai ketinggalan informasi jadwal promo karena itu adalah peluang besar untuk menarik permintaan pembelian yang tinggi dari mereka.

5. Menjalin hubungan baik dengan pembeli itu perlu lho. Salah satu caranya dengan menempatkan kepuasan mereka di urutan nomer 1!

mencarikan pesanan customer – Photo by @little.patt via www.instagram.com

Kunci kesuksesan usaha jastip adalah kepercayaan dan kepuasan pembeli. Mengutamakan pelayanan kepada pembeli adalah hal yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh kepercayaan mereka. Misalnya, nggak ada salahnya kamu melayani permintaan pembelanjaan produk dari pembeli di luar jenis produk atau merek yang kamu unggah di media sosial.

6. Manfaatkan kekuatan media sosial untuk promosi jastipmu. Lumayankan nggak perlu endorse sana-sini yang nggak perlu~

promosi di Instastory – Photo by @miniso.yuk via www.instagram.com

Untuk menarik lebih banyak calon pembeli, kamu harus gencar melakukan promosi di media sosial. Cara paling gampangnya adalah dengan mengoptimalkan penggunaan hashtag dalam setiap unggahan foto produkmu dan memanfaatkan fitur Instastory dan sponsored content yang disediakan oleh Instagram.

Gampang banget kan? Tunggu apa lagi, daripada sering belanja tapi malah jadi pemborosan manfaatkan hobi belanjamu untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah! Gimana, tertarik untuk mencoba?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya