7 Dampak Negatif Dari Pemakaian Krim Malam. Yakin, Masih Mau Langganan?

Awalnya, kita hanya tahu bahwa krim malam adalah ‘dewa’ yang bisa mempercantik dan menghilangkan bekas jerawat di muka. Tapi, nggak gitu lho ternyata…

Advertisement

Krim malam mengandung bahan-bahan kimia yang dipromosikan dapat membuat kulitmu tampil sempurna. Steroid misalnya, dipercaya dapat membuat wajah mulus dan kinclong dengan cepat. Hidroquinon membuat wajah lebih cerah sementara retinol acid untuk melawan kerutan. Banyak pula kandungan zat lain yang memiliki segudang manfaat untuk kulit. Pabrik kosmetik pun gencar mengiklankan krim malam dan mempengaruhi konsumen dengan membeberkan sejumlah kebaikan yang akan didaparkan dengan pemakaian krim malam secara rutin.

Beginilah fakta dari krim malam yang sesungguhnya…

1. Bukannya bikin kulitmu tampak manis, krim malam malah menjadikannya kisut dan menipis

Kulitmu terasa tipis

Kulitmu terasa tipis via livestrong.com

Secara genetis beberapa orang memang memiliki kandungan hipersensitif (mudah alergi) terhadap kandungan tertentu dalam produk kecantikan, termasuk krim malam. Penipisan kulit terjadi hingga kapiler darah tampak di wajah. Untuk menyembuhkannya akan butuh waktu yang lama dan juga ketelatenan.

Advertisement

2. Garis-garis yang tampak seperti stretchmark, kadang juga bisa menyeruak

Stretchmark gini bisa muncul di wajah juga?

Stretchmark gini bisa muncul di wajah juga? via divinecaroline.com

Stretchmark tidak hanya muncul setelah melahirkan, namun garis-garis putih yang tampak mirip sekali dengan stretchmark juga dapa tmuncul akibat penggunaan krim malam. Garis-garis yang tampak seperti stretchmark ini juga akan mengurangi percaya dirimu, apalagi terlihat jelas di kulit muka. Hiiiiii…

3. Pipimu pun akan terlihat kemerahan, bukan karena efek blush on tapi karena mulai timbul permasalahan

Pipi kemerahan

Pipi kemerahan via netdoctor.co.uk

Rona kemerahan pada pipimu timbul akibat adanya pelebaran kapiler pembuluh darah. Tampaknya seperti urat-urat pink halus yang ada di kulit, bukannya makin cantik tapi wajahmu akan terlihat makin aneh. Orang-orang akan langsung tahu bahwa kulit putihmu bukan asli, tapi hasil penggunaan krim wajah.

4. Bercak merah seperti gigitan nyamuk juga muncul di wajah, kemudian semakin parah

Lihat ada bercak merahnya nggak?

Lihat ada bercak merahnya nggak? via livestrong.com

Warnanya merahnya lebih tajam dibandingkan gigitan nyamuk dan dari kejauhan bisa jadi malah dianggap jerawat-jerawat kecil oleh orang lain. Niatnya pengen dapet kulit halus cemerlang dengan memakai krim malam, wajahmu malah jadi lebih nggak enak dipandang.

Advertisement

5. Niatnya pakai krim malam buat ngilangin jerawat, tapi malah muncul berkali-kali lipat

Jerawat malah muncul :(

Jerawat malah muncul 🙁 via acnescar-removal.com

Jika sudah seperti begini, berarti krim malam yang kamu pakai tidak cocok. Lekas ganti, atau konsultasikan dengan dokter!

Karena bahan yang terkandung dalam krim malam tidak cocok di kulitmu, jerawat beneran justru muncul makin banyak. Ada juga yang mengatakan bahwa kelainan kulit ini hanya menyerupai jerawat saja dan sebenarnya bukanlah jerawat yang biasanya muncul di wajahmu.

6. Pertumbuhan bulu-bulu di kulit tak bisa di cegah, krim malam membuatnya makin merajai wajah

Ada bulu tumbuh di wajahmu?

Ada bulu tumbuh di wajahmu? via popsugar.com

Bulu-bulu akan tampak di kulit wajahmu, salah satu penyebabnya mungkin karena kulit wajahmu semakin menipis jadi bulu-bulu di wajahmu akan tampak. Kamu rela muncul bulu-bulu di wajahmu dan mengganggu penampilanmu? Kalau krim malam malah bikin repot sepertinya kamu harus mulai mengurangi, bahkan meninggalkannya.

7. Hati-hati! Krim malam juga bisa menimbulkan peradangan kulit di sekitar mulut

awas! kulit bibirmu meradang

awas! kulit bibirmu meradang via chinaglazelover.blogspot.com

Kalau yang ini harus benar-benar hati-hati, peradangan kulit bukan permasalahan kulit yang gampang diselesaikan. Apalagi kalau peradangan itu terjadi di sekitar mulut, kamu akan membutuhkan pengobatan dan perawatan ekstra pada kulitmu setelahnya.

Kamu tidak wajib percaya dengan artikel ini. Tapi setidaknya pertimbangkan, bahwa kulit wajahmu juga tak boleh luput dari penjagaan

sebaiknya sih hati-hati

sebaiknya sih hati-hati via wisebread.com

Kira-kira, beginilah trik sederhana agar krim malammu itu tak menimbulkan dampak negatif :

  • konsultasikan dulu dengan dokter. Paling tidak, kamu jadi tahu permasalahan apa saja yang ada di wajahmu. Misalnya; jerawat, kulit kusam, komedo berlebihan atau keriput dini
  • untuk menjajal seberapa tingkat alergimu, coba oleskan krim malammu di belakang telinga terlebih dahulu. Jika terasa panas atau gatal, buang dan langsung tinggalkan!
  • mahal bukan jaminan. Sekali cocok dengan satu krim malam, sebaiknya jangan ganti dengan yang lain
  • jangan sampai kamu ketergantungan! ‘latih’ kulitmu untuk cantik secara alami tanpa krim, melainkan pola makan dan hidup yang sehat

Dampak buruk yang ditimbulkan krim malam ini paling banyak disebabkan oleh kandungan steroid yang sebenarnya digunakan untuk pengobatan ruam, eksim, dan dermatitis. Namun yang perlu digaris bawahi adalah penggunaannya yang tidak boleh dilakukan dalam waktu yang lama, paling lama hanya 3 bulan saja.

Sejauh ini juga belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan kalau krim malam bisa memberkan kebaikan pada kulitmu. Lagipula harganya juga cukup mahal dan menguras kantongmu ‘kan? Hati-hati saja ya, Mbak…

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Ceritagrammer

45 Comments

  1. Jadi kira-kira yang bahaya itu krim malam-nya atau kandungan hydroquinone, steroid, dkk ya?
    Untung selama ini belom pernah bermasalah ya pakai krim pelembab wajah yang buat malam hari.

  2. Achie Doenat berkata:

    Terus kalo krim malamnya dari klinik kecantikan juga bahaya, Mbak? Sebelumnya kan konsul dulu sama dokter dan resep dari dokter ada krim malamnya. Gimana tuh?

  3. Ima Yudiyanti berkata:

    Dari dokter apa iyaa kandungan yg bahaya itu ada? Hmm

  4. Pantes ya jerawatku gk sembuh2..,awal2nya sih bagus tpi smkin kesini smlin bnyak jerawat..padahal resep dokter lho..

  5. yang penting pas tidur itu gak ada bahan kimia apapun menempel di muka, biar kulit bisa napas dan istirahat dari polusi udara..

  6. Deara berkata:

    Justru setau saya krim malam itu investasi masa depan, karena krim malam memberikan nutrisi pada kulit, ya bukan krim malam saja, tapi serangkaian perawatan kulit lainnya, yang salah adalah krim malam yang mengandung bahan-bahan berbahaya seperti yang disebutkan di atas. Kita ga bisa men-generalisasi semua krim malam itu sama, kandungannya saja sudah beda satu sama lain, beda peruntukannya untuk jenis kulit dan usia. Part terakhir juga seperti mengajak perempuan untuk tidak membeli krim malam karena harganya mahal. Disini mahal murahnya relatif, tapi sebenarnya produk lokal di Indonesia (tentunya yang sudah mengantongi nomor izin resmi dari BPOM), dan yang saya tahu ada banyak yang harganya murah-murah, bahkan 10ribu juga ada kok. Saran saya adalah buatlah tulisan yang memberikan memberikan manfaat dan dampak positif, karena bagaimanapun tidak semua orang memiliki kulit yang sehat, dan sesehat apapun kulitmu, ga ada salahnya memberi asupan dari luar tubuh berupa krim malam.

  7. tulisan ini kok kesanx mlh nakut2in sih?!�

  8. Ini penulisnya baru ya? Atau nggak ngerti pilar “netral” di media massa?
    Mbak, tulisan anda dibaca banyak orang. Namun tendensi tulisannya negatif sekali dan terlalu menggeneralisasi. Anda tidak punya sumber referensi ilmiah, tidak punya pendapat ahli, tidak punya bukti pendukung selain emosi anda sendiri. Sebaiknya jika sedang emosi, tulis hal negatif seperti ini di blog anda sendiri.

  9. Komaria Oxytera berkata:

    Saya pun merasa demikian mba. Seperti pengalaman pribadi. Yg paling tepat adalah mengkonsultasikan dan pilih krim malam yg sesuai usia dam betul” sesuai dgn kondisi wajahnya

  10. Randy berkata:

    Bodoh bener ini yang bikin artikel.

CLOSE