Selama ini kamu nggak semangat belajar karena sering merasa suntuk dan bosan? Kali ini, Hipwee Tips akan bocorkan trik untuk mengubah kegiatan belajarmu menjadi lebih menyenangkan dan nggak membosankan ala tren studyblr. Studyblr adalah tren yang berasal dari media sosial tumblr di mana penggunanya membagikan foto kreasi catatan belajar mereka yang sudah dihias sedemikian rupa dengan indah dan estetik. Kita bisa belajar sekaligus mengasah kreativitas dengan membuat catatan ala studyblr.

Penasaran gimana caranya? Yuk simak!

1. Nggak cukup hanya dengan memakai alat tulis biasa, ini alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat catatan studyblr

alat-alat yang dibutuhkan via spaceonthird.com

Advertisement

Alat tulis yang biasa digunakan untuk membuat studyblr yang menarik di antaranya adalah spidol berwarna, beberapa brush pen dengan ketebalan yang berbeda, dan stabilo. Sebagai medianya, kamu bisa menggunakan kertas binder biasa maupun graph paper atau kertas kotak-kotak, lebih bagus lagi jika kamu menggunakan notebook polos tanpa garis agar kamu dapat lebih leluasa mengkreasikan catatanmu.

2. Buatlah rangkuman berisi poin-poin dengan menggunakan teknik handwriting dan lettering

menulis poin-poin dengan lettering via gruporivas.com.mx

Rangkumlah terlebih dahulu materi yang akan kamu catat lalu tulislah dalam bentuk poin-poin serta penjelasan ringkas. Kreasikan font judul tulisan menggunakan teknik handwriting dan lettering, lalu highlight dengan warna yang berbeda menggunakan pulpen atau stabilo.

3. Buatlah grafik atau ilustrasi sederhana untuk melengkapi penjelasan di catatanmu

ilustrasi sederhana via www.seventeen.com

Biar catatanmu nggak monoton dan membosankan, sebaiknya jangan menulis materi dalam paragraf panjang namun tulislah menjadi penjelasan-penjelasan singkat yang bisa kamu bagi ke dalam beberapa bubble, lalu jelaskan masing-masing bubble menggunakan ilustrasi sederhana.

4. Kreasikan dengan kertas berwarna atau sticky notes agar catatanmu semakin berwarna

makin berwarna dengan sticky notes via rebloggy.com

Advertisement

Untuk menambah variasi hiasan, kamu bisa menempelkan kertas post-it atau sticky notes. Dijamin deh catatanmu akan terlihat bagus dan lebih enak dibaca!

5. Gambarlah sketsa atau gambar doodle sederhana dengan spidol agar catatanmu semakin menarik

lebih menarik dengan doodle via www.serylittlenotes.com

Kamu bisa belajar sambil mengembangkan kreativitasmu dengan menambahkan gambar pada catatan. Nggak perlu bagus-bagus, sketsa kasar atau doodle sederhana pun sudah cukup.

6. Kalau nggak jago gambar, kamu bisa menambahkan aksen pemanis seperti washi tape atau stiker lucu

tambahkan sticker lucu via www.paperlovestory.com

Ingin menghias catatan tapi nggak jago gambar? Tenang, masih banyak pilihan lain yang bisa kamu gunakan untuk menghias catatanmu. Kamu bisa menempelkan stiker-stiker lucu dan washi tape atau selotip warna-warni di halaman buku catatanmu.

7. Tambahkan foto atau gambar visual yang menarik untuk mempermanis catatanmu

tambahkan foto via emmastudies.com

Foto merupakan salah satu elemen yang bisa kamu tambahkan untuk mempercantik catatan secara visual. Hanya dengan ditempel foto, catatanmu akan terlihat lebih menarik dengan instan. Kamu tak perlu repot-repot lagi menambahkan aksen lain biar catatanmu nggak terlihat terlalu ramai.

Membuat catatan yang menarik memang butuh usaha ekstra, namun akan sebanding dengan manfaat yang kamu dapatkan nantinya. Selain jadi lebih semangat belajar, kamu akan lebih mudah untuk menyerap materi pelajaran karena catatanmu terlihat rapi dan lebih tertata.

Mulailah dulu untuk menghias catatanmu dengan sederhana, semakin sering mencoba, kamu akan semakin terbiasa. Jangan paksakan diri untuk membuat catatan semenarik mungkin tapi ujung-ujungnya malah nggak dibaca 🙁

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya