Punya grup di Whatsapp itu penting-nggak penting, sih. Di satu sisi memudahkan kita untuk bertukar informasi seputar hal-hal penting di grup. Tapi di sisi lain, kadang-kadang notifikasinya ganggu banget. Dikit-dikit bunyi, dikit-dikit getar, justru bikin ponsel lemot dan ngedrop. Ya nggak?

Lalu gimana ya cara mengantisipasi masalah yang bikin dilema ini? Biar tetap eksis, nggak dicela grup gara-gara keluar dari ‘gang’, dan yang paling penting biar kita juga nggak terganggu. Nggak usah bingung, Hipwee Tips bakal bagi-bagi solusinya. Nih!

1. Daripada pusing ngurusin hal yang nggak penting, mending diam dan nggak usah nanggepin

Advertisement

Ini trik pertama yang bisa kamu lakukan kalau kamu merasa terganggu dengan aktivitas di grup WhatsApp. Caranya, diam aja. Setiap ada topik pembicaraan, acuhkan aja. Kalau ditanya dan disapa, biarin aja. Intinya kamu pura-pura nggak respon dalam keadaan apapun.

Anggota grup akan mengira nomor kamu nggak aktif. Dan akhirnya, kamu akan ‘didepak’ dari grup karena dianggap menuh-menuhin grup. Hahaha.

2. Matikan notifikasi dari grup WhatsApp yang ganggu, bodo amat deh kalian mau ngomong apa

mute aja notifikasinya

mute aja notifikasinya via 1.bp.blogspot.com

Plis deh, jangan gaptek! WhatsApp punya fitur untuk menonaktifkan notifikasi atau mute notifikasi. Cukup aktifkan opsi ini hingga setahun ke depan (HAHA.. kelamaan ya?). Yakin deh, kamu nggak akan terganggu lagi. Notifikasi di Action Centre pun ikut nonaktif, sehingga kamu aman dari gangguan namun masih tetap dengan nomor lama WhatsApp.

3. Sesekali resetlah HP-mu, ini bisa jadi alasan untuk keluar karena “handphone rusak”

reset aja HP kamu

reset aja HP kamu via www.zopini.com

Advertisement

Agak serem juga sih nge-reset HP, tapi ini jadi cara yang juga ampuh biar kamu terbebas dari berisiknya grup WhatsApp. Saat nge-reset HP, biasanya ‘kan aplikasi pada hilang, termasuk WhatsApp. Nah, grup-grup akan muncul kembali saat kamu install ulang WhatsApp (nangis), eh tapi semua percakapannya kehapus, haha.

Ini waktu yang tepat untuk keluar dari grup! Kalau ditanya, bilang aja HP kamu habis rusak. Beres ‘kan?

4. Transfer nomor efektif banget nih, silakan ngoceh sepuasnya, toh nomornya juga beda!

transfer nomor

transfer nomor via i.ytimg.com

Cara keluar dari grup WhatsApp berikutnya adalah dengan opsi transfer nomor. Gimana tuh? Cukup masukkan nomor WhatsApp lama kamu, lalu nomor tujuan WhatsApp yang akan menerima transfer dari nomor lama, dan selamat kamu sudah keluar dari grup WhatsApp yang bising dan berpindah ke nomor baru yang nggak dipakai.

5. Ngerjain admin aja, caranya? Siapin nomor sebanyak-banyaknya!

punya banyak nomor

punya banyak nomor via mopho.stanford.edu

Musuh terbesar saat kita mau keluar dari grup adalah adminnya yang rese. Kadang-kadang saat kita sudah keluar dari grup WhatsApp yang ramai itu, adminnya suka kepo. Dan setelah di cek, ketahuan deh kalau kita udah keluar. Akhirnya, nomor lama WhatsApp kita itu ditarik lagi, yang artinya kita kembali terganggu dengan notifikasi. huh, bete.

Nah, begini solusnya, siapkan nomor cadangan sebanyak-banyaknya. Lakukan transfer nomor seperti tips sebelumnya. Setiap kali sukses dengan satu nomor baru, umumkan di grup WhatsApp kalau kita ganti nomor. Begitu seterusnya sampai dipastikan nomor lama kita sudah nggak diingat lagi, barulah kita aktifkan lagi nomor utama kita itu di WhatsApp. Simpel!

6. Ganti nomor jadi solusi yang paling benar! Asal pinter jaga rahasia aja sih..

rahasiakan nomor baru kamu

rahasiakan nomor baru kamu via susielindau.files.wordpress.com

Ini adalah cara keluar dari grup WhatsApp yang paling sederhana. Cukup dengan hapus WhatsApp, instal ulang, lalu registrasikan nomor baru, aman deh. Dijamin dengan cara ini grup WhatsApp yang bising dan ramai nggak bakal terdengar lagi. Asal kamu nggak usah cerita-cerita tentang nomor barumu, member grup nggak bakal curiga.

Cukup share nomor baru kamu ke teman-teman yang nggak berisik aja.

7. Kalau grup WhatsApp kamu ganggu, gangguin balik!

jadi orang nyebelin aja!

jadi orang nyebelin aja! via thoughtcatalog.files.wordpress.com

Cara yang ini butuh sedikit akting dan kesabaran nih. Coba aja kamu jadi orang yang paling bawel dan iseng di grup. Kamu bisa posting foto tiap hari, posting berita-berita nggak penting, aktif balesin chat, atau pokoknya kamu harus akting jadi orang yang paling nyebelin se-grup WhatsApp-mu.

Dengan cara ini, kamu bakal di blacklist dari grup dan si admin bakal nge-cut kamu keluar dari grup deh. Selamat sekali lagi, ya!

8. Nggak mau ribet? Uninstall WhatsApp terus pindah aplikasi aja lah

uninstall aja lah!

uninstall aja lah! via www.wired.com

Jika semua cara di atas mental dan nggak juga menyelamatkan kamu dari kebisingan grup WhatsApp, solusi terakhir adalah pindah aplikasi! Jangan gaptek lagi, sekarang ini banyak banget aplikasi instant message yang bisa kamu pakai.

Nggak jarang fiturnya melebihi WhatsApp. Lagipula, rata-rata pengguna smartphone meng-install lebih dari satu macam aplikasi instant message, kok.

Jadi gimana? Mau pakai cara yang mana dulu nih? Semoga harimu nggak terganggu lagi dengan keberisikan grup WhatsApp, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya