8 Masker Rumahan yang Bisa Kamu Buat Sendiri dan Ampuh Membuatmu Tampak Cantik Alami

Memanjakan diri dengan facial mask atau facial di salon memang jadi andalan saat kepenatan datang. Selepas melakoni aktivitas satu ini wajah jadi tampak lebih segar dan kulit pun terlihat lebih bersinar. Tapi namanya juga perawatan di salon — kulit sih senang tapi diam-diam dompet mulai menangis dalam diam.

Advertisement

Karena menyadari bahwa perawatan di salon tidak ramah untuk pengeluaran sehari-hari, di sini Hipwee sudah kumpulkan masker-masker wajah mudah yang bisa kamu buat sendiri. Murah, gampang, dan yang pasti bisa membuat wajahmu tamak cantik alami.

1. Katakan:  “selamat tinggal  jerawat!” karena kamu bisa membuat masker “pengusir” jerawat dengan cuka apel dan bentonite clay yang mudah.

masker dengan cuka apel dan bentonil dapat membersihkan jerawat

masker dengan cuka apel dan bentonil dapat membersihkan jerawat via hennablogspot.com

Kalau bisa mengusir jerawat sendiri kenapa harus repot-repot ke salon? Ternyata cara membuat masker anti jerawat ini mudah kok. Yang perlu kamu siapkan: 2 sendok makan sari cuka apel dan 2 sendok makan bentonite clay (tanah liat bentonit). Lalu, campur sampai rata dan tak ada gumpalan. Jangan kagetnya, masker akan bertekstur seperti tanah liat. Oleskan masker pada wajah, hindari daerah mata dan biarkan kering selama 10-20 menit, lalu bilas bersih dengan handuk dan air hangat. Tapi, jika kamu punya kulit yang sensitif tak perlu 10-20 menit kamu bisa langsung membilasnya.

Mungkin kamu masih asing dan bertanya-tanya, apa sih bentonit itu? Jadi, bentonit adalah produk dari letusan gunung berapi dan terbentuk dari proses pelapukan abu vulkanik. Meski begitu, bentonit digunakan juga untuk kosmetik. Manfaatnya untuk kulit pun banyak, yaitu: menarik kotoran dan racun dari kulit, menyembuhkan dan re-generasi jaringan kulit, mengurangi tampilan pori-pori, mencegah komedo, mengobati jerawat, meratakan warna kulit dan membuat kulit terasa lembut dan bercahaya. Gimana? Mudah ‘kan? Lebih hemat lagi!

Advertisement

2. Bahannya mudah didapat dan murah meriah. Cobalah masker campuran pala, madu dan kayu manis untuk kulit wajah yang segar dengan sensasi rempah

bubuk pala menghasilkan efek scrub pada masker

bubuk pala menghasilkan efek scrub pada masker via www.delightfully-tacky.com

Pala dan madu ternyata punya kegunaan yang tak main-main lho untuk kesehatan kulit. Kombinasi pala dan madu dapat membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada kulit, memudarkan bekas jerawat, menghaluskan dan melembabkan kulit. Selain dengan madu, campuran pala dan kayu manis ternyata dapat meremajakan kulit wajah kamu lho. Nah, manfaat-manfaat itu akan membuat kulit wajahmu menjadi lebih segar dan halus.

Cara membuat masker ini mudah kok. Kamu hanya perlu menyiapkan: 2 sendok makan madu, 1 sendok teh kayu manis dan 1 sendok teh pala. Setelah itu campur rata, dan masker pun siap digunakan. Oleskan masker dengan merata dan diamkan selama 30 menit. Setelah kering, bilaslah dengan air hangat sambil usap dengan gerakan melingkar agar sel-sel kulit mati ikut terangkat. Tak sulit ‘kan mendapat wajah yang halus dan segar? Bahannya juga mudah didapat dan harganya sangat terjangkau.

3. Tak perlu krim-krim pemutih atau pencerah wajah. Asal rutin menggunakan masker madu dan jeruk kulitmu akan cerah alami. Mudah kok, coba yuk!

kulit wajah nanlembut berasal dari madu dan jeruk via zehoney.com

Untuk mendapat wajah cerah tak perlu dengan masker wajah berharga fantastis lho. Kamu cukup menyiapkan madu dan air perasan jeruk saja. Campurkan 3 sendok makan air perasan jeruk dan 1,5 sendok makan madu. Oleskan pada wajah dan biarkan sekitar 60-70 menit. Lalu bilas dengan handuk lembut dan air dingin. tara! wajahmu pun akan terlihat cerah dan bersinar.

Advertisement

4. Kulitmu berminyak? Rajin-rajinlah pakai masker alpukat dan putih telur biar jauh-jauh dari kulit berminyak

yuk coba! yang mau bebas minyak di wajah

yuk coba! yang mau bebas minyak di wajah via urglamour.com

Kamu pasti sudah sering mendengar tentang manfaat-manfaat alpukat untuk masalah kecantikan. Kebanyakan ekstrak alpukat digunakan untuk bahan lotion dan masker rambut. Selain sensasi aromanya yang menyegarkan, alpukat juga bisa membantu kamu mengatasi masalah kulit wajah yang berminyak.

Cara membuat masker wajah menggunakan alpukat mudah kok, siapkan 1 buah alpukat (ambil daging buahnya lalu tumbuh halus), 1 putih telur dan 1 sendok teh air perasan lemon. Masukkan semua bahan kedalam mangkok dan aduk rata. Oleskan masker keseluruh bagian wajah kecuali area mata ya, dan diamkan selama 20 menit. Kamu pun akan mendapat wajah yang lembab tanpa minyak.

5. Sensasi segar dan kulit ternutrisi dengan masker mentimun yang super gampang dibuat sendiri

susu dan mentimun adalah kombinasi yang layak dicoba untuk memberi kesan rileks pada wajah

susu dan mentimun adalah kombinasi yang layak dicoba untuk memberi kesan rileks pada wajah via fashions-360.blogspot.com

Manfaat mentimun tak sebatas lalapan saja, dia punya manfaat yang tak kalah penting untuk kulit wajah. Kamu bisa membuat masker dari sayuran yang murah meriah ini. Masker mentimun berguna untuk menyegarkan kulit wajah dan menutrisi kulit dengan kandungan airnya yang berlimpah. Yang perlu kamu siapkan untuk membuat masker mentimun ini: 1 buah mentimun, 1,5 sendok makan yogurt, dan 1 sendok makan susu bubuk. Pertama-tama, kupas mentimun, cuci bersih dan potong dadu kecil.  Masukan potongan mentimun, yogurt dan susu bubu ke dalam blender. Lalu, blender sampai halus.

Sebelum dioleskan kewajah, pastikan kamu sudah membersihkan wajah dulu dan mengeringkannya. Setelah wajah benar-benar sudah kering, barulah masker mentimun siap dioleskan. Ingat ya jangan sampai ke area mata. Biarkan masker mengering selama 10-15 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air dingin. Selain menambah sensasi segar di wajah setelah menggunakan masker mentimun, air dingin juga mampu mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit wajah.

6. Tak hanya bisa dibuat jus dan smoothie, strawberry juga bisa jadi masker yang menyegarkan kulit dan membantu mengurangi minyak-minyak membandel

sensasi lembutnya strawberry dan segar aromanya, membuat wajah segar

sensasi lembutnya strawberry dan segar aromanya, membuat wajah segar via sehatcantikan.blogdetik.com

Cara membuatnya super mudah, kamu hanya perlu menyiapkan 1 kotak strawberry dan 1 sendok makan madu. Pertama, bersihkan dulu strawberry. Lalu masukan strawberry dan madu kedalam blender, lalu hancurkan sampai rata. Pemakaian madu untuk masker ini opsional. Kamu bisa menggunakannya, boleh juga tidak. Setelah tercampur rata, masker siap dioleskan. Tunggu sampai 20-30 menit.

Selain aromanya yang menyegarkan, strawberry juga punya khasiat lain, yaitu membantu mengontrol minyak diwajah. Madu yang menjadi campuran untuk masker ini juga memiliki peran yang penting lho. Madu bisa menjadi antiseptik dan antibakteri. Madu juga membantu mengurangi peradangan dan merangsang penyembuhan luka, melembabkan kulit kering dan mengurangi noda pada kulit berminyak, mengandung antioksidan dan baik untuk semua jenis kulit. Pemakaiannya memang tak diwajibkan, tapi melihat banyaknya manfaat madu, tak ada salahnya ‘kan kamu menambahkannya?

7. “Bye bye wajah kusam!” Kini kamu bisa mendapat wajah cerah bersinar dengan masker kopi dan coklat sekaligus bersantai dirumah

masker kopi dan coklat untuk  wajah cerah dan anti-kusam

masker kopi dan coklat untuk wajah cerah dan anti-kusam via creamspecialbaru.blogspot.com

Rasanya kok sayang ya kalau kopi dan coklat buat maskeran, mending diseduh hangat. Iya ‘kan? Tapi tenang, hasil masker dengan kopi dan coklat juga tak kalah nikmat dengan saat mereka diseduh kok. Masker ini bisa mencerahkan wajah lho. Tak ada ruginya ‘kan merelakan kopi dan coklat menjadi masker dengan manfaat sepenting itu.

Cara membuatnya pun sederhana, bahan yang harus kamu siapkan: 4 sendok makan coklat bubuk (tanpa gula ya, nanti malah bikin hot chocolate lagi hihi), 4 sendok makan kopi bubuk, 8 sendok makan susu (bisa susu cair, creamer, atau yogurt tanpa rasa ya), 2 sendok makan madu (untuk kulit kering) atau 2 sendok makan air perasan lemon (untuk kulit berminyak). Aduk semua bahan. Masker pun siap dioleskan. Untuk hasil yang maksimal, tunggu sampai 30-45 menit ya, setelah itu bilas sampai bersih.

8. Kulit cerah, minyak wajah berkurang dan kulit lembab dapat kamu rasakan sekaligus dengan masker susu dan lemon yang mudah dibuat sendiri tanpa repot-repot beli

susu dan lemon ternyata bisa menjadi kombinasi masker yang berguna mencerahkan wajah

susu dan lemon ternyata bisa menjadi kombinasi masker yang berguna mencerahkan wajah via cookinginplaingreek.com

Masker ini sangat tipis karena berisi susu dan perasan lemon, yang nota-bene memiliki kadar air yang banyak. Namun, itu tak menjadi penghalang untuk membuat masker ini. Masker ini berkhasiat untuk mencerahkan dan melembabkan kulit. Yang harus dipersiapkan adalah: 1 sendok makan susu full cream (tanpa rasa ya), 2 sendok teh perasan lemon, dan 1 iris kecil lemon.

Cara membuatnya, campurkan susu dan perasan lemon dalam mangkuk kecil, aduk rata. Tambahkan irisan lemon, irisan ini akan mengentalkan campuran. Diamkan 3-4 jam, tapi jangan taruh di lemari es ya, biarkan di suhu ruangan saja. Setelah sedikit mengental, masker siap digunakan. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit, Lalu bilas bersih. Voila! kulit wajah pun tampak kenyal, lembut dan cerah.

Tuh ‘kan sebenarnya mudah membuat masker-masker yang kualitasnya tak kalah dengan masker di salon dan klinik kecantikan. Selain murah, bahan-bahan yang digunakan juga alami tanpa bahan-bahan kimia yang bisa membuat iritasi di kulit.

Sebelum menggunakannya, jangan lupa dicoba dulu ya di tangan, pastikan itu tidak membuat kulitmu memerah karena iritasi. Terlebih kalau kulitmu sensitif, hati-hati ya. Selamat mencoba 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

I'm a Junior writer, I'm a captain of sinking boat

CLOSE