8 Spot Background yang Tak Boleh Kamu Lewatkan, Biar Fotomu Semakin Menawan

Selain untuk mengabadikan momen tertentu yang berkesan, rasanya berfoto sudah menjadi kebutuhan yang nggak bisa dilewatkan. Terlebih di era digital seperti sekarang, di mana sebuah foto bisa berbicara tentang hal apapun yang tengah kamu lakukan.

Advertisement

Karena itu guys, sebuah foto yang bagus nggak hanya merujuk pada objek utamanya, spot latar belakang yang digunakan untuk berfoto juga jadi salah satu faktor pendukungnya. Belum lagi jika kamu berencana mengunggah foto tersebut di media sosial, tentunya pemilihan spot juga perlu diperhatikan agar fotomu lebih berbicara dan oke punya. Nah, kali ini Hipwee dan Advan A8 bakal beri kamu referensi spot latar belakang untuk berfoto yang sebaiknya nggak kamu lewatkan, demi foto yang lebih menawan!

1. Berfoto di depan tembok berwarna putih yang monoton itu ketinggalan zaman, manfaatkan tembok-tembok lucu yang menarik perhatian

Tembok-tembok lucu yang eyecatching via www.instagram.com

Karena terburu-buru, terkadang beberapa orang hanya menggunakan tembok-tembok putih yang mainstream dan monoton sebagai background fotonya. Nggak masalah sih sebenarnya, tapi kalau tujuanmu adalah menghasilkan foto yang lain dari biasanya, mohon maaf kamu keliru. Jika kamu menemukan tembok-tembok lucu, semisal tembok yang berwarna-warni atau tembok dengan tanaman rambat di sekitarnya, segera ambil gambarmu di sana! Spot seperti ini jelas akan membuat fotomu nampak lebih artsy dari biasanya. Jangan lupa sesuaikan ekspresimu dengan temanya, ya!

2. Pemandangan alam atau lanskap yang menarik adalah spot foto yang wajib kamu gunakan untuk kesan foto yang lebih natural

Utamakan komposisi pemandangan alamnya via www.instagram.com

Foto dengan tema traveling tak pernah gagal. Apalagi kalau kamu datang ke lokasi wisata yang menyuguhkan pemandangan alam keren. Sebagai catatan, jangan hanya fokus pada sosokmu saja lho ya. Selain dinilai narsis, sayang juga ‘kan kalau justru pemandangan yang luar biasa itu harus terabaikan. Perhatikan juga komposisinya agar sudut yang diambil benar-benar representatif dengan objek apa yang ingin kamu tampilkan.

Advertisement

3. Tunjukkan kecintaanmu pada almamater dengan berfoto di depan gedung kampus yang paling ikonik

Foto wisuda di depan gedung almamater via www.stern.nyu.edu

Sementara banyak orang yang merasa keren saat berfoto di mal atau tempat hang out, sebagai mahasiswa yang cinta almamater, kamu lebih bangga untuk mengabadikan fotomu di depan gedung kampus tempatmu menimba ilmu. Sebaiknya kamu pilih spot yang benar-benar bagus dan menjadi salah satu ikon kampusmu. Misalnya, gedung utama kampus yang bertuliskan nama jurusan ataupun bangunan ikonik lainnya seperti patung dan tugu.

4. Foto dengan backround tempat wisata ataupun ikon-ikon terkenal di suatu kota bisa menandai jejakmu

Bangunan ikonik di suatu tempat via www.maritour.com

Nggak hanya sibuk berburu oleh-oleh saja, sempatkan untuk berfoto jika kamu singgah ke suatu kota atau tempat wisata. Carilah objek-objek menarik yang menjadi ikon ternama yang menandai tempat wisata ataupun sebuah daerah yang tengah kamu singgahi. Misalnya, kamu bisa berfoto di depan Patung Sura dan Buaya saat kamu tengah berkunjung di Kota Surabaya, atau mengambil gambar di depan Universal Studio-nya Singapura. Yakin deh, orang-orang bakal langsung ngeh kamu lagi ada di mana 😀

5. Biar orang-orang nggak bolak-balik tanya kamu sekarang kerja di mana, narsis di tempat kerja boleh dong!

Ini lho tempat kerjaku… via www.unilad.co.uk

Sebagai pernyataan identitas pekerjaan yang kamu ampu sekarang, sebuah foto dengan latar belakang spot di salah satu sudut di tempat kerja bisa menjelaskan. Lagi-lagi, jangan hanya memilih tembok berwarna putih yang monoton untuk berfoto, carilah sudut-sudut tertentu yang representatif dan cukup khas dengan tempat kerjamu. Misalnya saja, hampir semua perusahaan kreatif memiliki spot tertentu yang biasa digunakan sebagai photobooth, lengkap dengan nama perusahaan berikut tagline-nya. Nah, spot-spot semacam inilah yang cocok banget kamu manfaatkan sebagai latar belakang fotomu. Kalau kantormu, kira-kira di sebelah mana, ya?

Advertisement

6. Gedung tinggi di perkotaan cocok sekali dijadikan latar belakang foto jika kamu ingin menunjukkan kesan urban yang kekinian

Salah satu karya Alexander Remnev dnegan foto berlatar belakang gedungnya via www.bjp-online.com

Nah, jika kebetulan kamu sedang berada di salah satu kota yang memiliki gedung-gedung tinggi nan megah, jangan ragu untuk mengambil gambarmu di sana. Meskipun kemungkinannya adalah gambarmu akan terlihat kecil, berfoto di depan gedung tinggi juga layak dicoba, terlebih jika kamu ingin menunjukkan nuansa yang urban dan kekinian. Pun jika kamu termasuk orang yang suka tantangan, berfoto selfie dengan background gedung-gendung tinggi juga bisa jadi pilihan. Ngeri sih, tapi keren!

7. Jangan hanya foto berjejer dengan pengantin di pelaminan, mengambil foto selfie dengan menjadikan kedua mempelai sebagai background saat kondangan juga layak coba

Jangan lupa wefie bareng pengantinnya juga via weddings.popupsites.com

Kalau foto bareng mempelai bersama dengan teman sejawat saat menghadiri pesta pernikahan, itu sih sudah umum. Nah, agar fotomu nampak lain dari biasanya, cobalah untuk berfoto selfie dan menjadikan kedua mempelai sebagai latar belakangnya. Jika memungkinkan, beri arahan pada kedua mempelai untuk ikut berpose saat kamu mengambil foto agar hasilnya lebih ekspresif. Trik ini juga bisa diterapkan saat kamu nggak punya cukup waktu untuk berfoto bersama mempelai lantaran antrian tamu yang cukup mengular. Pastikan kamera HP-mu cukup bagus dan punya teknologi Phase Detection Auto Focus (PDAF) yang bisa mengunci object hanya dalam waktu 0,3 detik seperti Advan A8 ya!

8. Mengambil foto di tengah kerumunan menjadi momen menarik yang nggak boleh dilewatkan, asal kamu paham bagaimana triknya

Berfoto dengan backgruong kerumunan via 123rf.com

Saat berkunjung ke sebuah lokasi wisata tertentu, mengambil gambar yang bersih dari kerumunan bisa menjadi sebuah tantangan. Ratusan hingga ribuan orang yang berjalan hilir mudik di depan kamera merupakan sebuah hal yang hampir nggak mungkin dihindari. Padahal, spot ini menjadi lokasi favorit untuk mengambil gambar.

Nah, jika kamu ingin mengabadikan momen tersebut tanpa terganggu kerumunan yang masuk ke dalam frame fotomu, Advan A8 bisa jadi solusi! Kamera utamanya punya resolusi 13MP dan dilengkapi juga dengan fitur Dual Rear Camera yang keren banget. Ditambah dengan teknologi PDAF, kamu jadi bisa mengunci fokus kameramu dengan cepat.

Belum lagi ada fitur Bokeh, yang biasanya ada di kamera SLR. Meski background fotomu kerumunan dan selalu bergerak, gambar bisa tetap fokus pada object utama yaitu kamu! Yakin deh hasil jepretanmu bakalan lebih keren dan artsy dan nggak kalah sama hasil jepretan kamera SLR padahal hanya pakai ponsel saja. Dengan smartphone seri terbaru dari Advan seharga 2,9 jutaan ini, fotomu bisa lebih berkualitas. Jangan heran kalau semakin banyak “love” di instagram. Hehe

Nah, mulai sekarang, jangan hanya mementingkan objek utama saja saat mengambil gambar, spot background yang digunakan juga perlu kamu perhatikan karena hal ini juga menjadi faktor penentu untuk menghasilkan foto yang ciamik dan layak upload di media sosial. Jadi, spot mana dulu nih yang ingin kamu coba? Selamat berfoto, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE