Tutorial Bikin Logo Online Shop dengan 5 Aplikasi Pembuat Logo di HP. Bisalah, Sejam Jadi~

Aplikasi desain logo

Logo merupakan elemen penting dalam suatu merek yang tak boleh terlewatkan. Biasanya, para penjual atau pemilik usaha online shop baru akan memesan logo dari penyedia jasa untuk brand mereka. Alih-alih pesan dari penyedia jasa, sebenarnya kamu bisa memanfaatkan aplikasi desain grafis yang ada di ponsel untuk membuat logo brand-mu. Jangan khawatir, langkah pembuatannya cukup mudah dan nggak ribet kok. Bahkan kamu yang awam dengan dunia desain pun pasti bisa mengoperasikan aplikasi pembuat logo gratis ini dengan baik.

Advertisement

Berikut Hipwee Tips berikan tutorial singkat cara membuat logo dengan menggunakan lima aplikasi pembuat logo untuk pemula berikut. Bisa langsung jadi hanya dalam hitungan jam lo!

1. Canva bisa dibilang sebagai aplikasi pembuat logo online yang paling praktis langkahnya. Kalau malas unduh aplikasinya, bisa langsung dijalankan melalui situsnya

Canva | Foto oleh cottonbro dari Pexels via www.pexels.com

Tak cuma logo brand saja, lewat Canva, kamu juga dapat membuat logo acara maupun gaming. Mereka punya template lengkap yang akan mempermudah proses pembuatan desain logomu. Berikut langkah mudah penggunaannya.

  1. Buka aplikasi Canva atau langsung masuk ke situs resminya. Gulir ke bawah sampai ketemu kategori ‘Logo’ lalu klik ‘semua’ untuk melihat template logonya.
  2. Pilih template logo yang disukai lalu klik dan modifikasi pada bagian yang ingin disunting. Kamu dapat mengganti warna, teks, dan objek sesuai yang diinginkan dengan memanfaatkan menu yang ada di atas laman kerja.
  3. Kalau sudah selesai, klik tombol panah yang ada di pojok kanan atas kemudian pilih ‘simpan’.
Advertisement

2. Logo Maker Plus merupakan salah satu aplikasi pembuat logo Android yang nggak kalah populer dari Canva. Cara kerja dan template-nya lumayan juga lo!

Logo Maker Plus | credit: adedansasa.com via www.adedansasa.com

Di aplikasi ini, kamu dapat mengganti atau bahkan menambahkan objek serta latar belakang logo dari template yang sudah disediakan. Jadi, logo merekmu nanti nggak akan terlihat pasaran. Berikut ini cara praktis menggunakan aplikasinya.

  1. Download aplikasi Logo Maker melalui Play Store di ponselmu. Setelah proses selesai, langsung instal saja.
  2. Buka aplikasi lalu klik Add New Icon kemudian pilih mana yang paling sesuai.
  3. Atur tata letak dan warnanya. Untuk menambah teks, klik Add Text pada tab lalu belikan tanda A+ kemudian klik tombol Add. Sunting sesuai yang diinginkan, jika sudah, tinggal klik tanda centang.
  4. Klik ikon diskon kemudian pilih Download JPG untuk menyimpan logo dengan latar belakang. Atau klik Download PNG untuk menyimpan logo tanpa latar belakang.

3. Dengan software pembuat logo 3D bernama PixelLab, logo merekmu tak akan kelihatan pasaran. Justru unik dan beda dari yang lain~

Advertisement

PixelLab | credit: apk2021.com via apk2021.com

Sebenarnya, PixelLab sama dengan dengan aplikasi pembuat logo online gratis lainnya. Bedanya, di PixelLab kamu dapat membuat logo 3D yang kelihatan timbul. Tapi sebelum logo dibuat, kamu mesti menyiapkan bahannya dulu. Jika semua bahan sudah siap, langsung saja masuk ke aplikasi pembuat logo otomatis ini dan lakukan langkah berikut.

  1. Klik tanda (+) atau pilih Create New lalu masukkan gambar dasar yang mau dijadikan logo. Kalau memang belum ada, coba buat dengan menggunakan objek yang ada di menu aplikasi.
  2. Modifikasi sesuai selera, misalnya mau ditambah latar belakang, ganti warna, tambah teks, atau diberi lapisan gambar.
  3. Kalau proses sunting sudah selesai, klik opsi Group lalu ubah nilai specular hardness sesuai yang diinginkan. Klik centang lalu simpan logo ke galeri ponselmu.

4. Aplikasi edit foto PicsArt ternyata juga dapat digunakan sebagai aplikasi pembuat logo olshop lo! Cara pakainya juga nggak kalah praktis dari aplikasi pembuat logo PC sejenis Canva atau yang lainnya

PicsArt | credit: onmsft.com via www.onmsft.com

Di PicsArt, sudah ada beberapa tampilan logo yang dapat dijadikan referensi atau bahkan disunting ulang. Kalau sebelumnya kamu sudah membuat logo gratis offline alias bikin sendiri, bisa juga dimasukkan dan disunting dengan aplikasi ini. Nah berikut tutorial membuat logo di Android dengan aplikasi PicsArt.

  1. Buka aplikasi PicsArt dari ponselmu, kemudian ketuk tanda (+) di bar bawah lalu klik gambar dan ketuk Pilih Kanvas.
  2. Pilih ukuran atau atur lebar logo yang mau dibuat. Tambahkan langsung gambar ke kanvas.
  3. Klik layar baru, kemudian tambahkan bingkai dan teks sesuai selera. Klik Alat dan potong bagian yang tak dipakai.
  4. Klik tanda disket kemudian simpan logo dan siap digunakan.

5. LogoShop dapat diandalkan sebagai aplikasi untuk membuat logo di iPhone yang cukup praktis metodenya

LogoShop | credit: 99design.com via 99designs.com

Saking mudahnya, LogoShop bahkan disebut-sebut sebagai andalan aplikasi pembuat logo gaming atau esport. Tapi ingat ya, aplikasi ini hanya dapat diakses oleh pengguna iPhone saja. Berikut tutorial singkat menggunakan aplikasi membuat logo esport yang sudah mudah ini.

  1. Buka aplikasi, pilih Create New dan akan muncul kanvas kosong.
  2. Pilih gambar untuk latar belakang lalu ubah simbol atau objek dan teks untuk tipografinya.
  3. Di LogoShop juga terdapat sistem layer yang dapat digunakan untuk menambah teks atau objek lain. Kalau pengin lebih cepat, gunakan template yang sudah disediakan, kemudian sunting sesuai selera.
  4. Setelah selesai, klik tombol centang di pojok kanan atas kemudian pilih Export Small Size JPG.

Buat apa bayar jasa mahal-mahal kalau bikin logo sendiri saja bisa? Eits, tapi ingat, sunting dan gunakan template yang bebas copyright ya, supaya nggak bermasalah nantinya. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE