8 Aplikasi Kasir Gratis Buatmu yang Punya Usaha Kecil-kecilan. Anti Ribet Urusan Itung-Itungan

Aplikasi kasir gratis

Membuka usaha mandiri bukan hal yang mudah dilakukan. Selain harus punya modal awal, kamu juga mesti cermat mengelola keuangan. Mengatur keuangan akan membantumu menyeimbangkan usaha agar nggak bangkrut. Atas alasan itu, keberadaan mesin kasir sangatlah penting agar kamu tahu pasti pendapatan dan pengeluaran operasional per hari.

Advertisement

Mesin kasir sendiri punya harga yang cukup mahal. Beruntungnya, teknologi sudah memudahkan kita. Hari ini banyak sekali aplikasi kasir gratis yang bisa kamu unduh. Dari mulai aplikasi kasir gratis ios sampai aplikasi kasir gratis android. Ada beragam aplikasi kasir yang bisa kamu gunakan. Di antaranya ada aplikasi kasir gratis selamanya alias aplikasi kasir gratis full version, aplikasi kasir gratis offline, dan aplikasi kasir gratis online. Nah, buatmu yang lagi mencari aplikasi kasir gratis untuk usaha kecil-kecilanmu, berikut adalah beberapa rekomendasi dari Hipwee Tips.

1. Kasir Pintar Free, aplikasi gratis ini menggunakan sistem basic cloud sehingga kamu bisa mengakses catatan transaksi dalam keadaan offline

Aplikasi Kasir Pintar/Credit: Playstore Kasir Pintar Free via play.google.com

Aplikasi ini sangat direkomendasikan buatmu yang membutuhkan aplikasi kasir gratis lewat smartphone. Sistem aplikasi Kasir Pintar menggunakan basic cloud sehingga kamu bisa mengakses transaksi meski dalam keadaan offline.

Aplikasi Kasir Pintar punya fitur yang cukup lengkap dan berguna bagi para pengusaha muda. Dari mulai pencatatan data produk, sistem barcode, fitur laporan analisa keuntungan dan kerugian sampai laporan hasil transaksi dan pencetakan. Sayangnya, Aplikasi Kasir Pintar hanya diperuntukan untuk beberapa jenis printer saja.

Advertisement

2. Moka POS adalah salah satu aplikasi kasir yang paling banyak digunakan oleh pengusaha kecil di Indonesia. Moka POS memberi kemudahan bagi pelaku bisnis dengan beragam fitur digitalnya

Moka Pos/Credit: Playstore Moka Pos via play.google.com

Selanjutnya ada aplikasi kasir toko yang paling banyak digunakan yakni MOKA. Keunggulan dari aplikasi ini adalah memudahkan penggunanya untuk mendata dan menganalisis kondisi keuangan usaha milikmu. Aplikasi MOKA sendiri tersedia di platform iOS dan Android. Berbeda dengan aplikasi lain, MOKA sendiri bisa memberi kemudahan pengguna dalam pembayaran via e-money seperti OVO, Gopay, Dana, dan lain sebagainya.

Ada beberapa fitur unggulan milik MOKA yang sangat berguna. Pertama, fitur back office yang memungkinkan kamu mengetahui seluruh transaksi dari kasir, lalu fitur real time untuk mengakses data transaksi secara langsung, dan ada juga fitur sistem pembayaran digital dan invois digital yang bisa langsung dicetak lewat printer. Versi gratis dari aplikasi ini hanya berlaku 14 hari. Lumayan untuk mencoba-coba sebelum memutuskan untuk membeli full version-nya.

3. Kasir Toko Portabel punya interface menarik, sederhana, dan praktis. Karena mudah digunakan, kamu nggak akan kesulitan menggunakan aplikasi satu ini

Kasir Toko Portable/Credit: Playstore Kasir Toko Portable via play.google.com

Sama seperti namanya, aplikasi ini dibuat dan dikelola oleh orang Indonesia. Aplikasi Kasir Toko Portabel sendiri tersedia di android saja. Dari segi interface, aplikasi ini punya desain yang sangat sederhana dan praktis sehingga siapa pun bisa mengoperasikan aplikasi ini. Karena sederhana dan gratis, aplikasi Kasir Toko Portabel banyak digunakan untuk bisnis kuliner, bengkel, apotik, toko kelontong, dan toko fashion offline maupun online. Tertarik untuk mencoba?

4. VendHQ adalah aplikasi kasir yang sangat cocok digunakan untuk Personal Computer (PC) dengan fitur yang lengkap dan tampilan yang luas

VendHQ/Credit: Vendhq.com via www.vendhq.com

Kalau kamu mencari aplikasi aplikasi kasir gratis terbaik PC, maka VendHQ adalah jawabannya. Dengan tampilan sederhana dengan fitur penyimpanan cloud, aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk mereka yang baru memulai bisnis skala kecil dengan jumlah barang yang nggak terlalu banyak. Fitur lain yang nggak kalah menarik dari aplikasi satu ini adalah fitur inventaris, loyalti, dan CRM serta masih banyak fitur-fitur unggulan lainnya.

5. Omega POS adalah aplikasi yang punya keunggulan pada integrasi dengan banyak perangkat dalam satu waktu

Omega POS/Credit: Playstore Omega Biz via play.google.com

Beruntunglah mereka para pengguna android. Selain aplikasi yang telah disebut di atas, ada juga aplikasi Omega POS yang berbasis mobile. Keuntungan aplikasi ini adalah kemampuan integrasi dengan modul akuntan dan inventori produk. Selain itu, Omega POS juga punya figur analisa pelanggan. Nantinya, kamu bisa mengetahui kebutuhan pelanggan berdasarkan data yang telah dianalisa oleh aplikasi. Versi gratis Omega POS sendiri berlaku selama 14 hari. Jika ingin melanjutkan, kamu harus membayar setiap bulan.

6. True POS adalah aplikasi yang berasal dari India. Aplikasi kasir satu ini sangat cocok untukmu yang baru memulai bisnis kecil-kecilan

True Pos/Credit: Playstore Truepos.Reports via play.google.com

Aplikasi True Pos yang sangat cocok buatmu yang punya bisnis dalam skala kecil. Aplikasi yang dikembangkan oleh India ini punya sistem integrasi yang mengagumkan. True Pos bisa menyambung dengan beberapa perangkat berbeda. Versi gratis True Pos mungkin sangat cocok digunakan untuk bisnis skala kecil namun versi berbayar yang punya fitur lebih lengkap nggak kalah bermanfaat untuk keperluan bisnis skala besar. Gimana, tertarik mencoba?

7. Qasir adalah aplikasi gratis yang memiliki fitur premium yang beragam. Dari mulai analisa untung rugi sampai pendataan karyawan

Qasir/Credit: Playstore via play.google.com

Qasir adalah aplikasi kasir yang punya fitur sederhana dengan tampilan yang simple. Aplikasi gratis satu ini sangat cocok digunakan untuk beragam jenis usaha dari mulai kuliner sampai bisnis fashion. Beberapa fitur unggulan dari Qasur antara lain pencatatan transaksi, fitur pencatatan tipe pembayaran, fitur kasbon, fitur deadline, dan penyimpanan dan transaksi tertunda serta sistem pembayaran digital.

Selain itu Qasir juga punya fitur yang digunakan untuk keperluan di luar transaksi seperti fitur pendataan produk dan stok, pendataan outlet dan karyawan. Menariknya, kamu nggak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk menikmati setiap fitur yang telah disebutkan di atas. Coba deh~

8. Terakhir ada Buku Warung. Aplikasi kasir ini dibuat secara khusus untuk mendukung UMKM masyarakat Indonesia. Keren!

Buku Warung/Credit: BukuWarung via play.google.com

Terakhir ada aplikasi asal Indonesia bernama Buku Warung. Aplikasi dengan beberapa fitur sederhana ini bisa diakses secara gratis. Aplikasi ini sepertinya dibuat untuk mendukung bisnis mandiri masyarakat Indonesia karena fitur-fiturnya sangat berguna dan bisa mendorong manajemen yang lebih rapi sehingga menguntungkan pelaku bisnis.

Lewat aplikasi Buku Warung, kamu bisa melakukan beragam hal seperti mencatat arus penjualan, mengirim tagihan, informasi dan transaksi tertunda melalui SMS atau WhatsApp. Buku Warung juga bisa mendukung kamu menyimpan data transaksi dan membuat laporan serta analisa transaksi usaha.

Nah, itu dia beberapa aplikasi kasir gratis yang bisa kamu gunakan. Buatmu yang sedang merintis usaha kecil-kecilan, yuk mulai pakai aplikasi kasir untuk manajemen usaha yang lebih rapi!

Gabung dan Berlangganan Newsletter

Berlangganan Newsletter dari Kita Mulai Bersama

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE