Di zaman yang serba butuh pengakuan dan apresiasi dari orang lain, foto merupakan sebuah hal krusial yang bahkan seolah-olah seperti menjadi barang penting untuk ditunjukkan kepada orang lain. Bersamaan dengan tingginya kebutuhan untuk berbagi foto di media sosial, Lightroom Presets muncul sebagai salah satu aplikasi yang berguna untuk mempercantik hasil tangkapan kamera.

Selain mudah digunakan karena terdapat versi smartphone-nya, Lightroom Presets juga banyak digunakan karena menyediakan preset-preset instan yang mudah banget untuk diterapkan pada hasil foto yang akan kita edit. Masalahnya, nggak semua preset cocok untuk diterapkan di segala jenis foto. Alih-alih menjadi seperti pada contoh, ternyata malah lebih berantakan hasilnya. Nah, biar nggak mengalami kejadian serupa, simak dulu deh tips-tipsnya berikut!

1. Perhatikan jenis foto yang akan diedit menggunakan Lightroom Presets

Contoh penggunaan preset pada lighroom via www.hipwee.com

Advertisement

Sebelum menggunakan Lightroom Presets, pilih dulu foto yang kira-kira cocok untuk dipasang preset. Perlu dicatat, setiap preset memiliki jenis warna yang berbeda-beda untuk foto yang akan diedit. Terlebih bagi jenis foto indoor dan outdoor. Jangan sembarangan kalau nggak mau hasilnya berantakan, ya!

2. Jika foto kalian berjenis outdoor, pilihlah preset dengan tema yang tidak terlalu terang dan cenderung redup

Pengaplikasian preset Lightroom untuk foto outdoor via www.hipwee.com

Jika fotomu memiliki komposisi warna yang terang, jangan coba-coba gunakan preset Lightroom dengan komposisi warna yang terlalu cerah karena akan merusak warna dasarnya. Kamu bisa menggunakan preset dengan tipe warna yang lebih redup untuk membuat foto yang kamu edit menjadi lebih kalem.

Meskipun balik lagi ke masalah selera, percaya deh kalau foto dengan warna yang begitu terang apalagi memiliki latar siang hari dan berjenis outdoor malah akan terlihat sangat mencolok di mata dan kurang bisa dinikmati.

3. Jangan pilih preset yang terlalu norak warnanya

Sebelum dan setelah diedit menggunakan preset Lightroom via www.hipwee.com

Advertisement

Norak dalam hal ini bisa berarti banyak. Bisa jadi over exposure, saturasi yang terlalu berlebihan, atau mungkin pemilihan warna yang kurang tepat. Pilihlah preset yang memiliki warna tajam namun tetap kalem dan tidak terlalu mencolok. Kamu bisa menemukan preset-preset jenis ini dengan mudah di kolom Google dengan kata kunci “folk lightroom preset” atau bisa juga dengan “travel preset lightroom”.

4. Beda preset untuk siang hari, beda juga untuk jenis foto yang malam hari

Tangkapan foto gedung di malam hari oleh Dony Setiawan via www.instagram.com

Pemilihan preset untuk digunakan pada foto yang diambil pada malam hari juga nggak bisa sembarangan lo. Selain harus memperhatikan komposisi warna pada foto dasar sebelum diedit, kamu juga harus memperhatikan jumlah cahaya yang terdapat pada foto.

Apalagi jika kalian ingin memunculkan warna yang lebih cantik pada foto tersebut, komposisi kecerahan warna dan juga saturasi adalah 2 hal penting yang harus diperhatikan. Dengan begitu, warna yang akan dihasilkan nantinya akan lebih bervariasi dan tentunya nggak lebay jika dinikmati.

5. Terakhir, meskipun preset instan, alangkah baiknya jika kita tetap mengutak-atik komposisinya secara ulang agar lebih pas

Laman editing Lightroom via www.instagram.com

Meski telah banyak yang menyediakan preset secara instan dan siap pakai, alangkah baiknya jika kalian tetap mengedit sendiri menggunakan cara manual agar hasil yang diharapkan bisa maksimal. Meski nggak gampang, nggak ada salahnya mencoba. Dengan belajar mengedit secara manual, kamu berarti telah mengeksplorasi ide lebih luas lagi dan nggak hanya terpaku dengan hal-hal yang bersifat instan.

Nah, kalau sudah berhasil menemukan cara-cara yang tepat dan hasil seperti yang diharapkan, jangan lupa untuk berbagi ilmu dengan orang lain, ya. Nggak akan rugi kok kalau kalian berbagi. Selamat mempercantik foto dengan Lightroom Presets!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya