Meski hanya luka kecil, kadang sariawan juga menyebalkan. Nggak cuma bikin malas makan, sariawan pun kadang bikin orang malas ngomong atau bahkan hanya membuka mulutnya. Penyebabnya sendiri sebelumnya belum diketahui, tapi biasanya muncul jika seseorang stres atau kekurangan vitamin dan mineral tertentu. Bahkan kadang, bagi beberapa cewek sariawan juga muncul ketika masuk siklus menstruasi.

Nggak hanya dengan obat, ternyata sariawan bisa diredakan dengan bahan alami. Selain lebih aman, bahan alami juga nggak bikin sariawan jadi makin perih. Ini dia!

1. Garam laut mengandung natrium dan mineral yang bisa bantu redakan sariawan

garam laut via id.pinterest.com

Advertisement

Garam dapat menarik luka pada sariawan. Kamu bisa mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam larutan air hangat. Berkumurlah selama dua menit setiap tiga kali sehari. Kalau kamu cukup kuat menahan rasa perih, oleskan garam ke sariawanmu lalu bilas. Lakukan rutin hingga sariawan menghilang, ya!

2. Kalau pengen lebih aman, kamu bisa memakai madu untuk meredakan sariawanmu

Melansir dari laman Hello Sehat, madu memiliki kandungan antiradang dan antibakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses pemulihan sariawan. Kamu bisa mengoleskan madu di area yang terkena sariawan sebanyak tiga kali sehari.

3. Nggak hanya bagus untuk wajah, lidah buaya pun bisa kamu pakai untuk meredakan sariawan lo!

lidah buaya via www.atlantialoe.com

Kandungan antibakterinya ampuh meredakan rasa perih di mulut akibat sariwan. Karena nyaman ketika dipakai, kamu boleh oleskan lidah buaya sering-sering ketika area sariawan terasa perih. Baiknya oleskan selama 20 menit supaya bisa bekerja maksimal.

4. Minyak kelapa diketahui bisa meredakan sariawan karena sifat antiimflamasinya

minyak kelapa via www.nytimes.com

Advertisement

Nggak hanya dengan mengoleskan minyak kelapa di area mulut yang sariawan, kamu pun bisa berkumur atau meminum air kelapa untuk meredakan sariawanmu. Sedangkan, santannya bisa kamu campur dengan madu dan dioleskan ke sariawanmu.

5. Agar pembengkakan di sekitar sariawan bisa mereda, kamu bisa mengompresnya dengan es batu

kompres es batu via www.quora.com

Rasa sejuk es batu bisa menjadi obat untuk meredakan rasa nyeri akibat sariawan. Kamu bisa mengompres area sariawan dengan es batu yang dibungkus kain lembut. Atau, kamu bisa mengulum es batu hingga mencair dalam mulutmu.

6. Dengan mengonsumsi pisang, kamu bisa meredakan sariawan yang perih lo!

pisang via www.mashed.com

Akan lebih efektif jika kamu mau mencampurkannya dengan madu. Kamu bisa membuat pasta pisang yang dioleskan pada area sariawanmu. Diamkan selama 10 menit kemudian berkumurlah. Kalau mau cepat sembuh, lakukan secara teratur.

7. Kantong teh mengandung asam tanin yang bisa difungsikan sebagai antivirus untuk menyembuhkan sariawan

Kantong teh juga bersifat basa yang mana bisa menetralisir lingkungan mulut asam yang memperburuk sariawan. Kamu cukup tempelkan kantong teh tersebut pada luka sariawan kalian sekitar lima menit.

Dengan bahan-bahan di atas, setidaknya kamu bisa membuat sariawanmu lebih cepat mereda dan rasa perihnya nggak separah kalau kamu pakai obat. Supaya nggak makin sakit, hindari dulu makanan yang bersifat asam, ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya