Siapa yang terbiasa menyetrika pakaian sendiri? Selain memperhatikan temperatur suhu saat menyetrika, penting juga buatmu untuk melihat bahan pakaian yang akan disetrika. Karena memang nggak semua bahan pakaian akan bagus jika kena panas dari setrika, tapi justru merusak serat kainnya. Nggak cuma merusak seratnya, bahan pakaian ini juga nggak mudah kusut kok meski nggak disetrika.

Coba deh cek, kalau kamu punya pakaian dengan bahan-bahan di bawah ini, baiknya hindari untuk menyetrikanya. Lagipula nggak bakalan kusut, dan lebih hemat waktu kan, jadinya?

1. Pakaian berbahan korduroi yang agak tebal dan serasa berbulu ini akan rusak teksturnya kalai disetrika

bahan korduroi via shopee.co.id

Advertisement

Bahan satu ini memiliki tekstur garis lurus yang paten. Kalau disetrika, maka tekstur ini akan mudah rusak dan warnanya jadi belang. Jika kamu merasa pakaian korduroimu sedikit kusut, baiknya dirapikan dengan setrika uap saja. Tapi kalau memang nggak ada setrika uap, kamu bisa menggunakan setrika listrik biasa dengan membalik kainnya.

2. Selain nggak perlu dicuci terlalu sering, bahan denim juga nggak perlu disetrika

Usai dikeringkan, biasanya kamu akan menemukan beberapa bagian pakaian denim yang kusut. Tapi bukan berarti kamu harus menyetrikanya. Bagian yang kusut ini bisa hilang dengan sendirinya ketika nanti sudah kamu pakai kok.

3. Kaus olahraga berbahan jersey milikmu pun sebenarnya nggak perlu disetrika ketika mau dipakai

jersey via sosocestmoi.com

Setelah dijemur, kamu bisa langsung menyimpan pakaian berbahan jersey di lemari. Tapi jika memang tampak kusut, kamu bisa menyetrikanya dengan suhu rendah saja. Suhu tinggi pada setrika bisa merusak tekstur dan sablon pada kainnya.

4. Pakaian berbahan poliester harusnya nggak perlu disetrika sama sekali, terutama jika kandungan poliesternya 100 persen

polyester via www.dekoruma.com

Advertisement

Jenis bahan ini biasanya nggak mudah kusut setelah dicuci. Kalau dirasa terlalu lecek, kamu bisa menyemprot air dan menyetrikanya dengan suhu rendah. Sebab, penggunaan setrika dengan suhu tinggi bisa membuat kainnya rusak bahkan terbakar.

5. Tekstur kainnya yang lembut jadi alasan kenapa pakaian berbahan wol nggak perlu disetrika

Alih-alih menyetrikanya, kamu bisa menggantungnya dengan hanger saat dijemur. Penggunaan setrika justru bisa merusak kain dan menimbulkan lipatan pada pakaian berbahan wol. Cukup semprot dengan pewangi dan angin-anginkan agar tetap wangi dan awet.

6. Agar tetap awet dan payetnya tetap utuh, kamu juga nggak perlu menyetrika pakaian brokat

brokat via hijabtuts.com

Adanya hiasan dan benang-benang tipis pada pakaian brokat membuatmu nggak perlu menyetrikanya. Untuk perawatan, kamu bisa membawanya untuk di-dry cleaning saja. Kalau terpaksa harus mencucinya di rumah, lapisi dengan kain atau kertas ketika menyetrikanya.

7. Karena tipis, pakaian berbahan sifon pun baiknya nggak kamu setrika

outernya sifon via nl.pinterest.com

Penggunaan setrika justru bisa membuat pakaian berbahan sifon mudah terbakar. Daripada menyetrika, kamu bisa menyemprotkan pewangi dan menaruhnya dalam suhu ruangan.

Nggak hanya bikin pakaianmu jadi lebih awet, nggak menggunakan setrika juga mendukung penghematan listrik, bukan? Selain nggak menyetrikanya, baiknya juga gunakan detergen cair untuk mencuci pakaian khusus bahan-bahan di atas, ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya