9 Bahan Pengganti Minyak Goreng yang Lagi Langka. Lebih Sehat Malahan!

Jangan panik, masak bakal tetap jalan dan malah lebih sehat

Krisis minyak goreng sedang terjadi di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Banyak para ibu yang memburu minyak goreng di setiap sudut supermarket hingga warung-warung kecil sekalipun. Kelangkaan minyak goreng ini disebabkan karena adanya kenaikan dari sisi permintaan dan penurunan dari sisi penawaran. Tentunya, hal ini membuat para pedagang khususnya, harus putar otak bagaimana cara mendapatkannya.

Advertisement

Namun, kalau untuk konsumsi pribadi, sebenarnya ada kok bahan alternatif yang bisa digunakan sebagai pengganti sementara minyak goreng biar masak tetap jalan meski minyak goreng langka. Ini dia!

1. Kamu bisa menggunakan mentega untuk menumis dan menggoreng makanan

Mentega sebagai bahan alternatif untuk menumis | Creadit: Pixabay

Bahan alternatif pertama yang bisa kamu gunakan adalah mentega. Kamu bisa menggunakaan mentega untuk menumis dan menggoreng makanan yang tidak membutuhkan banyak minyak seperti telur, sosis, udang, atau daging sapi dengan menggunakan teknik shallow frying.

Nikmati konten menarik seputar memasak: Masak Sendiri Nggak Selalu Hemat, Siasat Beli Makan ini Lebih Jitu Ternyata

Advertisement

2. Selain mentega, margarin juga bisa digunakan sebagai alternatif pengganti minyak goreng

Margarin yang akan diukur sebelum dijadikan sebagai alternatif minyak | Foto oleh Felicity Tai dari Pexels

Meskipun margarin dan mentega masih sering dikira dua hal yang sama, margarin terbuat dari lemak nabati, sedangkan mentega terbuat dari lemak hewani. Margarin bisa digunakan sebagai alternatif pengganti minyak goreng untuk menumis atau menggoreng masakanmu.

3. Minyak kelapa merupakan bahan alternatif yang sehat

Minyak kelapa sebagai alternatif minyak yang sehat | Foto oleh Tijana Drndarski dari Pexels

Minyak kelapa yang dihasilkan dari olahan kelapa bisa kamu gunakan untuk memasak makanan dengan suhu hangat hingga suhu tinggi. Kandungan minyak kelapa yang terdiri dari 92% lemak jenuh dan tahan terhadap oksidasi ini membuat minyak kelapa bisa menjadi alternatif pengganti minyak yang stabil.

Advertisement

Selain stabil, minyak kelapa dianggap jauh lebih sehat dibanding minyak goreng sawit karena minyak kelapa memiliki kolesterol baik yang bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Namun, sebaiknya penggunaan minyak kelapa dipakai untuk menggoreng dangkal sebab titik asapnya rendah.

4. Meskipun tidak terkenal, minyak alpukat justru mengandung senyawa antioksidan yang baik

Minyak alpukat | Foto oleh form PxHere

Minyak alpukat memang tidak seterkenal minyak lainnya, padahal minyak alpukat mengandung senyawa antioksidan yang baik bagi tubuh. Jika kamu ingin menumis makanan, minyak alpukat ini sangat direkomendasikan lo, SoHip.

5. Disamping sebagai bahan alternatif, minyak wijen juga akan menambahkan sensasi gurih di makanan

Biji wijen sebelum dijadikan sebagai minyak alternatif | Foto oleh Bruno Scramgnon dari Pexels

Sama seperti penggunaan mentega dan margarin, minyak wijen cocok digunakan sebagai pengganti minyak goreng untuk menumis dan menggoreng dengan teknik shallow frying. 

6. Biji bunga matahari tidak hanya enak dimakan sebagai camilan saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai minyak bunga matahari untuk pengganti minyak goreng yang langka

Minyak biji bunga matahari | Creadit: Pixabay

Terbuat dari biji bunga matahari yang dikompres, minyak bunga matahari ini memiliki titik asap tinggi yang sangat cocok digunakan sebagai pengganti minyak goreng untuk menggoreng makanan favoritmu.

7. Minyak canola cocok digunakan untuk menumis dan memanggang

Menuangkan minyak canola | Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Minyak canola merupakan jenis minyak nabati yang berasal dari biji tanaman canola (Brassica napus) yang baik untuk kesehatan jantung, sebab memiliki kandungan lemak tak jenuh, omega 3, dan omega 6 yang cukup tinggi.

Meskipun mengandung banyak senyawa yang meyehatkan, minyak canola tidak ideal untuk memasak dalam suhu tinggi seperti menggoreng. Tetapi, minyak canola bisa digunakan untuk menumis dan memanggang makanan.

8. Minyak zaitun bisa dimanfaatkan sebagai minyak pengganti untuk masakan yang lebih sehat

Minya zaitun untuk menumis | Foto oleh Mareefe dari Pexels

Meskipun harganya cukup mahal, tetapi minyak zaitun masih diminati oleh masyarakat luas terlebih bagi mereka yang menjalankan pola hidup sehat. Mereka akan memilih minyak zaitun dibanding minyak goreng untuk memasak masakan.

Minyak zaitun mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan jantung, mencegah stroke, hingga mengurangi risiko diabetes tipe-2.

Selain digunakan untuk menumis masakan, minyak zaitun juga cocok untuk memasak ayam panggang dan dimanfaatkan sebagai salad dressing.

9. Minyak kacang bisa kamu gunakan untuk mengolah berbagai sajian yang digoreng, dipanggang, atau ditumis

Kacang yang belum diolah menjadi minyak | Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Minyak kacang mengandung lemak nabati yang bisa membantu menurunkan kolesterol sehingga minyak ini terbukti aman sebagai alternatif pengganti minyak goreng yang sehat. Minyak kacang memiliki titik asap tinggi, sehingga cocok digunakan untuk menggoreng, memanggang, dan menumis masakan andalanmu.

Selain dapat digunakan sebagai bahan alternatif pengganti minyak goreng yang sedang langka akhir-akhir ini, penggunaan bahan tersebut ternyata dinilai lebih sehat. Jadi, jangan khawatir kalau minyak goreng langka, kamu tetap bisa ‘gas’ memasak dengan menggunakan bahan alternatif tersebut. Selamat memasak, SoHip!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

Loading...