Selain susah tidur, bangun pagi adalah PR besar yang banyak dihadapi oleh beberapa orang. Bisa saja mereka sudah bangun sesuai jam yang dipasang di alarm, tapi karena mata masih lengket dan malas beranjak, alhasil ketiduran lagi dan malah jadi kesiangan. Kalau kebiasaan ini yang terus-terusan dilakukan, mau sampai kapan pun juga nggak akan bisa bangun pagi dengan penuh kesadaran.

Sebetulnya kiat bangun pagi yang bakal Hipwee Tips dibagikan disini sepele, tapi kalau nggak dicoba, rezekimu bakal dipatok ayam selamanya.

1. Kenali jam biologis tubuhmu dan tetapkan jam tidur biar bisa bangun pagi dengan segar dan rasa puas

tetapkan jam tidur via www.alexfergus.com

Advertisement

Agar bisa bangun pagi, kenali dulu jam biologismu untuk bisa menetapkan jam tidur yang pas. Misalnya, kamu harus bangun jam 6 pagi, nah biar kebutuhan tidurmu tercukupi selama 8 jam, maka paling nggak kamu harus sudah pergi tidur jam 10 malam. Lakukan kiat ini dengan konsisten meski hari libur. Kalau sudah rutin dilakukan, tubuhmu akan terbiasa dengan sendirinya, mau jam berapa pun tidurnya, bangunnya bakal selalu pagi.

2. Siapkan segala keperluan untuk aktivitas esok hari sebelum tidur. Biar pas bangun tidur nggak gelagapan lagi

siapin baju kerja sebelum tidur via www.girlwithasaddlebag.com

Baiknya kamu siapkan segala keperluan yang dibutuhkan untuk aktivitas sedari malam sebelum tidur. Misalnya, menyiapkan pakaian yang akan dikenakan, termasuk buku-buku atau laptop yang bakal dipakai kuliah atau kerja. Kalau semua keperluan sudah disiapkan, kamu bakal lebih tenang dan semangat buat bangun pagi tanpa harus beres-beres lagi esok harinya.

3. Hindari makan terlalu kenyang, minuman kafeina atau minuman beralkohol yang ganggu kualitas tidurmu

nggak makan berat via sites.psu.edu

Usahakan kamu sudah selesai makan 3 jam sebelum tidur. Pilih juga makanan yang nggak terlalu berat karena bikin metabolisme juga makin berat dan butuh lama untuk mencernanya sebelum kamu beranjak tidur. Hindari minum teh, kopi, atau minuman beralkohol di malam hari karena akan mengurangi kualitas tidur-mu nanti. Cek di sini untuk melihat makanan apa saja yang aman dikonsumsi di malam hari dan nggak ganggu kualitas tidur-mu.

4. Hentikan kebiasaan bermain gawai menjelang tidur biar nggak bikin insomnia

jauhkan HP dan bersiap tidur via www.health.com

Advertisement

Kalau sudah menetapkan jam tidur, hentikan segera aktivitas utak-utik gawai seenggaknya setengah jam sebelum tidur. Bermain gawai ini jadi salah satu yang paling sering bikin orang jadi insomnia lo. Jadi, kalau mau bangun pagi, disiplinkan waktu tidur-mu, termasuk dengan nggak tergoda untuk main gawai dan segera berbaring di kasur sembari memejamkan mata.

5. Biarkan cahaya masuk ke kamar untuk menerangi ruangan saat pagi tiba

buka sedikit tirai jendela kamar via www.fastcompany.com

Kalau kamarmu ada jendelanya, biarkan terbuka sedikit tirainya untuk jalan masuk sinar matahari di keesokan harinya. Tubuh yang terkena sinar matahari akan mengirimkan sinyal “ayo bangun” ke otak. Cara ini akan mengurangi rasa malas dan membantumu untuk tersadar meski rasa kantuk masih menyerang.

6. Tetap pakailah bantuan alarm, tapi buatlah cara agar kamu kesulitan mematikannya

tetap pakai alarm tapi jauhkan dari jangkauan via www.today.com

Aturlah jam bangun tidur pada alarm lalu jauhkan dari tempat tidurmu. Jadi saat alarm berbunyi, kamu terpaksa harus bangun dan berjalan untuk mematikannya. Tapi kalau cara ini sudah nggak mempan lagi, ketika kamu sudah menyalakan alarm dengan suara kencang tapi tetap nggak bangun juga, minta bantuan orangtua atau temanmu ya!

7. Niat yang mantap adalah alarm tubuh alami. Tanamkan dalam-dalam ke pikiranmu tentang apa alasanmu bangun pagi

Jadi apa motivasimu bangun pagi? Biar nggak telat masuk sekolah, kuliah atau kerja? Pengen olahraga pagi sebelum beraktivitas? Atau membiasakan diri untuk hidup lebih sehat? Kalau sudah, katakan dengan yakin dan tanamkan ke pikiranmu, “Aku bisa bangun jam 6 pagi buat jogging”. Lalu segeralah tidur. Daaan jreng-jreeeng, besok kamu bakal bangun sebelum jam 6. Percayalah!

Bangun pagi itu soal kebiasaan saja kok. Kalau kamu sudah membiasakan diri untuk mengatur jam tidur malam dan berusaha untuk bangun pagi, lalu diterapkan setiap hari, berani taruhan deh, bangunmu bakal lebih cepat dari alarm!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya