Dari tampilannya sih kelihatan bersih, tapi pada dasarnya keyboard laptop banyak menyimpan debu. Apalagi kalau kamu sering menggunakan laptop di luar ruangan. Bentuknya yang kecil dan banyak selipan bikin debu-debu ini jadi nggak terlihat dan sulit dibersihkan. Padahal, kalau sudah menumpuk, laptop jadi sering hang atau bahkan korsleting lo!

Nah, daripada laptopmu kenapa-kenapa nantinya, mending rutin bersihkan keyboard-nya. Nggak usah repot-repot ke tukang servis, berikut Hipwee Tips berikan cara aman dan mudah membersihkan keyboard laptop.

1. Saat akan membersihkan keyboard, usahakan laptop dalam keadaan mati

matikan laptop via www.bukalapak.com

Advertisement

Selalu pastikan laptop dala keadaan mati saat akan membersihkan keyboard. Hal ini dilakukan untuk menghindari korsleting saat kamu memencet-mencet keyboard.

2. Setelah laptop dimatikan, kamu bisa meletakkannya dalam posisi terbalik

dibalik via www.shopback.co.id

Posisi ini bisa memudahkan kotoran untuk keluar. Nah, kalau sudah dibalik gini, kamu bisa menekan-nekan keyboard seperti saat sedang mengetik. Lakukan hingga kamu melihat ada kotoran yang jatuh, ya!

3. Gunakan brush makeup untuk memaksimalkan proses pembersihan keyboard

pakai brush makeup via id.carousell.com

Membersihkan keyboard dengan brush ini sangat mudah kok. Saat laptop masih dalam kondisi terbalik, kamu bisa menyapukan brush di sela-sela keyboard laptopmu. Usahakan mengenai suluruh sela-selanya agar keyboard benar-benar terbebas dari debu. Lakukan berulang kali sampai nggak ada lagi kotoran yang jatuh.

4. Selain brush makeup, kamu juga bisa menggunakan hair dryer

pakai hair dryer via keepo.me

Advertisement

Usahakan untuk melakukan pembersihan singkat dulu sebelum memakai hair dryer agar kotoran nggak makin masuk ke dalam dan bikin keyboard rusak. Lakukan pembersihan ini saat laptop masih dalam kondisi terbaiknya. Tapi jangan terlalu lama, sebab penggunaan hair dryer bisa merusak komponen luar dan dalam laptop.

5. Kalau ada, kamu bisa memakai penyedot debu untuk membersihkan keyboard

pakai penyedot debu via nextren.grid.id

Tapi ingat, kamu harus menggunakan ujung penyedot yang berukuran kecil dan memiliki kuas. Selain untuk menyapu debu, semua kotoran dalam keyboard pun akan menghilang dengan maksimal.

6. Jika cukup berpengalaman, kamu bisa mencabut keyboard laptopnya

cabut keyboard via www.shopback.co.id

Cara ini memang ampuh, tapi nggak semua orang bisa melakukannya. Sebelum benar-benar memakai cara ini, baiknya kamu sudah mempelajarinya dulu dari internet. Kalau caranya keliru, bisa-bisa keyboard jadi eror dan malah nggak bisa dipakai lo!

Nah, gimana? Gampang kan cara membersihkannya? Baiknya lakukan sesering mungkin supaya kotoran nggak mengendap dan ganggu kinerja keyboard-mu. Selain bikin lebih awet, membersihkan keyboard juga bisa membuatnya makin empuk jika dipakai untuk mengetik lo!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya