Kerja itu butuh istirahat. Tapi istirahat saja nggak cukup. Kamu butuh mengambil waktu libur sejenak untuk melepaskan pikiran dan berelaksasi agar tetap waras. Jika kamu adalah pekerja yang menggunakan email untuk berkomunikasi dengan kolega atau klien, khususnya Gmail sebagai salah satu penyedia layanan email, ada fitur khusus yang bisa kamu manfaatkan ketika sedang cuti kerja. Fitur ini fungsinya membalas email masuk secara otomatis sementara kamu nggak sedang nggak memungkinkan untuk membalas email. Iya, biar nggak liburanmu nggak terganggu juga.

Terus gimana cara bikin balasan otomatis di Gmail saat lagi cuti kerja? Sini merapat, Hipwee Tips kasih bocorannya.

1. Masuklah ke dalam akun Gmail, lalu klik setting atau setelan di bagian pojok kanan atas layar email

klik setting via hipwee.com

2. Dari menu drop down, pilih dan klik menu setting atau pengaturan

klik menu setting via hipwee.com

3. Layar pengaturan akan tampil seperti ini. Lalu scroll ke bawah, dan kamu akan menemukan pilihan vacation responder atau penjawab kala libur

atur menu vacation responder via hipwee.com

Advertisement

Setelah menemukan menu vacation responder atau penjawab kala libur, klik tombol vacation responder ON untuk mengaktifkan fitur balasan otomatis ini.

4. Lalu isi rentang waktu kapan kamu memulai cuti bekerja hingga kapan kamu mulai aktif bekerja kembali

isi kolom tanggal via hipwee.com

Masukkan tanggal kapan kamu mulai cuti bekerja di kolom first day. Nah, untuk tanggal kapan kamu mengakhiri masa cuti atau mulai aktif bekerja kembali memang sifatnya opsional, tapi disarankan kamu tetap mencantumkan tanggalnya di kolom last day. Kolom ini menentukan hari terakhir pesan penjawab liburan otomatismu dikirim.

Pssst, baiknya kamu beri jeda waktu ekstra kapan kamu selesai cuti dan kembali bekerja. Tujuannya adalah untuk memberi kamu waktu untuk mengejar ketertinggalan dan lebih siap menghadapi pekerjaan yang notabene kamu tinggalkan saat liburan.

5. Masukkan semacam judul pada kolom subjek yang berfungsi sebagai rangkuman dari isi pesanmu nantinya

masukkan subjek via hipwee.com

Advertisement

Seperti halnya memberi subjek judul ketika akan mengirim email, penting juga buatmu untuk membubuhkan subjek pada pesan balasan otomatis. Subjek ini akan mengantarkan penerima pada inti dari isi pesan yang bakal kamu sampaikan nantinya.

6. Ketikkan isi pesan yang akan disampaikan sebagai balasan otomatis saat kamu sedang nggak aktif bekerja

tulis isi pesan via hipwee.com

Masukkan isi pesan seperlunya. Jangan terlalu pendek, juga jangan terlalu panjang. Menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris sama saja. Sertakan juga kontak alternatif yang bisa dihubungi kalau-kalau ada masalah mendesak yang perlu ditangani dengan cepat sementara kamu sedang cuti. Jangan lupa beri tahu kontak alternatifmu juga agar mereka siap sewaktu-waktu dihubungi untuk membantu pekerjaanmu sementara waktu.

7. Terakhir, beri centang pada pilihan kontak mana saja yang akan menerima pesan balasan otomatis darimu

tentukan penerima via hipwee.com

Kamu bisa membatasi kepada kontak rekan-rekan kerja saja, atau juga bisa menujukan pesan balasan otomatismu kepada semua kontak di email-mu jika kamu ingin benar-benar nggak terganggu saat cuti. Terakhir, simpan pengaturan!

Setelah semua langkah-langkah di atas sudah kamu lakukan, jangan lupa untuk mengetes fitur ini dengan meminta tolong temanmu mengirimkan pesan di hari pertama kamu cuti kerja. Pastikan fitur balasan otomatis ini aktif sesuai dengan tanggal dan pesan yang sudah kamu atur. Jadi, jangan sampai cutimu terganggu gara-gara pekerjaan, ya. Selamat mencoba!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya