Cara Membuat Tahu Walik yang Crispy di Luar tapi Lembut di Dalam

Kamu yang suka pedas, bisa bikin isian mercon juga!

Tahu walik adalah camilan khas Banyuwangi yang kini banyak diminati oleh masyarakat. Camilan ini memiliki cita rasa gurih dengan bagian luar crispy dan isian yang lembut. Tak heran tahu walik bisa digemari oleh semua kalangan.

Advertisement

Tahu walik biasanya disajikan dengan isian yang bermacam-macam, tetapi tahu walik isi ayam lah yang menjadi favorit banyak orang. Cara membuat tahu walik isi ayam ini cukup mudah. Kamu hanya memerlukan bahan yang biasanya sudah ada di rumah, seperti tahu, tepung, dan aneka bumbu dapur. Nggak membutuhkan waktu lama, kamu bisa membuat camilan ini kurang lebih hanya dalam 30 menit saja. Resep tahu walik ini juga bisa kamu gunakan untuk ide jualan, lo.

1. Siapkan semua bahan-bahan untuk membuat tahu walik

siapkan bahan | credit: CR Cook via Youtube

Cara membuat tahu walik kriuk sederhana yang pertama tentu saja menyiapkan semua bahan. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan  untuk membuat camilan ini adalah 250 gram dada ayam filet, 25 buah tahu pong atau tahu sumedang, 100 ml air, 100 gram tepung tapioka, 50 gram tepung terigu, 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan, 1 sdt garam, 1 sdt kaldu ayam bubuk, dan 1 sdt merica bubuk.

2. Belah tahu menjadi dua, lalu balik bagian dalam tahu ke luar

belah dan balik tahu | credit: Supardisahabu via Wikimedia

Setelah bahan-bahan disiapkan, cara membuat tahu walik kriuk selanjutnya adalah membelah tahu pong atau tahu sumedang menjadi dua bagian. Setelah terbelah dan berbentuk segitiga, balik kulit tahu ke dalam. Bagian dalam tahu ini nantinya akan diisi dengan adonan, sedangkan bagian luarnya akan digoreng sampai kriuk.

Advertisement

3. Blender daging ayam sampai halus, lakukan sedikit demi sedikit

blender daging ayam | Credit: Pxhere

Kalau kamu ingin membuat tahu walik dengan isian ayam, blender daging tanpa tulang sedikit demi sedikit. Supaya lebih mudah saat memblender, masukkan air sedikit saja. Setelah halus, masukkan ke dalam wadah yang akan digunakan untuk mencampur adonan. Cara ini bisa kamu abaikan kalau ingin membuat tahu walik kriuk tanpa daging.

4. Campurkan bahan-bahan lainnya ke dalam daging ayam yang sudah dihaluskan

campurkan semua bahan | credit: CR Cook via Youtube

Dalam wadah berisi ayam yang sudah dihaluskan, masukkan bahan tahu walik lainnya. Masukkan ayam giling, tepung tapioka, tepung terigu, daun bawang, bawang putih, garam, kaldu ayam bubuk, dan merica bubuk, lalu aduk sampai merata. Cara membuat tahu walik juga bisa tanpa tepung tapioka, kamu cukup gunakan tepung terigu saja. Kamu juga bisa membuat variasi tahu walik lainnya, misalnya dengan cara membuat tahu walik isi mercon yang pedas.

Cek aneka #ResepAndalanmu lain yang bisa kamu coba di sini.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

Loading...