Cara Menggunakan Rice Cooker yang Tepat agar Awet dan Tak Cepat Rusak

Sudah rutin bersihkan penampung uap airnya belum?

Kalau boleh memilih cara untuk memasak nasi, kebanyakan orang sekarang memilih menggunakan rice cooker. Ketimbang cara tradisional, penggunaan rice cooker lebih praktis dan mudah. Alat ini juga bisa menjaga nasi tetap hangat sehingga bisa dinikmati kapan saja.

Advertisement

Cara memasak nasi menggunakan rice cooker cukup dengan beberapa langkah saja. Dengan membaca petunjuk menggunakan rice cooker saja, semua orang akan langsung paham. Namun, kebanyakan orang menggunakan alat penanak nasi ini dengan asal-asalan sehingga mudah rusak. Untuk menggunakan rice cooker dengan aman, kamu bisa melakukan cara-cara berikut ini.

1. Hindari mencuci beras langsung dalam rice cooker

mencuci beras | credit: Pixabay

Kebanyakan orang mencuci beras di panci rice cooker. Pasalnya, cara ini memang sangat praktis dan tidak menambah wadah kotor di rumah. Pancinya pun terlihat kokoh dan tebal, jadi bisa dengan yakin menggunakannya untuk mencuci beras.

Padahal, cara mencuci beras dengan panci rice cooker ini bisa merusak pancinya, lo. Butiran beras yang kasar bisa mengikis dan menggores lapisannya hingga rusak. Lebih baik cuci beras di wadah lain lebih dulu baru pindahkan ke panci rice cooker. Cara menggunakan rice cooker seperti itu akan meminimalisasi kerusakan.

Advertisement

2. Jangan gunakan sendok berbahan metal untuk mengambil nasi

pakai sendok kayu | credit: Piqsels

Siapa yang masih suka menggunakan sendok makan besi untuk mengambil nasi? Meskipun terkesan sepele, cara menggunakan rice cooker digital seperti ini juga bisa merusak rice cooker milikmu. Sendok berbahan metal bisa menggores lapisan dalam panci sehingga membuatnya rusak. Sebaiknya, gunakan sendok berbahan kayu atau centong nasi berbahan plastik untuk mengambil nasi.

3. Jangan membuka rice cooker selama nasi dimasak

jangan dibuka saat masak | credit: Flickr

Proses memasak nasi menggunakan rice cooker sangat bergantung dari uap air yang terbentuk di dalam. Kalau tutup rice cooker kamu buka di tengah-tengah memasak, nasi bisa jadi tidak matang sempurna. Nasi yang sudah matang ditandai dengan bunyi atau perubahan indikator cook menjadi warm. Setelah matang, barulah kamu bisa mengaduk nasi agar lebih tanak hasilnya.

4. Masak nasi sesuai kapasitas rice cooker, jangan terlalu sedikit ataupun terlalu banyak

secukupnya saja | credit: Flickr

Advertisement

Memasak nasi biasanya memang disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau memasak di rumah, biasanya kita memasak dalam jumlah yang lebih banyak. Sementara saat di kos, orang-orang biasanya cenderung memasak lebih sedikit. Padahal, terkadang ada batas minimal dan maksimal memasak nasi di rice cooker.

Biasanya, batas minimal rice cooker sedang adalah 3 cup beras, sedangkan rice cooker kecil 1 cup beras. Maka dari itu, hindari memasak nasi terlalu sedikit dan jangan pula berlebihan. Memasak nasi terlalu banyak bisa membuatnya meluber saat nasi matang.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

Loading...