Lakukan 6 ‘Perlawanan’ ini Saat Kamu Kena Catcalling di Jalan. Kalau Dibiarin Aja Bisa Tuman!

Cara menghadapi catcalling

Pernah nggak sih ketika lagi asyik jalan sendirian, tiba-tiba ada orang asing yang bersiul dan melontarkan komentar menyebalkan? Ya, tindakan mengesalkan ini sering disebut dengan catcalling. Nggak peduli usia atau pakaian yang dipakai, beberapa cewek yang jalan sendirian sering kali menjadi korbannya.

Memang sih kamu bisa bersikap cuek saja, tapi kalau terus-terusan didiamkan, pelaku catcalling malah makin menjadi. Berikut beberapa hal yang baiknya dilakukan ketika jadi korban catcalling di jalan.

1. Kalau pelaku catcalling lebih dari satu orang dan kamu jalan sendirian, mending percepat langkahmu dan hindari gerombalan tersebut

jalan cepat via www.dailydot.com

Advertisement

Bukan berarti takut, hal ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang nggak diinginkan. Usahakan untuk segera mendatangi keramaian agar para pelaku nggak terus mengganggumu.

2. Tapi jika pelaku juga sendirian, kamu bisa menunjukan sikap nggak suka dengan menatap matanya

tatap matanya via www.cosmo.ph

Jangan terlihat menundukan kepala, sebab bisa saja pelaku makin menggodamu kalau kamu terlihat takut. Lakukanlah kontak mata agar pelaku sadar bahwa ia melakukan kesalahan. Buat pelaku menyesal telah berbuat nggak sopan terhadapmu.

3. Jika situasi memungkinakan atau kamu nggak sedang berada di tempat yang begitu sepi, beranikanlah untuk menegur

“Saya nggak nyaman dan yang kamu lakukan itu nggak sopan.”

Advertisement

Baiknya tegurlah dengan nada suara yang tegas dan berani. Kalau kamu berani menunjukkan sikap, pelaku pun nggak akan bersikap aneh-aneh lagi terhadapmu. Barangkali ini juga bisa membuat mereka sadar.

4. Nah, kalau pelaku bahkan sampai mengikutimu, segeralah pura-pura menelepon

pura-pura telepon via www.shutterstock.com

Katakan bahwa kamu sudah hampir sampai di tempat janjian ketemuan. Buat pelaku takut, seolah kamu akan bertemu dengan banyak temanmu. Atau, kalau kamu benar-benar merasa ketakutan, segeralah telepon orang terdekat dan minta bantuan.

5. Cobalah lakukan hal aneh seperti tertawa kencang jika nyalimu memang cukup besar

tertawa via www.canva.com

Selain tertawa, kamu pun bisa mengarahkan jempol ke bawah sebagai tanda bahwa kamu nggak suka dengan godaan mereka. Meski begitu, kamu pun harus tahu situasi lo! Jangan sampai ini malah membuat mereka kesal dan menyakitimu.

6. Memang sih mengesalkan, tapi usahakan jangan sampai terpancing emosi

jangan emosi via www.hipwee.com

Kalau kamu terpancing emosi, pelaku malah merasa bahwa tindakannya berhasil membuatmu nggak nyaman. Nah, jika memang berani merespon, mending beri teguran satu atau dua kalimat saja lalu segera tinggal pergi. Hal ini bisa meminimalisir tindakan berbahaya dari pelaku.

Menghadapi catcalling bukanlah perkara mudah. Tapi setidaknya, kamu bisa membuat pelaku sedikit jera dengan melakukan beberapa tindakan-tindakan ini. Tapi, kalau pelaku memang nggak kapok, mending kamu mengalah buat mencari rute jalan lain. Tetap waspada, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE