8 Cara Menghilangkan Noda di Baju Putih yang Susah Hilang. Sederhana!

Cara menghilangkan noda di baju putih

Salah satu kekhawatiran memiliki baju putih adalah saat terkena noda. Noda di baju putih bakal terlihat jelas dan bikin nggak percaya diri saat memakainya, padahal itu baju kesayangan. Apalagi kalau noda itu adalah noda membandel yang susah hilang, pasti bikin PR banget, kan?

Advertisement

Namun, sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi karena ternyata tanpa pemutih pakaian pun noda di baju putihmu bisa hilang secara alami hanya dengan menggunakan beberapa bahan rumah tangga. Bahan apa saja yang bisa menghilangkan noda di baju putih? Yuk simak detilnya berikut ini.

1. Hanya dengan menggunakan garam, noda kotor di baju putih bisa hilang dengan cepat

Garam | Credit: Photo by Artem Beliaikin from Pexels

Menghilangkan noda di baju putih dapat menggunakan garam secukupnya dan dicampur dengan air dingin. Setelah garam dan air sudah tercampur, rendam baju putih di dalamnya kemudian diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, kamu bilas baju putih tersebut dengan sabun dan air hangat. Namun, kamu harus pastikan jangan mencuci baju putih dengan baju warna lainnya bersamaan.

2. Campuran baking soda dan air juga bisa jadi alternatif untuk menghilangkan noda di baju putih

Baking soda | Credit: Photo by NatureFriend from Pixabay

Tak hanya berfungsi sebagai bahan pembuatan kue, tetapi baking soda atau soda kue juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan penghilang noda di baju. Caranya pun mudah, kamu hanya perlu mencampurkan baking soda dan air hingga membentuk pasta. Gunakan pasta soda kue tersebut untuk menggosok noda di baju dengan sikat gigi. Setelah itu, tunggu selama 30 menit. Jika sudah, bilas dengan air dingin atau hangat, lalu cuci baju seperti biasa.

Advertisement

3. Bahan alami seperti lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda di baju

Lemon | Credit: Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Air perasan buah lemon dipercaya sebagai salah satu jenis pembersih serbaguna termasuk pakaian. Kamu hanya perlu mencampurkan air perasan lemon dengan air hangat, lalu rendamlah baju putih tersebut di dalamnya minimal selama satu jam. Setelah terendam satu jam, bilas baju putih hingga tiga kali, lalu jemur di bawah sinar matahari langsung.

4. Selanjutnya, penyedap makanan ternyata juga bisa jadi solusi baju putih yang terkena noda membandel

Penyedap makanan | Credit: Photo by BLACK17BG from Pixabay

Bahan yang satu ini terbilang unik karena ternyata bisa digunakan sebagai penghilang noda di baju putih. Tak hanya bisa memberikan rasa nikmat pada makanan, rupanya merendam baju putih yang bernoda ke dalam campuran air, penyedap makanan, dan deterjen dapat membuat noda tersebut hilang. Pastikan kamu sudah merendamnya selama 30 menit sebelum dibilas dengan air bersih dan menjemurnya.

5. Ajaib banget, ternyata roti gandum putih menjadi salah satu solusi menghilangkan noda di baju putih

Roti Gandum | Credit: Photo by Cats Coming from Pexels

Biasanya roti gandum berfungsi sebagai menu sarapan pengganti nasi, ternyata selain menjadi salah satu bahan pangan yang sehat, roti gandum putih bisa difungsikan untuk menghilangkan noda di baju putih. Bahkan, kamu hanya perlu menggosokkan roti tersebut di bagian noda pada baju. Setelah itu, kamu bisa mencuci baju seperti biasa.

Advertisement

6. Selain membuat gigi menjadi putih bersih, pasta gigi juga bisa mengembalikan warna baju putih seperti semula tanpa noda

Pasta gigi | Credit: Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Sebagai produk pembersih gigi dan mulut, ternyata pasta gigi juga ampuh menghilangkan noda di baju putih. Sama seperti saat sikat gigi, kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi merek apa saja secukupnya pada noda di baju putihmu, dan menyikatnya hingga bersih. Setelah itu, bilas dan cuci baju seperti biasa.

7. Bahan lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai penghilang noda di baju putih adalah alkohol cair

Alkohol | Credit: Tokopedia

Kamu sudah tahu belum kalau alkohol cair bisa dipakai untuk menghilangkan noda di baju? Ternyata penggunaan alkohol cair untuk menghilangkan noda di baju dinilai cukup efektif. Salah satu noda di baju dapat dihilangkan dengan alkohol cair adalah noda lipstik. Penggunaan alkohol cair untuk menghilangkan noda di baju hanya dengan menuangkannya ke bagian baju yang bernoda. Setelah itu, gosok dengan cotton bud dengan arah memutari noda hingga memudar. Selanjutnya, kamu bisa mencuci baju seperti biasa.

8. Bahan dapur seperti cuka juga efektif untuk menghilangkan noda di baju putih

Cuka dapur | Credit: Tokopedia

Cuka dapur dipercaya bisa memutihkan kembali baju putih yang terkena noda, bahkan noda membandel sekalipun. Sifat asam cuka mampu menetralisir noda yang menempel di baju putih. Merendam baju putih yang bernoda ke dalam campuran air dan setengah cangkir cuka dapur selama satu jam. Setelah itu, kucek dan bilas baju dengan air bersih dan tambahkan detergen untuk hasil yang maksimal.

Nah, sekarang kamu nggak perlu bingung lagi kalau baju putih kesayanganmu terkena noda, karena ternyata beberapa bahan di rumahmu bisa jadi solusi untuk menghilangkan noda di bajumu. Selamat mencoba 🙂

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE