5 Cara Menghilangkan Noda Permen Karet yang Menempel pada Pakaian

Kalau nggak segera dihilangkan bisa makin susah dilepas dari pakaian

Noda permen karet yang menempel di pakaian memang sering membuat hati sedih. Pasalnya, noda ini termasuk yang paling sulit dibersihkan dari pakaian. Permen karet bisa menempel di pakaian tanpa sobat Hipwee sadari, khususnya di celana. Kadang permen karet tertinggal di tempat duduk umum dan sobat Hipwee tidak memperhatikannya.

Advertisement

Alhasil ketika duduk, permen karet menempel di celana dan membuat sobat Hipwee merasa sebal dan jijik. Terlebih jika noda permen karet menempel di baju kesayangan, pasti sangat menyebalkan.

Namun jika sudah terlanjur terkena noda permen karet, jangan buru-buru putus asa dan memilih untuk membuang pakaian tadi. Dilansir dari beberapa sumber, ada beberapa cara untuk membersihkan noda permen karet secara tuntas.

1. Memasukkan pakaian ke freezer

Photo by Mick Haupt

Nah, cara ini adalah cara yang cukup mudah dilakukan ketika pakaian sobat Hipwee terkena noda permen karet.

Advertisement

Caranya, masukkan pakaian tadi ke plastik ziplock dengan sisi pakaian yang terkena permen karet menghadap ke atas. Pastikan permen karet atau pakaian tidak menyentuh kantong.

Dengan cara ini, permen karet akan membeku dan mengeras. Sehingga kamu dapat dengan mudah mengambil permen karet yang menempel tadi.

Advertisement

2. Menggunakan cuka panas

Selain untuk memasak, ternyata cuka putih memiliki kegunaan lain lo! Salah satunya adalah untuk membersihkan noda permen karet yang menempel di pakaian.

Caranya cukup mudah, panaskan cuka putih yang sudah kamu tuangkan ke mangkuk atau wadah lain. Kamu bisa menggunakan microwave ataupun dengan kompor.

Kemudian jika cuka sudah panas, masukkan bagian pakaian yang terkena permen karet ke dalamnya. Biarkan beberapa menit di dalamnya. Cuka akan bekerja dengan merusak elemen pengerat dari permen karet sehingga mudah dibersihkan.

3. Menyetrika bagian yang terkena permen karet

Photo by Filip Mroz

Sobat Hipwee bisa menggunakan setrika untuk membersihkan noda permen karet di pakaian.

Pertama-tama, taruh karton di atas papan setrika. Kemudian taruh bagian pakaian yang terkena permen karet di atas karton.

Setelah itu tutup dengan sapu tangan atau kain lain. Jika sudah, setrika bagian tadi selama beberapa putaran sampai permen karet meleleh dan menempel dan menempel pada karton.

4. Menggunakan sabun cuci colek

Photo by No Revisions

Sobat Hipwee cukup menaruh sabun colek di atas noda permen karet. Diamkan selama setengah jam. Nantinya permen karet akan mengendur dan bisa mudah lepas dengan menyikatnya.

5. Menggunakan semprotan rambut

Semprot area yang terkena noda permen karet dengan hair spray. Semprotan ini akan membuat permen karet dingin dan mengeraskannya.

Setelah itu kamu bisa dengan mudah membersihkan noda tadi. Jika belum tuntas, ulangi cara tadi sampai semua noda hilang.

Itulah beberapa tips yang dapat sobat Hipwee praktikkan jika ada noda permen karet yang menempel di pakaian.

Jika sobat Hipwee punya cara lain, tulis di komentar ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya More

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

Loading...