Cara Menghilangkan Noda Tetesan Air di Dinding Kamar Mandi Paling Efektif

Penting banget buatmu yang sering mandi pakai air hangat

Dinding kamar mandi sangat rentan terhadap noda tetesan air, terutama di bagian dindingnya. Hal ini menyebabkan tampilan dinding menjadi kotor dan nggak enak dilihat. Noda tetesan air ini disebabkan karena kelembapan udara yang naik dan menguap sewaktu kita mandi air panas. Uap tersebut akan menjadi dingin dan berubah menjadi embun yang menempel di dinding, terutama bagian atas. Walaupun embun menetes, akan ada bekas yang mengering dan menyebabkan noda berbentuk tetesan  di dinding kamar mandi.

Advertisement
|

Membersihkan noda tetesan air di dinding kamar mandi ini cukup merepotkan, karena jika tidak hati-hati, dinding malah jadi semakin rusak tampilannya. Nah, berikut tips untuk mencegah dan mengatasi noda tetesan air yang menempel di dinding kamar mandi.

Cara menghilangkan noda tetesan air di dinding kamar mandi

Photo by Chastity Cortijo via unsplash.com

Membersihkan noda di dinding yang dilapisi cat dan wallpaper memang cukup sulit, dan jika tidak berhati-hati malah akan merusak lapisan dan membuatnya tampilannya jadi lebih buruk.

1. Menggunakan campuran detergen dan cuka

Sobat Hipwee dapat menggunakan campuran satu sendok teh detergen bubuk, seperempat sendok teh cuka, dan air satu liter. Kemudian gosokkan ke dinding secara perlahan agar tembok tidak rusak.

Advertisement
|

2. Menggunakan sabun cuci piring

Selain itu, sobat Hipwee bisa menggunakan sabun cuci piring yang dicampur dengan seember air hangat.

3. Menggunakan campuran cuka dan baking soda

Jika tidak berhasil, gunakan campuran satu cangkir amoniak, setengah cangkir cuka, seperempat cangkir baking soda, dan 3,5 liter air hangat. Semprotkan cairan tersebut ke dinding dan kemudian gosok dengan halus menggunakan spons.

Cara mencegah noda air di dinding kamar mandi

Photo by R ARCHITECTURE via unsplash.com

Advertisement
|

Walaupun ada cara untuk mengatasi noda air di tembok, lebih baik membuat tindakan pencegahan untuk meminimalisir adanya noda air.

1. Ventilasi

Sirkulasi kamar mandi sangat penting untuk diperhatikan, selain untuk menjaga udara dan kelembapan di kamar mandi, ventilasi yang baik juga akan menjadi jalan masuk cahaya matahari yang menghambat terjadinya penjamuran di tembok.

2. Membuka jendela dan pintu

Dengan membuka jendela dan pintu kamar mandi setelah digunakan akan membantu sirkulasi udara dan mengeluarkan uap yang ada di dalamnya.

3. Membersihkan air di tembok

Jika sobat Hipwee melihat ada air di tembok, ada baiknya untuk segera mengelap air tersebut. Hal ini juga dapat meminimalisir adanya noda tetesan yang tercipta karena air tadi.

Itulah beberapa tips mengenai cara  membersihkan dan mencegah noda air di dindinf kamar mandi. Jika sobat Hipwee punya cara lain, tulis di kolom komentar ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

Loading...