6 Tips Mengukus Makanan yang Rasanya Tetap Enak dan Sehat. Nggak Benyek!

SoHip, saat ini minyak goreng menjadi salah satu bahan untuk memasak yang harganya sedang melonjak di pasaran. Tidak heran, jika harga-harga gorengan seperti bakwan ikut naik.

Advertisement

Makanan yang digoreng memiliki rasa yang gurih dan juga renyah, tentunya lebih menggugah selera, ya, SoHip. Namun, dengan kelangkaan minyak goreng dan harga yang mahal, kita tidak perlu khawatir.

Kita bisa mencoba beralih ke metode memasak yang lebih hemat minyak dan tidak kalah lezat, yakni dengan cara mengukus. Mengukus merupakan salah satu cara paling sehat untuk menyiapkan masakan. Dengan cara mengukus, sayuran bisa mempertahankan nutrisinya, tetap renyah, dan tentunya menghasilkan kalori yang sedikit.

Berikut tips mudah memasak hidangan yang dikukus agar tetap lezat dan menyehatkan.

Advertisement

1. Gunakan air yang cukup dan mendidih

Mendidihkan air merupakan awalan cara mengukus | Foto oleh Yan Krukov dari Pexels

Sebelum SoHip akan memasak dengan cara mengukus, Sohip harus mempersiapkan air secukupnya. Didihkan air terlebih dahulu agar air tidak naik dan meresap ke dalam bahan masakan. Gunakan air yang mendidih, agar suhu stabil.

2. Potong-potong bahan dengan ukuran yang sama

Memotong ukuran bahan masakan agar mengukus lebih matang merata | Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Memotong bahan masakan dengan ukuran yang sama sangat penting. Hal ini bertujuan agar mengukus lebih matang merata dan maksimal dalam sekali mengukus, sehingga lebih menghemat waktu.

3. Menggunakan cairan beraroma ketika mengukus

Menambah kaldu saat mengukus akan menambah rasa ekstra | via edimdoma

Setelah menggunakan air mendidih, SoHip bisa mengukus menggunakan cairan beraroma seperti kaldu atau ekstrak anggur agar menambah rasa ekstra tanpa menambah kalori. Bisa juga mengunakan air cuka dengan rasa buah-buahan. Agar menambah rasa pada makanan yang akan dikukus.

Advertisement

4. Menambah perasa ke cairan untuk mengukus

Menambah perasan cairan bisa menambha rasa pada makanan| By Snapwire from Pexels

Menambah perasa seperti kulit lemon, irisan bawang putih, atau perasa lainnya cocok dimasukkan ke dalam cairan untuk mengukus ayam atau kentang. Bisa juga menggunakan minyak wijen ke dalam cairan untuk mengukus ayam, ikan, atau sayuran. Jika SoHip akan mengukus ikan, kerang, atau makanan laut lainya, kamu bisa menggunakan irisan bawang bombai, peterseli, dan jus lemon.

5. Marinasi bahan terlebih dahulu dengan bumbu- atau rempah-rempah

Marinasi bahan sebeum mengukus akan meresap pada makanan | credit pinterest

Memasukkan banyak bumbu dapat menambah rasa pada makanan, serta melunakkan daging, dan ikan. Jika hendak memasak ikan atau ayam, biarkan bumbu halus meresap sekitar saju jam sebelum dikukus. Untuk filet ikan, bisa direndam dalam campuran kecap, minyak wijen, cuka anggur, dan jus lemon.

6. Kukus di parchment paper, alumunium foil atau di daun pisang

Metode mengunakan parchment paper, alumuniom atau daun pisang bisa membuat rasa makan lebih kuat | Foto oleh Angela Roma dari Pexels

Saat mengukus makanan, alat-alat masak seperti parchment paper, alumunium foil dan daun pisang, bisa digunakan sebagai pembungkus makanan yang dikukus. Makanan yang dibungkus dapat menghasilkan uap saat dipanaskan yang dengan cepat melembutkan isian kukusan dan metode ini membuat rasa makanan akan lebih kuat.

Nah, itu dia tips-tips bagaimana cara mengukus agar makanan bisa lebih enak. Jadi sekarang, SoHip tidak ada alasan untuk takut mengelola makan dengan cara mengukus, ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

Loading...