Cara Menyalakan Kompor Listrik yang Aman

Saat ini, penggunaan kompor listrik sebagai kebutuhan rumah tangga banyak diminati. Pasalnya, penggunaan kompor listrik ini lebih praktis dan tidak perlu harus membeli gas elpiji lagi. Penggunaan kompor listrik ini cukup menggunakan daya listrik yang ada di rumah saja. Meskipun begitu, dalam penggunaan kompor listrik juga perlu hati-hati. Sebab, kompor listrik merupakan perabotan elektronik yang berpotensi menyebabkan korsleting jika tidak digunakan secara benar.

Advertisement

Mungkin SoHip penasaran nih, bagaimana sih cara menyalakan kompor listrik yang aman dan benar bagi pemula? Nah, berikut Hipwee rangkum cara menyalakan kompor listrik yang aman. Simak ya, penjelasannya.

1. Pastikan bahwa daya listrik di rumah memadai untuk menggunakan kompor listrik

credit: André François McKenzie via unsplash

Sebelum memutuskan menggunakan kompor listrik, kamu harus tahu terlebih dahulu apakah daya listrik di rumahmu memungkinkan untuk menggunakan kompor listrik. Sebab, pada umumnya kompor listrik memiliki tegangan sekitar 700 watt sampai 2000 watt. Jika daya listrik di rumahmu tidak cukup besar, maka lebih baik pertimbangkan kembali untuk menggunakan kompor listrik.

2. Nyalakan kompor listrik sesuai dengan petunjuk

credit: Ray Zhou via unsplash

Masing-masing kompor listrik memiliki desain dan jenis yang berbeda-beda. Ada yang dapat dinyalakan dengan menggunakan tombol ON, namun ada juga yang memiliki tombol putar untuk menyalakan api. Oleh sebab itu, penting untuk membaca buku petunjuk terlebih dahulu untuk tahu cara menyalakan kompor listrik.

Advertisement

3. Sesuaikan suhu kompor

credit: KWON JUNHO via unsplash

Sesuaikan metode kompor dengan jenis masakan yang dimasak. Beberapa kompor ada yang memiliki opsi menggoreng, merebus, dan menghangatkan. Dengan memilih kategori yang ada, kamu tidak perlu lagi mengira-ngira berapa suhu yang pas untuk membuat masakanmu matang.

Selain itu, beberapa kompor listrik ada yang sudah dilengkapi dengan fitur timer. Kamu juga bisa menggunakan timer sebagai pengingat dan jangan sampai membiarkan kompor terlalu lama menyala. Karena, kompor bisa saja mengalami korsleting ketika dihidupkan terlalu lama. Penggunaan timer dapat membantu kompor mati secara otomatis ketika waktu sudah habis.

4. Cabut kabel listrik setelah digunakan

credit: Eduardo Pastor via unsplash

Setelah memasak menggunakan kompor listrik, maka jangan lupa untuk mencabut kabel kompor listrik dari stop kontak. Karena panas yang dihasilkan oleh kompor listrik dapat bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan kompor gas biasanya. Maka, segera pindahkan masakan ke wadah yang tepat untuk menghindari terjadinya over cooked jika masakan tetap berada di atas kompor listrik.

Advertisement

5. Jangan lupa untuk membersihkan kompor listrik secara rutin

credit: JESHOOTS.COM via unsplash

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan yaitu membersihkan kompor listrik dari bercak atau noda yang timbul setelah memasak. Untuk membersihkan kompor listrik tidak begitu sulit, kamu bisa menggunakan lap microfiber yang kering ataupun lembap.

Setelah mengetahui beberapa cara menyalakan kompor listrik bagi pemula, berikut Hipwee jabarkan mengenai kelebihan dan kekurangan kompor listrik.

Kelebihan penggunaan kompor listrik:

  • Lebih aman dari risiko kebocoran gas
  • Mudah mengatur suhu sesuai dengan kebutuhan
  • Tidak terdampak jika terjadi kelangkaan gas elpiji
  • Lebih mudah dibersihkan

Kekurangan kompor listrik:

  • Penggunaan daya listriknya cukup besar, sehingga harus menyesuaikan dengan daya listrik yang ada di rumah
  • Saat mati listrik tidak dapat digunakan
  • Penggunaan peralatan masak lebih terbatas karena menyesuaikan dengan bentuk kompor listrik

Jadi, gimana SoHip? Tertarik untuk punya dan pakai kompor listrik di rumah?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya More

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Amateur yang menjadikan menulis sebagai kesibukan yang dibuat-buat ✌️

Loading...