6 Cara Menyimpan Kue Kering Lebaran Biar Tahan Lama. Merenyahkan Kue yang Melempem pun Bisa

Cara menyimpan kue kering

Menjelang Lebaran, biasanya kita menyiapkan aneka kue kering di rumah. Mulai dari kastengel, nastar, putri salju, dan masih banyak lagi. Kudapan manis ini bisa dimakan sendiri maupun disuguhkan ke para tamu. Rasanya enak dan bikin pengen ngunyah terus! Tetapi, kamu perlu berhati-hati supaya kue kering itu nggak melempem.

Advertisement

Ada berbagai cara untuk membuat kue keringmu tetap awet dan renyah. Mulai dari memerhatikan kondisi kuenya sebelum disimpan, memilih wadah yang tepat, sampai melakukan langkah darurat kalau kuenya udah telanjur melempem. Yuk, simak caranya!

1. Kalau kamu membuat kue kering sendiri, dinginkan dulu kuenya setelah matang. Jangan sampai masih mengeluarkan uap panas tapi udah dimasukin aja ke stoples

kue di atas baking rack via www.shutterstock.com

Membuat kue kering sendiri memang lebih murah daripada membeli di toko. Setelah kuemu matang dan diangkat dari oven, tunggu sejenak sampai dingin sebelum memasukkannya ke dalam stoples. Kalau nggak begitu, uap panas dari kue bakal membuat stoples lembap sehingga isinya cepat melempem. Gunakan baking rack supaya lebih cepat mendinginkan kuenya.

2. Simpan kue kering di dalam stoples yang kering dan kedap udara. Tutuplah dengan benar setiap kali mengambil kuenya

di dalam stoples kaca via www.tasteofhome.com

Kondisi stoples sangat memengaruhi isinya. Sebelum memasukkan kue, pastikan stoples dalam keadaan kering. Kamu bisa melapnya dulu dengan kain bersih, mengangin-anginkan, atau menjemurnya sejenak. Barulah setelah itu masukkan kue ke dalam stoples. Jangan lupa untuk menutupnya dengan rapat setiap kali habis mengambil kuenya ya~

Advertisement

3. Hindari menyimpan kue kering di dalam wadah plastik. Selain gampang melempem, aroma kuenya juga bisa berkurang

berbagai jenis kue kering via www.liputan6.com

Banyak orang yang menyimpan kue di wadah plastik karena lebih praktis. Padahal cara ini bisa membuat isinya cepat melempem lo. Bau alami dari plastik juga bisa menghilangkan aroma kue keringnya. Karena itu, lebih baik gunakan wadah yang terbuat dari kaca. Aroma dan kerenyahan kuenya bakal terus terjaga.

4. Jangan mencampur kue kering dengan kue yang bertekstur lembut. Pisahkan keduanya dalam wadah terpisah

Macam-macam kue kering via www.shutterstock.com

Biasanya, ada dua jenis kue kering yang dijual, yaitu kue bertekstur renyah dan lembut. Hindari menyimpannya dalam wadah yang sama. Pasalnya, suhu dari kue yang lembut bisa mempengaruhi kue kering sehingga cepat melempem. Sebaiknya gunakan wadah yang berbeda supaya kue lebih awet dan gampang untuk membedakan isinya.

5. Kalau pengen kuemu tahan sampai berbulan-bulan, masukkan ke dalam kulkas. Suhu dinginnya bisa membuat kue tahan lama

Masukkan ke dalam kulkas via id.pinterest.com

Kalau kue udah jarang dimakan, coba deh simpan di dalam kulkas. Ternyata suhu dinginnya bisa membuat kue kering tetap renyah dan awet. Tetapi, pastikan kamu menempatkan kue itu dalam stoples yang ditutup rapat. Jangan membiarkannya terbuka begitu aja karena bisa cepat melempem dan aromanya tercampur dengan makanan lain yang disimpan di kulkas.

Advertisement

6. Kalau kue keringmu udah telanjur melempem, jangan khawatir. Panaskan aja di oven supaya renyah lagi

Panaskan di oven via sajiansedap.grid.id

Terkadang, kita melakukan kesalahan yang membuat kue kering jadi melempem. Tetapi jangan khawatir, bisa dibuat jadi renyah lagi kok! Panaskan aja kuenya di dalam oven dengan suhu sekitar 150 derajat Celcius. Setelah 5-10 menit, angkat kue itu dan dinginkan sejenak. Lalu kamu bisa menyantapnya lagi dengan nikmat.

Itulah berbagai cara untuk membuat kue kering tetap renyah dan awet. Ternyata sederhana dan gampang diterapkan ya! Dengan cara tersebut, tekstur dan aroma kue juga bakal tetap terjaga. Kamu dan orang-orang di sekitarmu pun bakal lebih senang saat memakannya.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE