Begini Cara Menyimpan Tas yang Baik dan Benar. Jangan Biasakan Digantung atau Ditumpuk Ya!

Cara menyimpan tas

Tas adalah barang yang pasti dibutuhkan semua orang tiap harinya. Sekalipun bukan fashionista atau peduli fashion, kamu pastinya punya sejumlah tas untuk melengkapi dan mengakomodasi berbagai aktivitasmu. Dari pelajar yang butuh tas sekolah, pekerja yang butuh tas dengan penyimpanan laptop, sampai penggila fasihon yang memang mengoleksi handbag bermerek. Nah, meskipun keberadaannya sangat penting, sayangnya masih banyak orang yang bingung atau belum tahu cara menyimpan tas yang baik dan benar.

Advertisement

Supaya awet dan tidak cepat berjamur, kamu nggak bisa asal-asalan menyimpan tas. Banyak tas bermerek dengan kualitas bagus akan percuma aja, kalau kamu nggak bisa menyimpannya dengan baik. Jadi, perhatikan cara-cara menyimpan tas ini. Yuk, langsung simak aja triknya!

1. Sebaiknya kebiasaan menggantung tas mulai ditinggalkan. Ini cara menyimpan tas yang salah kaprah

Photo by Rachel Claire from Pexels

Seperti sudah jadi pengetahuan bersama, menggantung tas adalah cara mennyimpan tas paling populer. Banyak orang mengadopsi cara ini karena tas akan tetap seperti bentuknya. Apalagi dengan cara ini, kamu nggak bakal susah menjangkau tas ketika sewaktu-waktu hendak pergi. Sayangnya, cara ini malah bikin tas mudah rusak. Tali tas akan gampang melar dan tertekuk. Untuk menyiasatinya, gulung tali tas dan simpan di rak atau lemari. Cara ini lebih aman diterapkan.

Advertisement

2. Jangan sekali-kali menumpuk tas karena bikin bentuknya tak rapi

Tas yang punya bentuk sebaik-baiknya tidak disimpan dengan cara ditumpuk | Credit: luanateutzi via depositphotos.com

Bentuk tas bisa rusak dan susah kembali seperti semula kalau nggak dijaga dengan baik. Hindari menyimpan tas dengan cara menumpuk. Pasalnya, cara ini justru bikin tas kusut, lecek, atau terlipat. Ada baiknya semua jenis tas disimpan sendiri-sendiri dengan posisi vertikal. Namun, cara nggak berlaku untuk tote bag, ya. Tas jenis ini bisa ditumpuk, tapi tetap harus diperhatikan kerapiannya.

Advertisement

3. Gunakan dust bag untuk pembungkus tas, ketimbang plastik yang malah bikin tas nggak bisa ‘napas’

Dust bag | Photo by Maria Rantanen via www.flickr.com

Didesain khusus untuk tempat penyimpanan barang-barang, dust bag menjadi pembungkus tas yang paling tepat. Soalnya, dust bag ampuh melindungi tas dari debu dan kotoran. Jika kamu masih menyimpan tas di bungkus plastik, ada baiknya hentikan mulai sekarang, ya. Plastik justru membuat tas lembap karena nggak ada aliran udara yang masuk. Supaya suhu udara tetap terjaga, kamu bisa tambahkan gel silica ke dalam dust bag. Sehingga udara di dalamnya masih tetap `ramah` untuk tas. Kelebihan lain dari dust bag, tas minim terkena gesekan dan goresan. Aman~

4. Agar tak penyok, manfaatkan kain atau bubble wrap untuk menjaga bentuk dan isi tas

Demi menjaga bentuk tas, isi bagian dalam tas ketika disimpan | Credit: alla_aramyan@mail.ru via depositphotos.com

Isi ruang tas dengan bubble wrap atau kain. Trik ini kerap dipakai untuk mencegah bentuk dan isi tas berubah. Isian tersebut bikin tas nggak penyok dan tetap tegak. Jika selama ini kamu bingung cara menyimpan tas ransel, trik ini bisa dipakai karena nggak terbatas untuk tas jinjing aja.

5. Untuk tas kulit, pastikan kamu menyimpannya dalam kondisi kering dan tidak lembap ya

MTas kulit | Photo by Kaz Carr via pixabay.com

Tas kulit termasuk jenis tas yang membutuhkan perawatan spesial. Makanya, cara menyimpan tas kulit pun tak sembarangan.  Setelah dibersihkan, baik dibersihkan sendiri atau pakai jasa profesional, pastikan tas kulitmu benar-benar dalam kondisi kering sebelum dimasukkan ke dalam tempat penyimpanan. Keringkan tas di dalam ruangan dan sebisa mungkin tidak terekspos sinar matahari ya~ Bila terpancar matahari, tas kulit akan kehilangan warnanya.

6. Simpan tas sesuai dengan waktu pemakaian

Ini trik penting yang bakal memudahkan hidupmu | Credit: stavklem_sale via DepositPhotos

Untuk memudahkan pengambilan, susun dan simpan sesuai waktu pemakaian. Taruh tas yang sering kamu pakai di tempat yang mudah dijangkaum misal di bagian rak atau lemari. Sehingga kamu nggak menyebabkan susunan penyimpanan tas jadi berantakan.

7. Untuk tas yang jarang digunakan, simpan di tempat khusus dan tambahkan baking soda

Penyimpanan tas khusus | Photo by Penabeckie via pixabay.com

Seharusnya tas memang rutin digunakan secara bergantian. Jika terlalu lama disimpan, tas akan beraroma tak sedap. Nah, untuk tas yang memang jarang dipakai, kamu perlu menempatkannya secara khusus. Akan lebih baik jika tas tersebut disimpan secara terpisah Kemudian kemas dengan rapi dan rapat. Untuk mencegah bau apek, tambahkan baking soda yang mempunyai senyawa antibakteri.

8. Kelembapan adalah musuh utama semua tas. Jadi pastikan lemari atau tempat penyimpananmu tidak lembap

Bisa rak tertutup atau terbuka, keduanya punya risiko masing-masing | Photo by Meruyert Gonullu from Pexels

Cara menyimpan tas agar tak jamuran adalah suhu udara nggak boleh lembap. Simpan tas di tempat sejuk dan kering. Baik rak atau lemari tertutup maupun terbuka, ada risikonya masing-masing. Kalau tempat penyimpananmu terbuka, kamu memang tidak perlu khawatir tentang kelembapan tapi harus rajin-rajin mengelap dan menghilangkan debu. Sedangkan jika tempat penyimpananmu tertutup, pastikan ada sekat atau dustbag diantara tas-tasmu. Plus kamu juga harus memakai kapur barus atau penghilang kelembapan.

Tempat yang paling ideal adalah rak terbuka dengan sekat. Bila terpaksa menggunakan tempat penyimpanan yang tertutup, pastikan suhu udaranya tetap kering dan jangan sampai lembap. Tak ada ketentuan yang saklek soal tempat penyimpanan tas ini, tapi biasanya beberapa orang menyimpan tas dalam lemari kaca. Cara ini dipakai untuk menyimpan tas kulit.

9. Jauhkan tas dari benda-benda tajam yang bisa menggores atau merobek seperti pulpen

Jauhkan tas dari benda tajam | Photo by Hippopx via www.hippopx.com

Selain susun denga rapi dan di ruangan yang sejuk, simpan pulpen di tempat aman. Jauhkan dari benda-benda tajam yang rentan bikin tas rusak seperti pulpen. Saat bepergian, kamu mungkin memasukkan pulpen ke dalam tas. Jadi, penting banget untuk memastikan pulpen atau barang lain nggak tertinggal di dalam tas. ya.

10. Gunakan tas secara bergantian, biar nggak usang

Pakai tas secara bergantian | Photo by Pxhere via pxhere.com

Saah satu trik untuk menjaga dan merawat tas adalah gunakan tas secara bergantian. Jangan simpan terlalu lama, ada baiknya kamu menggunakannya secara berkala. Cara ini bisa mencegah tas jadi usang. Alhasil, tas tampak tetap bagus seolah masih baru.

11 cara menyimpan tas di lemari atau rak di atas bisa kamu coba di rumah. Tak kalah penting, sediaka tempat untuk tas-tas koleksimu agar nggak tercampur dengan baju atau sepatu. Setelah itu, kamu bisa menyimpan dan enyusun tas seusia selera dan aturan di atas. Sedikit berbeda, cara menyimpan tas branded memiliki aturannya tersendiri, ya. Jadi, pisahkan terlebih dulu tas-tas bermerek yang kamu punya dengan tas biasa. Selamat mencoba~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya More

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

Loading...