8 Cara Merawat Jaket Kulit biar Tak Mudah Ngelupas

Jaket kulit adalah salah satu item fesyen multifungsi yang bisa bikin penampilanmu naik kelas, baik bagi cowok maupun cewek.  Pasalnya, jaket kulit memiliki berbagai macam fungsi. Nah, supaya jaket kulit tetap terlihat keren dan mengilap, kamu perlu mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan baik. Mulai dari membersihkannya, menjemurnya, hingga menyimpannya.

Advertisement
|

Jaket kulit sebenarnya nggak begitu rumit kok perawatannya. Biasanya saat membeli jaket kulit, akan ada petunjuk penggunaan serta cara perawatannya. Kendati demikian, kamu juga perlu tahu, nih, SoHip, beberapa cara lain dalam merawat jaket kulit agar tetap lemas dan tidak gampang berjamur. Ini dia~

1. Gunakan kain bersih untuk menghilangkan noda

gunakan kain bersih | Photo by biopolish.com

Rasanya cukup sulit untuk menghindari noda-noda, seperti saus, kecap, atau noda lainnya saat memakai jaket kulit. Akan tetapi, jika ada noda yang menempel di jaket kulit, sebaiknya kamu harus bersihkan secepat mungkin.

Usahakan pakai kain bersih atau handuk basah saja. Selain itu, perhatikan sabun atau produk pembersih yang digunakan. Berikut cara membersihkan noda yang menempel pada jaket kulit:

Advertisement
|
  • Pakai sabun yang lembut untuk membersihkan noda, seperti detergen, sampo bayi, ataupun sabun cuci piring.
  • Buat campuran sabun dan air.
  • Cari kain bersih sebagai bahan untuk membersihkan noda di jaket.
  • Lap bagian jaket kulit yang terkena noda secara perlahan-lahan.
  • Setelah itu, bersihkan sisa sabun dengan kain bersih lainnya.
  • Gantung jaket dan keringkan secara alami. Hindari terkena sinar matahari langsung.
  • Oleskan cairan pelembut bahan kulit di bagian yang kamu bersihkan untuk melembutkan jaket kulit dan mencegahnya agar tidak mengelupas.

2. Jangan cuci jaket kulit menggunakan mesin cuci

Photo by RODNAE Productions from Pexels

Cara selanjutnya dalam merawat jaket kulit adalah pastikan kamu tidak mencucinya menggunakan mesin cuci. Pasalnya, cara terbaik untuk membersihkan jaket kulit adalah dengan mengelap bagian-bagian tertentu yang terkena noda. Jika jaketmu terbuat dari kulit sapi, kulit domba, ataupun kulit kambing, sebaiknya jangan cuci menggunakan mesin cuci. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga agar jaket kulit tetap bagus dan tahan lama.

3. Saat mencuci jaket kulit, usahakan cuci dengan menggunakan tangan

cuci menggunakan tangan | Photo by serbajaketkulit.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cara terbaik untuk merawat jaket kulit agar tetap lemas adalah jangan sampai mencucinya dengan mesin cuci. Sebab, mencuci dengan mesin cuci akan merusak tekstur jaket kulit. Lebih baik cuci dengan menggunakan tangan. Kucek dengan perlahan bagian jaket kulit yang terkena kotoran atau noda.

Advertisement
|

4. Jangan cuci jaket kulit menggunakan air hangat

cuci pakai air dingin | Photo by moladin.com

Saat hendak mencuci jaket kulit, sebaiknya jangan sampai menggunakan air hangat atau panas. Pasalnya, jaket kulit justru akan mengerut. Sebaiknya, gunakan air dingin saat ingin mencucinya.

5. Pakai minyak zaitun untuk membuat jaket kulit terlihat lebih mengilap

lap dengan minyak zaitun | Photo by kamini.id

Seringkali jaket kulit terlihat tidak mengilap seperti saat pertama kali beli. Nah, salah satu cara terbaik agar jaket kulit terlihat mengilap lagi adalah mengoleskannya dengan menggunakan minyak zaitun. Cara merawat jaket kulit dengan minyak zaitun pun cukup mudah, tinggal tuangkan minyak zaitun ke kapas ataupun kain bersih, lalu lap ke seluruh permukaan jaket agar terlihat mengilap dan warnanya terjaga dengan baik.

Selain dengan minyak zaitun, kamu juga bisa menggunakan baby oil untuk merawat jaket kulit agar tidak mudah kering dan tetap mengilap.

6. Hindari terkena sinar matahari langsung saat dijemur

Photo by Skylar Kang from Pexels

Cara selanjutnya dalam merawat jaket kulit adalah jangan sampai menjemurnya di tempat yang langsung terkena sinar matahari. Setelah dicuci, cari tempat jemur yang sejuk atau berangin, entah itu di dalam ruangan atau pun di tempat yang tidak langsung terkena matahari.

7. Simpan jaket dengan cara digantung, jangan dilipat

Harus digantung, jangan sampai terlipat-lipat | Photo by Lea Øchel / Andrej Lišakov on Unsplash

Sebisa mungkin, sehabis pakai jaket atau mencucinya, jangan dilipat seperti baju-baju pada umumnya. Siapkan hanger baju, lalu gantung jaket kulit di lemari. Hal ini dilakukan untuk menjaga tekstur jaket kulit agar tidak mudah kusut dan tahan lama.

8. Jika diperlukan, kamu bisa menggunakan jasa laundry

Cari jasa profesional | Photo by m0851 on Unsplash

Jika kamu tidak sempat mencucinya, cara untuk merawat jaket kulit dengan baik adalah menggunakan jasa laundry. Setelah di-laundry, pastikan kamu minta laundry bag agar kelembapan jaket kulit dan kebersihan jaket kulit tetap terjaga setelah di-laundry.

Nah, itu dia 8 cara merawat jaket kulit agar tetap awet dan tahan lama. Bisa berhemat juga kan, beli jaket kulit sekali tapi untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama. Selamat mencoba, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Loading...