5 Cara Merebus Singkong Agar Empuk dan Merekah. Bisa Hemat Gas!

Cara merebus singkong agar empuk

Singkong atau ubi kayu merupakan salah satu bahan makanan yang disukai banyak orang. Selain enak dan mengenyangkan, singkong juga sangat mudah untuk diolah menjadi berbagai makanan lezat. Biasanya singkong direbus dulu sebelum diolah menjadi berbagai olahan supaya empuk, merekah, dan lembut.

Advertisement

Namun, cara merebus singkong agar empuk ada triknya, lo! Kalau direbus biasa, singkong butuh waktu yang lama hingga bisa empuk. Apalagi belum tentu menghasilkan tekstur yang merekah. Nah, supaya kamu bisa membuat singkong rebus yang empuk, berikut Hipwee kasih cara merebus singkong agar empuk dan merekah!

1. Pilih singkong yang baik dengan kulit luar yang mudah terkelupas biasanya menandakan teksturnya yang mudah empuk saat diolah

Singkong yang masih berkulit | Credit by Thomas Quine on Commons Wikimedia

Sebelum tahu cara merebus singkong yang benar, ketahui dulu cara memilih singkong yang masih bagus dan teksturnya paling baik untuk direbus. Saat membeli singkong, pilihlah singkong yang memiliki kulit ari atau kulit luar yang mudah terkelupas. singkong yang seperti ini biasanya punya tekstur yang empuk saat diolah.

Supaya singkong cepat empuk saat direbus, setelah dikupas dan dicuci bersih, potonglah menjadi bagian kecil-kecil kira-kira selebar 3 jari orang dewasa. Beri satu sayatan pada setiap potongan singkong.

Advertisement

2. Supaya hasilnya merekah, rendam singkong dengan air biasa atau air berbumbu sesuai selera

Cara merebus singkong agar empuk

Merendam singkong | Credit by Hilda Susanti on Cookpad

Tips memasak singkong agar empuk dan merekah adalah proses perendaman dengan air sebelum proses memasak. Jadi, setelah dicuci dan dipotong, singkong harus direndam dulu menggunakan air biasa yang diberi sedikit garam. Proses merendaman bertujuan untuk membuka serat singkong sehingga lebih mudah empuk saat diolah baik dengan cara direbus atau yang lainnya.

Selain menggunakan air garam, kamu juga bisa menambahkan bumbu sesuai selera jika ingin menghasilkan singkong yang gurih. Misalnya menggunakan bumbu bawang putih dan ketumbar yang dihaluskan atau menggunakan bumbu dasar kuning supaya warnanya lebih menarik. Proses perendaman cukup 15-30 menit sebelum lanjut untuk dimasak.

3. Rebus singkong dengan teknik 5-30-7 supaya cepat empuk dan menghasilkan tekstur yang lembut  dengan cepat dan bisa hemat gas~

Advertisement
Cara merebus singkong agar empuk

Proses merebus singkong dengan panci tertutup | Credit by Hilda Susanti on Cookpad

Setelah direndam, singkong bisa langsung direbus menggunakan air rendaman, jika kamu merendamnya menggunakan bumbu. Namun, jika hanya direndam dengan air garam dan kamu nggak mau singkongnya jadi asin, maka tiriskan dulu singkong yang sudah direndam. Kemudian rebus dengan air bersih biasa. Berapa lama merebus singkong agar empuk? Kamu bisa merebusnya selama 30 menit non-stop.

Tapi supaya perebusan lebih singkat, gunakan teknik 5-30-7 supaya cepat empuk dan nggak perlu terlalu lama merebusnya. Dengan teknik ini, kamu hanya perlu merebus singkong hingga mendidih dan tunggu 5 menit dengan panci yang tertutup rapat. Lalu matikan api dan diamkan selama 30 menit tanpa membuka tutupnya. Kemudian rebus lagi hingga mendidih dan tunggu 7 menit, singkong dijamin empuk.

4. Jika ingin singkong rebus yang empuk, merekah, gurih dan lembut, tambahkan santan kental saat perebusan kedua

Cara merebus singkong agar empuk

Nikmat langsung disantap | Credit by Choo Yut shing on Flickr

Tips merebus singkong agar empuk berikutnya yakni dengan menambahkan santan kental pada saat perebusan. Selain bisa menambah cita rasa  pada singkong, santan bisa melembutkan teksturnya sehingga lebih empuk dan merekah. Santan kental bisa ditambahkan saat proses perebusan kedua, jadi cukup dimasak selama 7 menit setelah mendidih.

Setelah 7 menit dan singkong terlihat merekah, matikan api kemudian tiriskan. Singkong rebus dengan tambahan santan kental ini sudah sangat nikmat jika mau disantap langsung. Jika kamu merebusnya tanpa tambahan bumbu, maka singkong rebus santan ini paling enak dinikmati dengan tambahan gula merah yang dicairkan. Dijamin, empuk, lembut dan nikmat!

5. Jika ingin singkong rebus untuk digoreng, rendam dengan air es setelah direbus supaya hasilnya merekah dan krispy

Cara merebus singkong agar empuk

singkong rebus, lalu digoreng | Credit by Marlina Efi on Cookpad

Setelah singkong direbus biasanya langsung disantap begitu saja atau digoreng lebih dulu. Nah, supaya menghasilkan gorengan singkong yang empuk dan krispy, jangan langung menggorengnya begitu selesai direbus, ya! Cara merebus singkong untuk digoreng yakni dengan merendamnya ke dalam air es setelah direbus.

Air es akan membuat tekstur luar singkong rebus menjadi mengeras, tapi bagian dalamnya masih empuk. Cukup rendam selama 3-5 menit kemudian tiriskan dan singkong siap digoreng. Supaya hasilnya lebih nikmat, kamu bisa merebus singkong untuk digoreng seperti ini dengan tambahan bumbu sesuai selera. Bisa juga dengan menambahkan bumbu tabur aneka rasa ala abang-abang gorengan~

Nah itulah beberapa cara merebus singkong agar empuk. Singkong yang sudah direbus dan empuk seperti ini jadi lebih mudah di kreasikan menjadi berbagai makanan. Selain mudah, praktis dan menghasilkan singkong rebus yang enak, kamu juga bisa mengkreasikan lagi dengan tambahan toping misalnya parutan kelapa, gula merah, keju, atau sesuai selera. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE