Cara Memakai Masker Dobel yang Benar Supaya Lebih Efektif dalam Proteksi Diri

Cara memakai masker yang benar

Udah tahu belum kalau 54 kasus varian baru Corona ditemukan di Indonesia?

Advertisement

Ya, kabar ini bukan mengada-ada lo. Meski banyak yang tampaknya terlena dengan libur panjang kemarin, harus diakui, kita memang masih berada dalam situasi pandemi. Lihat saja tren kasus masih tinggi setelah momen lebaran. Bahkan beberapa waktu lalu, Kementerian Kesehatan sudah mengonfirmasi varian baru Corona masuk ke Indonesia. Terhitung ada tiga varian baru yakni B117 (Alpha) asal Inggris, B1351 (Beta) dari Afrika Selatan, dan B1617 (Delta) dari India yang punya tingkat penularan tinggi. Belum lagi dengan tingkat vaksinasi yang masih minim, protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari ruangan yang kurang ventilasi semakin penting untuk dilakukan. 

Nah kalau bahas soal masker, setelah lebih dari setahun ‘hidup’ bermasker, apa nih masker andalanmu sehari-hari?

Pasti tiap orang sekarang punya pilihan masing-masing. Dari mereka yang sudah menemukan merek masker medis favorit, memilih pakai masker kain demi lingkungan, sampai yang rela merogoh kocek lebih untuk membeli masker N95, KN95, atau KF94 demi mendapatkan proteksi lebih. Apa pun maskermu, pastikan kamu tahu cara memakai masker dengan benar menutupi area hidung, mulut, sampai dagu dengan rapat. 

Advertisement

Biar nggak sia-sia, semua masker harus dipakai dengan benar | Infographic vector created by pikisuperstar – www.freepik.com

Selain itu, kamu juga harus paham bagaimana cara memakai masker dobel yang benar. Pemakaian masker dobel belakangan ini memang sempat jadi bahan perbincangan. Bahkan, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan penggunaan masker dobel atau lapis dua karena bisa meningkatkan proteksi dari virus yang ada di udara. Namun, kita nggak bisa asal menggunakan dua masker sekaligus. Jangan padu-padankan dua masker secara sembarangan, yuk perhatikan aturan ini!

1. Punya tingkat penyaringan yang optimal, gabungkan masker medis dan masker kain

Makser dobel | Photo by Bany_MM via pixabay.com

Untuk mengantisipasi virus Corona, kita butuh perlindungan ekstra. Selain selalu menjaga kebersihan, pakai masker dobel setiap kali bepergian. Sebenarnya anjuran pakai masker dobel ini sudah ada jauh sebelum varian baru Corona muncul. Penggunaan masker dobel sangat disarankan tanpa melihat jenis virusnya. Karena masker medis masih menyisakan ruang di antara hidung dan pipi, kemungkinan virus masuk masih lumayan tinggi.  Apalagi masker medis lebih rentan merosot ke bawah hidung. Makanya, kita perlu melapisinya dengan masker kain.

Advertisement

Cara menggunakan masker dobel:

  • Pakai masker medis untuk lapisan pertama
  • Tekan kawat tipis di bagaian atas masker ke arah wajah, ya. Tujuannya agar bentuk masker mengikuti hidung
  • Kemudian ambil masker kain yang terdiri dari 3 lapis. Gunakan sebagai lapisan kedua
  • Periksa kekencangannya agar tali masker terikat dengan baik bagian belakang kepala dan telinga
  • Pastikan nggak ada udara yang keluar-masuk dai sisi atas stau samping masker. Periksa dengan cara hembuskan napas
  • Meskipun harus dipakai cukup rapat, kita harus memakainya dengan nyaman. Jadi, usahakan masker nggak bikin pusing atau berkunang-kunang

2. Setelah dipakai, buang masker medis dan cuci kembali masker kain

Cuci masker kain | Photo by Congerdesign via pixabay.com

Meskipun ditutupi masker kain, masker medis atau masker bedah harus dibuang usai digunakan sesuai aturan pemakaiannya selama ini. Soalnya, masker medis memang nggak dirancang untuk digunakan berkali-kali. Kebalikannya masker medis, masker kain dapat digunakan lagi dengan syarat harus dicuci dulu sampai bersih. Agar bisa pakai masker dobel sehari-hari, cara yang tepat adalah kita harus punya stok masker kain yang cukup. Sehingga kita punya cadangan misal masker kain lainnya sedang dicuci.

3. Jangan sekali-kali memadukan dua masker medis sekaligus. Nggak ada pengaruhnya~

Contoh masker medis | Photo by leo2014 via pixabay.com

Cara selanjutnya dalam memakai masker dobel yang benar adalah jangan sekali-kali menggunakan dua masker medis sekaligus. Masker dobel ini cuma belaku untuk masker medis dan masker kain. Mungkin kita berpikir, dua masker akan membuat tingkat penyaringan masker makin efektif. Namun di luar dugaan, dua masker medis yang digunakan bersamaan malah nggak ada pengaruhnya sama sekali. Selama ini masker medis memang tak didesain untuk dipakai 2 lapis sekaligus. Alhasil, dua masker medis nggak punya tingkat filtrasi yang baik.

Kamu juga tidak perlu pakai masker dobel kalau sudah memakai masker N95, KN95, KF94, atau yang setara. Masker-masker ini sudah dites dan mendapat sertifikasi memiliki tingkat filtrasi tinggi.  

Masker KN95 | Photo by Markus Winkler via pixabay.com

Itu sekilas tentang cara pemakaian masker dobel. Pemakaian masker dobel ini mungkin bisa kamu manfaatkan jika berada di lingkungan penularan tinggi dan tidak memiliki akses ke masker-masker filtrasi tinggi seperti N95. Perhatikan aturan pakainya biar masker efektif sesuai fungsinya. Jangan lupa menjaga jarak dan rajin mencuci tangan, ya, demi mencegah penularan covid-19.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE