Sebetulnya, mengupas buah bukanlah keterampilan penting yang harus kamu kuasai. Tapi nggak ada salahnya juga kalau kamu belajar teknik mengupas buah yang unik dan nggak biasa, agar hasilnya nanti juga lebih variatif. Pun lebih cepat dalam prosesnya dan nggak ribet ataupun bikin belepotan tanganmu.

Siapkan dulu pisau, talenan, dan wadah untuk mempraktikkan teknik mengupas buah yang super cepat ini. Coba deh, dijamin kamu bakal lebih exited!

1. Dengan teknik tic tac toe, irisan apelmu bakal lebih rapi ketimbang cara biasa yang harus repot-repot memisahkan bijinya

Advertisement

Letakkan apel di talenan menghadap ke bawah, pegang kencang lalu iris menjadi 6 bagian dengan menyisakan bagian tengahnya. Apelmu juga bisa disimpan dengan mengikatnya menggunakan karet gelang, cocok buat dibawa pergi-pergi. Dijamin lebih awet dan nggak gampang menghitam warnanya.

2. Biar nggak licin pas potong-potong mangga, kamu bisa lakukan tanpa harus memotong kulitnya lo!

Potong sisi mangga yang lebar, lalu iris kotak-kotak tanpa mengupas kulitnya. Nah, dari sini kamu bisa langsung melipatnya ke atas untuk langsung memakannya, atau mengiris permukaannya dan memisahkannya dari kulitnya seperti video di atas.

3. Mengupas dan memotong melon bisa kamu lakukan tanpa ribet dengan cara yang juga super mudah kayak gini

Belah buah melon jadi dua, ambil bijinya, lalu potong-potong sesuai selera. Kamu bisa langsung memakannya atau lanjut memotong dadu dan dihilangkan kulitnya. Mudah, bukan?

4. Mengambil daging buah naga nggak harus dikerok pakai sendok lo. Dilepaskan dari kulitnya juga bisa

Advertisement

Cuci bersih dulu buah naga sebelum dicuci, potong ujungnya lalu belah jadi dua memanjang. Lepaskan kulitnya dengan tangan perlahan, lalu potong-potong buah naga sesuai selera.

5. Kamu nggak perlu lagi mengupas kulit jeruk satu persatu, dengan atau tanpa pisau, kamu bisa sajikan jeruk yang siap makan dengan tampilan yang lebih menarik

Siapkan jeruk, potong di kedua ujungnya. Tegakkan lalu potong salah satu celah tegak lurus dengan potongan bagian ujungnya. Dari situ, buka jeruk yang sudah dipotong dan ratakan untuk mempermudah mengambilnya. Ups, kamu juga bisa simpan dengan menggulungnya kembali lo!

6. Memotong semangka yang adalah buah yang paling besar dari yang lainnya juga sama mudahnya!

Bagi dua semangka dengan arah melintang, sejajar dengan motif guratan di kulitnya. Telungkupkan di talenan, lalu potong-potong daaaan tinggal ambil untuk memakannya deh!

7. Jika kamu ingin memotong alpukat untuk dimakan tanpa dijus, ikuti langkah mudah ini

Pertama, potong memanjang di bagian tengah, lalu ambil bijinya. Potong lagi memanjang menjadi beberapa bagian lalu pisahkan daging dengan kulitnya dengan mencungkilnya dengan jari tangan. Setelah terkupas, lanjutkan memotongnya seukuran yang kamu mau.

8. Stroberi nggak perlu dikupas hanya tinggal memisahkan daging buah dengan tangkainya. Kamu cukup mencungkilnya dengan sedotan dari ujung bawah

9. Memotong nanas hampir sama dengan cara pada umumnya, hanya saja akan lebih praktis kalau bagian tengahnya langsung disisihkan

Dalam video di atas, ada dua jenis potongan nanas yang berbeda. Yang pertama membentuk bulat-bulat dan yang kedua semi dadu. Tinggal sesuaikan dengan selera dan kebutuhanmu, ya!

10. Ada 3 cara untuk mengupas dan memotong kiwi. Kamu membutuhkan pisau, talenan, sendok dan gelas

  • Cara 1: potong memanjang di bagian tengah, lalu lepaskan kulitnya dengan bantuan gelas.
  • Cara 2: potong bagian ujungnya lalu kerok dagingnya dengan sendok.
  • Cara 3: kupas kulitnya secara manual dengan pisau kecil dan tajam.
11. Meski terlihat nggak biasa, teknik memotong daging buah pisang ini bisa dicoba

Sediakan jarum yang agak panjang. Tusuk-tusukkan di bagian luar kulit sampai menembus daging, lalu pelintir untuk memotong bagian dalam dagingnya. Buka kulit pisang daaaan voilaaaaa~

12. Untuk delima, kamu bisa langsung memotongnya melintang lalu tinggal keluarkan buahnya ke dalam air

Potong buah delima melintang, lalu pelintir dan keluarkan dagingnya langsung ke dalam wadah yang terisi air. Kamu juga bisa membelah dan mengetuk-ngetuk kulitnya agar dagingnya berjatuhan.

13. Terakhir, kamu bisa mengupas dan memotong anggur menjadi dua bagian dengan cara yang unik! Coba simak video di bawah ini…

Tata anggur di atas piring lalu tutup dengan piring lainnya dengan rapat. Potong di celah antara kedua piring tersebut perlahan. Pastikan semua anggur terbelah. Setelahnya, kamu tinggal mencungkil bagian daging dan memisahkan bijinya.

Ternyata mengupas dan memotong buah bisa semenarik ini ya! Hasil akhirnya juga lebih rapi dan menggugah selera untuk memakannya. Tapi, ada beberapa buah yang sebaiknya nggak kamu kupas alias dimakan sekaligus kulitnya lo. Semoga bermanfaat, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya