Di era sekarang ini, kecanduan media sosial itu sudah jadi penyakit sejuta umat. Termasuk mereka yang tak bisa lagi memulai atau mengakhiri hari tanpa membuka Instagram, salah satu medsos dengan pengguna terbanyak di dunia. Dari kebutuhan untuk sharing stories, stalking mantansampai melihat kelucuan kucing atau keponakan-keponakan onlinescrolling feed Instagram telah jadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kaum milenial.

Sayangnya, Instagram juga sering disalahgunakan oknum-oknum tak bertanggung jawab untuk menipu dan merugikan orang lain atau menebar kebencian serta hoax. Biasanya sih ‘pelaku’-nya itu akun-akun bodong alias palsu. Ada yang berkedok giveaway tapi malah berujung pencurian data, ada juga yang menargetkan perempuan dengan sengaja mengirimkan pesan atau foto tak senonoh lewat DM. Creepy banget!

Advertisement

Pastinya nggak ada yang mau dong jadi korban modus kayak gitu ‘kan, nah berikut ciri akun palsu yang kamu juga harus tahu…

1. Karakteristik paling umum dari akun palsu adalah nggak kreatif. Akun-akun ini sering menggunakan pesan yang sifatnya template

Report as spam via boostlikes.com

Ini penting untuk kamu yang doyan belanja online atau para giveaway hunter. Ingatlah, kalau sebuah akun cenderung mengulang postingan atau komen yang sama, dan tiba-tiba memberi iming-iming hadiah, lalu mengarahkan kamu ke website yang sama dengan url aneh — kemungkinan besar itu akun palsu.

Biasanya, target akun-akun itu adalah mendapatkan data pribadi kamu dengan menginstruksikanmu untuk mengisi ini itu sebagai syarat undian berhadiah. Terus kalau sudah isi, akun itu bakal menghilang kayak gebetan aja. Hih. Apalagi kalau akun tersebut belum pernah kamu follow tapi bisa-bisanya menawarkan hadiah, palsu itu!

2. Memiliki banyak following tapi nggak ada yang mau jadi followers-nya

Palsuuuu via www.winnetnews.com

Advertisement

Ini ciri dasar yang mestinya kamu sudah tahu, dan nggak lagi bikin ketipu. Biasanya akun palsu akan mengikuti ribuan akun yang merupakan “calon korbannya”. Tapi nggak banyak yang nge-follow balik atau jadi followers akun ini.

Atau sebaliknya, followers-nya bejibun tapi postingannya aja nggak jelas. Fix beli followers nihh… Kedok akun ini biasanya jualan. Kamu yang doyan belanja online harus pintar-pintar pilih akun untuk belanja, ya. Cek dan ricek biar aman. Kalau akun jualannya terpercaya, mestinya followernya bejibun, postingannya juga.

3. Akun palsu jarang bikin postingan, sekalinya bikin ya jebakan batman. Hati-hati!

Palsu kamu beb via littlepalmcreative.com.au

Untuk dapat terlihat asli, para pemilik akun palsu biasanya akan berusaha terlihat aktif dengan cara bikin postingan dengan foto yang cenderung ngasal, dan caption yang nggak kalah ngasalnya. Coba deh kamu perhatikan, kebanyakan akun palsu pasti nggak pernah posting foto selfie atau kegiatan sehari-hari mereka kaya pengguna Instagram asli pada umumnya. Kalau pun posting foto orang, yakin aja deh kalau itu orang lain.

Hal ini mereka lakukan semata agar “calon korban” nggak menyangka kalau mereka itu palsu dengan terus membuat interaksi di sosmed. Tapi banyak juga sih, yang nggak posting apa-apa tapi followers-nya rame kayak subscibers-nya Atta Halilintar. Hmmm…

4. Kalau kamu dikirimi DM yang aneh-aneh penuh tedeng aling-aling dari akun yang nggak kamu kenal, langsung laporkan aja akun tersebut

Halah modusmu…. via smartphones.gadgethacks.com

Kalau kamu mendapat DM yang mengganggu dari akun yang nggak dikenal, segera laporkan akun tersebut. Biasanya yang begini nggak melulu akun palsu atau bot sih. Tapi yang jelas kebanyakan DM dari akun nggak dikenal apalagi dengan informasi dan postingan yang mencurigakan sifatnya nyaris selalu akan merugikan.

Akun-akun ini akan memperkenalkan diri dengan identitas palsu. Bahkan ada yang nggak segan-segan menggunakan identitas orang yang kamu kenal biar kamu percaya. Modusnya paling umum sih biasanya meminjam duit. Tapi belakangan ada motif lebih seram yang perlu kamu waspadai. Para pengguna akun palsu ini nggak hanya mencari keuntungan materi tapi juga keuntungan birahi. Mereka biasanya akan ngirim DM berisi pesan atau gambar nggak senonoh, yang seringnya ditujukan untuk kaum perempuan. Langsung laporkan saja. Nggak usah kompromi.

5. Jika kamu berjiwa kepo dan iseng, sebelum melaporkan akun tersebut kamu bisa cek akun tersebut melalui fitur ‘About This Account’

about this account via newsfeed.org

Instagram membuat fitur ‘About This Account‘ yang bisa digunakan untuk mengetahui informasi mengenai tanggal terdaftar akun tersebut, asal negara, iklan yang sedang dipromosikan, bahkan username sebelumnya, dan akun terkait lain yang banyak diikuti. Dengan menggunakan fitur ini kamu dapat mengetahui latar belakang dari akun tersebut deh. Kalau sudah tahu, kamu bisa menentukan langkah apa yang mesti kamu ambil untuk menindak lanjuti si akun yang sudah merugikan kamu itu.

Nah itu dia 5 ciri akun IG palsu yang mesti kamu ingat-ingat kalau nanti kamu disamperin si palsu ini dan nggak kemakan rayuannya yang semu. Selalu hati-hati di dunia maya, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya